Peran Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Membaca Santri Ma’had Darul Hikmah Malang

Authors

  • Alfiyah Firdausi Nuzula 3Program Magister Pendidikan Bahasa Arab, UIN Maulana Malik Ibrahim
  • Abdul Wahab Program Magister Pendidikan Bahasa Arab, UIN Maulana Malik Ibrahim
  • Nuril Program Magister Pendidikan Bahasa Arab, UIN Maulana Malik Ibrahim

DOI:

https://doi.org/10.24252/saa.v13i2.61491

Keywords:

learning motivation, reading skills, Arabic

Abstract

Kemampuan membaca dalam bahasa Arab merupakan salah satu keterampilan penting yang perlu dikuasai oleh santri, khususnya di lingkungan pesantren. Di balik keberhasilan dalam memahami teks berbahasa Arab, terdapat faktor motivasi belajar yang berperan besar dalam mendorong keaktifan dan kemandirian santri. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana motivasi belajar memengaruhi keterampilan membaca santri Ma’had Darul Hikmah Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling berdasarkan tingkat motivasi dan keaktifan mereka dalam pembelajaran membaca bahasa Arab. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan mengelompokkan temuan untuk melihat pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan membaca. Validitas data dijaga melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab. Santri dengan motivasi tinggi lebih aktif dalam proses pembelajaran dan memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap teks berbahasa Arab dibandingkan dengan santri yang kurang termotivasi. Faktor yang memengaruhi motivasi belajar meliputi faktor internal, seperti minat terhadap bahasa Arab, cita-cita akademik, kepercayaan diri, dan kemandirian belajar sangat memengaruhi tingkat motivasi belajar santri. Sedangkan faktor eksternal, seperti lingkungan belajar yang mendukung, metode pengajaran yang interaktif, dukungan dari guru dan teman sebaya, serta peran keluarga.

References

Ahmad, Naufal Hafiid, ‘Nilai-Nilai Keikhlasan Dalam Al-Qur’an Untuk Pengembangan Etos Kerja : Perbandingan Dengan Teori Self-Determination’, Al-Furqan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 7.2 (2024), pp. 300–316

Bandura, Albert, Self-Efficacy: The Exercise of Control (W.H. Freeman and Company, 1997)

Deci, Edward L., and Richard M. Ryan, Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior (Plenum Press, 1985)

Dimyati, and Mudjiono, Belajar Dan Pembelajaran (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)

Dweck, Carol S, and Ellen L Leggett, ‘A Social-Cognitive Approach to Motivation and Personality’, Psychological Review, 95.2 (1988), pp. 256–73

Fahraini, Sovia, ‘Dinamika Psikologi Siswa Dalam Konteks Pembelajaran Bahasa Arab: Memahami Keterkaitan Dengan Resiliensi Pendidikan’, in Proceedings Series of Educational Studies, 2023, pp. 198–208

Febrianingsih, Dian, ‘Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2.2 (2021)

Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar (Jakarta: Bumi Aksara, 2013)

Keller, John Martin, ‘Development and Use of the ARCS Model of Motivational Design’, Journal of Instructional Development, 10.3 (1987), pp. 2–10

Maslow, Abraham Harold, ‘A Theory of Human Motivation’, Psychological Review, 50.4 (1987), pp. 370–96

Muammar, ‘Pengaruh Lingkungan Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas 9 SMP Di Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Makassar’ (Institut Agama Islam Negeri Parepare, 2024)

Prasetyaningrum, Etik Yuliana, ‘Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SDN Kletekan Kabupaten Ngawi’, Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 2.2 (2019), p. 87, doi:10.25273/linguista.v2i2.3696

Royhanuddin, Fauzan, ‘Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Implikasinya Terhadap Motivasi Belajar Siswa MAN 1 Padangsidimpuan’, Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 2.3 (2024), pp. 17–25, doi:10.61292/cognoscere.224

Santrock, John W., Educational Psychology, 6th edn (McGraw-Hill Education, 2017)

Sardiman, Arif Sutikno, Interaksi Dan Motivasi Belajar (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011)

Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Supriyadi, Agus, Fitria Wulan Sari, Eka Wahjuningsih, Humaira DJ Abdullah, and Hujaefa Hi Mumamad, ‘The Effect of Motivation and Learning Models on English Reading Skills’, Journal of Education Research, 4.3 (2023), pp. 1522–33, doi:10.37985/jer.v4i3.349

Uno, Hamzah B, Teori Motivasi Dan Pengukurannya (Jakarta: Bumi Aksara, 2017)

Vygotsky, Lev Semenovich, Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes (Harvard University Press, 1978)

Zimmerman, Barry J, ‘Self-Efficacy: An Essential Motive to Learn’, Contemporary Educational Psychology, 25.1 (2000), pp. 82–91

Downloads

Published

2025-10-11

How to Cite

Nuzula, A. F. ., Abdul Wahab, & Nuril. (2025). Peran Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Membaca Santri Ma’had Darul Hikmah Malang. Shaut Al Arabiyyah, 13(2), 523–535. https://doi.org/10.24252/saa.v13i2.61491