Efektifitas Model Pembelajaran Artikulasi dan Style belajar visual Pada pembelajaran Maharatul kalam di MTs Satu Atap Al-Hidayah Batu

Authors

  • Adam Huri Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Ahmad Mubaligh Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Laily Fitriani Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.24252/saa.v13i2.62159

Keywords:

Model Pendidikan Artikulasi, Style Belajar Visual, Maharatul Kalam

Abstract

Tujuan pada Studi ini yakni mengukur daya guna pemanfaatan model pembelajaran artikulasi yang dikolaborasikan dengan style belajar visual dalam pembelajaran kemahiran Mahārat al- Kalām melalui perbandingan antara kelas kontrol dan eksperimen. Penelitian ini memanfaatkan Metode quasi eksperimen dengan instrumen tes, studi ini memakai dua kelas yang terdiri dari kelas 8 A dan 8 B yang dijadikan subjek. kelas 8 A sebagai kelas eksperimen artinya kelas yang mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran artikulasi dan style belajar visual dan kelas 8 B sebagai kelas kontrol artinya kelas diajarkan dengan prosedur konvensional. Data diperoleh melalui observasi, uji, serta wawancara, kemudian dianalisis dengan Independent Sample t- Test. Bersumber pada analisis informasi hingga didapatkan hasil yang menampilkan kalau pemakaian model pendidikan artikulasi yang dikolaborasikan dengan style belajar visual dalam pendidikan keahlian Mahārat al- Kalām tercantum jenis efisien dalam tingkatkan pendidikan keahlian berdialog siswa, Perihal ini didasari sehabis proses uji informasi hingga didapatkan nilai Uji- t sebesar 4, 440 yang menunjukkan terdapatnya pengaruh signifikan. Tidak hanya itu, rata- rata nilai presentasi dialog kelompok kecil pada topik arriyādhah, al- mihnah, serta al- mardhā fī al- mustasyfā pada kelas kontrol sebanyak( 61, 04) lebih rendah dari kelas eksperimen sebanyak( 77, 00). Oleh sebab itu, dapat disimpulkan kalau model pendidikan artikulasi lebih efisien dari pada tata cara pendidikan konvensional. Dan hasil uji N-gain kelas eksperimen sebesar 59, 96 yang tergolong cukup efektif, sementara kelas control sebesar 34,71. tergolong pada interval g<40 tidak efektif.

References

Agustini, N. P. D., Wirya, I. N., & Ujianti, P. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A Gugus IV Kecamatan Buleleng. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 75-85.

Amelia, R., Izzah, S. N. R., Hikmah, M. A., & Bakar, M. Y. A. (2025). Memahami Gaya Belajar Siswa: Kunci Keberhasilan Personalisasi Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Nusantara, 2(1), 287-300. https://doi.org/10.61722/jinu.v2i1.3276

Amin dan Linda Yurike Susan Sumendap. 164 Model Pembelajaran Komteporer. (Jakarta:2022), 40.

Astuti, W., Setyawan, C. E., & Aji, I. M. (2020). Penerapan biah lughawiyah dalam pembiasaan maharah kalam di Pondok Pesantren Ibnul Qayyim Putra Yogyakarta. Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 95–120. https://doi.org/10.36668/jih.v3i1.222

Damanik, W. L., Thesalonika, E., & Saragih, S. T. (2024). Pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar IPA pada materi sumber energi di kelas IV SD Swasta Advent Pematang Siantar. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(1), 849–861. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.7959

Hamzah B. Uno, Orientasi Dalam Psikologi Pembelajaran (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008), 180

Published

2025-10-21

How to Cite

Huri, A., Mubaligh, A., & Fitriani, L. (2025). Efektifitas Model Pembelajaran Artikulasi dan Style belajar visual Pada pembelajaran Maharatul kalam di MTs Satu Atap Al-Hidayah Batu. Shaut Al Arabiyyah, 13(2). https://doi.org/10.24252/saa.v13i2.62159