Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab: Analisis Kebutuhan Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah
Keywords:
Analisis Kebutuhan; Pengembangan Bahan Ajar; Bahan Ajar Bahasa ArabAbstract
Pengembangan bahan ajar memiliki beberapa prosedur diantaranya, analisis, perancangan, penulisan dan penyusunan materi, evaluasi, dan revisi. Adapun pada artikel ini hanya berfokus pada analisis kebutuhan siswa khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Analisis kebutuhan siswa merupakan tahap awal dalam pengembangan bahan ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar yang dibutuhkan siswa madrasah tsanawiyah dalam pengembangan pembelajaran bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam peneletian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis data dari Miles dan Huberman. Adapun hasil analisis yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa walaupun siswa menganggap bahan yang digunakan sekarang sangat membantu, akan tetapi dengan bahan ajar tersebut siswa belum mampu mencapai nilai KKM pada assesmen akhir semester. Maka dibutuhkan pengembangan bahan ajar bahasa Arab yang dapat membantu siswa meningkatkan hasil belajarnya khususnya pada pembelajaran kosa kata . Berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa, bahan ajar yang dibutuhkan untuk meningkatkan pelajaran bahasa Arab siswa berupa buku teks yang lebih menekankan materi kosa kata dengan dilengkapi gambar dan ilustrasi. Media pembelajaran yang dapat digunakan bisa dengan buku teks pelajaran atau dengan memberikan permainan interaktif.
References
A’yun, Ammar Qurrata, Muh. Bachtiar Syamsuddin, Muh. Anwar. “Analisis Bahan Ajar BahasaArab Pada Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Gowa.” Pinisi Journal Of Education 3, no. 01 (2023): 335.
Abdul Hamid, dkk. Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, Dan Media. Malang: UIN-Malang Press, 2008.
Afrizal. Metode Penelitian Kualitatif. 1st ed. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2014.
Ahqaf, Muhammad Infithar Al. “Kelayakan Bahan Ajar Bahasa Arab Untuk Madrasah Tsanawiyah.” Al Maqayis 6, no. 2 (2019): 1–17.
Alhamduddin. “Sejarah Kurikulum Di Indonesia.” Nur El-Islam 1 (2014): 48. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1014804&val=15400&title=Dinamika Perubahan Kurikulum Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 PAUD.
Hamka Ilyas; Sulkifli. “Prosedur Penyusunan Dan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab.” JAEL: Journal of Arabic Education and Linguistic 2 (2022): 79.
Khasinah, Siti, and Elviana. “Need Analysis Dalam Pengembangan Kurikulum.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 12, no. 4 (2022): 840–41. https://doi.org/10.22373/jm.v12i4.17208.
Kholison, M, Aidillah Suja, Cahya Edi Setyawan, and Ramandha Rudwi Hantoro. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Dengan Pendekatan Kemahiran Berbicara.” Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 1 (2023): 90–102. https://doi.org/10.35316/lahjah.v4i1.90-102.
Kosasih. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta Timur: Bumi Aksara, 2021.
Nufus, Zahrotun; Amiruddin; Koderi; Erlina. “Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Maharah Kitabah Siswi Kelas VIII SMP Al-Qur’an” 09, no. 2 (2024): 477.
Nur’aini, Zulfa, and Firzha Ayu Deistiya. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR ILUSTRASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SENI RUPA BAGI SISWA SD.” Research Gate, no. October (2021).
Rachmawati, Safira Aura, Zaim Elmubarok, and Muchlisin Nawawi. Analisis Kesulitan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Pada Siswa. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching. Vol. 12, 2023. https://doi.org/10.15294/la.v12i1.67552.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sukmawati, Haniah, Andi Abdul Hamzah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.