Efektivitas Media Blok Pecahan dan Media Power Point Terhadap Tingkat Pemahaman Konsep Operasi Pecahan Siswa

  • Yuliana Cahyani
  • Muhammad Rusydi Rasyid
  • Fitriani Nur
  • Sri Sulasteri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat pemahaman konsep operasi pecahan antara siswa yang diajar menggunakan blok pecahan dan menggunakan media power point serta untuk mengetahui efektivitas media blok pecahan dan media power point terhadap pemahaman konsep operasi pecahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-eksperimental. Populasi dalam sampel ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 2 Barombong yang berjumlah 160 orang. Pengambilan sampel dengan teknik simple class random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 64 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dengan kriteria yang berdasarkan pada indikator pemahaman konsep. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji t. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa terdapat perbedaan tingkat pemahaman konsep operasi pecahan antara siswa yang diajar menggunakan blok pecahan dan kelas yang diajar menggunakan media power point kelas VII SMPN 2 Barombong. Berdasarkan uji efektivitas diperoleh  bahwa  penerapan  media  blok  pecahan  lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep operasi pecahan dibandingkan dengan menggunakan media power point.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran, Peranannya Sangat Penting. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Djaja, W. (2012). Desain Pembelajaran: Konsep, Model, dan Aplikasinya dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.

Fadlilah, U. L. (2016). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika melalui Alat Peraga Blok Pecahan Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1.

Guru. (2017). wawancara. Barombong.

Halimah, I. N. (2009). penggunaan Media Blok Pecahan untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan pecahan Sederhana. Jurnal Pendidikan.

Hamalik, O. (2009). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan pendekatan Sistem (Cet. VIII). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Karim, M. (1996). Pendidikan Matematika. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Bagian Proyeksi Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Prahmana, R. C. I. (2015). Mengenal Matematika Lebih Dekat. Yogyakarta: Jambusari.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Cet. VII). Jakarta: Prenada Media Group.

Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Tirtiana, C. P. (2013). Pengaruh Kreativitas Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran Power Point dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi pada Siswa Kelas X AKT SMK Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi.

Zuhanisani, V., & Sumardi. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan dengan Media Alat Peraga Matematika bagi Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Matematika.

Published
2019-10-29
How to Cite
Cahyani, Yuliana, Muhammad Rusydi Rasyid, Fitriani Nur, and Sri Sulasteri. 2019. “Efektivitas Media Blok Pecahan Dan Media Power Point Terhadap Tingkat Pemahaman Konsep Operasi Pecahan Siswa”. Alauddin Journal of Mathematics Education 1 (2), 108-13. https://doi.org/10.24252/ajme.v1i2.10969.
Section
Artikel
Abstract viewed = 590 times