Nilai Sosial dalam Lagu ‘Tahayya’ World Cup 2022 Karya Maher Zain dan Humood Al-Khudher” (Kajian Sosiologi Sastra)
DOI:
https://doi.org/10.24252/saa.v13i2.62400Keywords:
Sosiologi, Lagu Tahayya, Maher Zain, Nilai SosialAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena munculnya karya musik religi modern yang tidak hanya bernilai hiburan, tetapi juga memiliki fungsi sosial dan moral yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai nilai sosial yang terkandung dalam lirik lagu “Tahayya” karya Maher Zain dan Humood AlKhudher melalui pendekatan sosiologi sastra. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi dokumentasi terhadap teks lirik, video klip, serta konteks sosial kemunculan lagu tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu “Tahayya” merepresentasikan nilai sosial kemanusiaan yang mencerminkan semangat persatuan lintas bangsa. Lagu ini berfungsi sebagai media dakwah dan refleksi sosial yang menggambarkan keinginan masyarakat dunia untuk hidup berdampingan secara damai dan keberagaman. Dengan demikian penelitian ini menegaskan bahwa karya sastra berbentuk lagu dapat menjadi sarana efektif untuk menyampaikan pesan sosial, moral, dan spiritual yang relevan dengan realitas masyarakat modern. Maka yang paling menonjol pada penelitian ini adalah nilai sosial yang terdapat pada lagu “Tahayya” yang dipopulerkan oleh Maher Zain dan Humood AlKhudher pada momentum piala dunia 2022 di Qatar.
References
Chahyanti, Dhina. “Tahayya, Kampanye Persatuan di Piala Dunia 2022 Ala Maher Zain dan Humood.” Entertaiment. Times Indonesia, December 1, 2022. https://timesindonesia.co.id/entertainment/438542/tahayya-kampanye-persatuan-di-piala-dunia-2022-ala-maher-zain-dan-humood.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Aslam Nurdin, Minatur Rokhim, Ekawati Mughni, Nur Hasaniyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.












