Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Pada Siswa

  • St. Hasmiah Mustamin
  • Andi Kusumayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran auditory intellectually repetition pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Makassar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes,  dokumentasi, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Makassar sebanyak 40 orang yang terdiri dari 10 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel yang terpilih kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian diperoleh bahwa:(1) kemampuan pemahaman konsep matematika melalui model pemberlajaran auditory intellectually repetition pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Makassar  sebesar 27,50% berada pada kategori sedang, sedangkan tanpa menggunakan model pembelajaran auditory intellectually repetition sebesar 27,50% pada kategori rendah, (2) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika yang menggunakan model pembelajaran auditory intellectually repetition dan tanpa menggunakan model  auditory intellectually repetition pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Kezar. 2001. Theory of Multiple Intelligences: Implications for Higher Education., Innov. High. Educ., Vol. 26, No. 2, PP. 141–154.

Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Jakarta: Depdiknas.

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Cet.1, Bandung: PT. Refika Aditama.

Sadiman, Arif S, dkk. 2003. Media Pendidikan Pengantar, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Shohimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U. 1987. Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa SMA Dikaitkan dengan Penalaran Logik Siswa dan Beberapa Unsur Proses Belajar Mengajar. Disertasi pada Pascasarjana IKIP Bandung: tidak diterbitkan

Widoyoko, Eko Putro. 2014. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2019-10-29
How to Cite
Mustamin, St. Hasmiah, and Andi Kusumayanti. 2019. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Pada Siswa”. Alauddin Journal of Mathematics Education 1 (2), 90-97. https://doi.org/10.24252/ajme.v1i2.10967.
Section
Artikel
Abstract viewed = 879 times