Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP

  • Uswatun Hasana
  • Nursalam Nursalam
  • Mardhiah Mardhiah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok serta mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran investigasi kelompok terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Tarowang Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-experimental dengan desain one-group pretest-posttest design. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen, yaitu pretest sebesar 34,38 dan posttest sebesar 78,21, dan berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai sig. Sebesar 0,00 yang lebih kecil dari pada a sebesar 0,05 (sign. a) sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika antara sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran investigasi kelompok. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa setelah menggunakan pembelajaran investigasi kelompok lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebelum menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok. Artinya, model pembelajaran investigasi kelompok berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarowang Kabupaten Jeneponto yang berdasarkan pada hasil analisis inferensial menggunakan uji paired sampel t-test dengan nilai thitung=58,476>ttab=1,701.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, F. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa.

Hamdani. (2011). strategi belajar mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Karunia, M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika (I). Bandung: PT Refika Aditama.

Maimunah. (2005). Pembelajaran Volume Bola dengan Belajar Kooperatif Model GI pada Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM. Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Polya. (1973). How To Solve It. New Jersey: Princeton University Press.

Rasiman. (2015). Leveling of Students’ Critical Ability in Solving Mathematics Problem Based on Gender Differences. International Journal of Education and Research, 3(4).

Robert Slavin. (2005). Cooperative learning teori riset dan praktik. Bandung: PT Nusa Media.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (XX). Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Supandi. (2005). Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode GI untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 2 Trawas Mojokerto. Universitas Negeri Malang, Malang.

Wardhani. (2006). Permasalahan Pembelajaran dan Penilaian Kemahiran Matematika SMP. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Published
2019-10-29
How to Cite
Hasana, Uswatun, Nursalam Nursalam, and Mardhiah Mardhiah. 2019. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP”. Alauddin Journal of Mathematics Education 1 (2), 64-71. https://doi.org/10.24252/ajme.v1i2.10964.
Section
Artikel
Abstract viewed = 397 times