Systematic Literature Review: Media Video Blog (Vlog) pada Pembelajaran Matematika

Abstract

Pembelajaran efektif dapat tercipta dari pembelajaran yang inovatif. Salah satu inovasi berupa media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan kajian literatur mengenaipenggunaan media video blog (vlog) pada pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review(SLR). Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dan mereview artikel-artikel mengenai vlog sebagai media pembelajaran yang dipublikasikan dalam rentang waktu 2016-2020. Terdapat 12 artikel jurnal atau prosiding nasional digunakan dalam penelitian ini yang diperoleh dari aplikasi Publish or Perish. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media vlog pada pembelajaran dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan berpengaruh positif terhadap peserta didik dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, vlog sebagai media pembelajaran dapat dikembangakan pada pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Aan Putra, Institut Agama Islam Negeri Kerinci
Department of Mathematics Education

References

Astra, I. M., Umiatin, & Ruharman, D. (2012). Aplikasi Mobile Learning Fisika dengan Menggunakan Adobe Flash sebagai Media Pembelajaran Pendukung. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(2), 174. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i2.79.

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Jurnal Formatif Jurnal IImiah Pendidikan MIPA, 6(20), 12–22.

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 74–84.

Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. (2019). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Segitiga. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning). https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7684.

David, E. R., Sondakh, M., & Harilama, S. (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. E-Journal “ Acta Diurna,” VI(1).

Fitria, Y., & Juwita, J. (2018). Utilization of Video Blogs (Vlogs) in Character Learning in Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.87.

Fitriyani, L., & Wiyatmo, Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Vlog (Video Blogging) Pada Materi Usaha dan Energi Untuk Menumbuhkan Kemandirian dan Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas X SMAN 2 Ngalik. E-Journal Pendidikan Fisika, 6(5), 427–435.

Harahap, S. Y., Khairani, M., & Masitoh, S. (2019). Logika ( Vlog Matematika ): Solusi dalam Menciptakan Generasi Cerdas dan Berbudaya. Jurnal Equation Teori Dan Penelitian Pendidikan, 2(1), 46–59.

Indayatmi. (2018). Pengaruh Vlog Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Smk Zaman Now. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 6(1), 56. https://doi.org/10.26714/jps.6.1.2018.56-63.

Indiyatmi. (2018). Pengaruh Vlog Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik SMK Negeri 2 Depok. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 06(01), 56–63.

Iqbal, M., & Latifah, S. (2019). Pengembangan Video Blog ( Vlog ) Channel Youtube Dengan Pendekatan STEM Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring. Jurnal Balitbang, 7(2), 135–148.

Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.

Muzacky, A. Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Vlog Pada Materi Mitigas Bencana Alam di Kelas XI IPS SMA Negeri Singgahan Kabupaten Tuban. Swara Bhumi, V(9), 1–5.

Muzhaffar, I. W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Vlog Pada Mata Pelajaran Desain Grafis di SMKN 1 Surabaya. Jurnal It-Edu, 4(52), 104–109.

Partayasa, W., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2020). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Minat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2644.

Priana, R. Y. S. (2017). Pemanfaatan Vlog Sebagai Media Pembelajaran Terintegrasi Tekhnologi Informasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA 2017.

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1), http://dx.doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49.

Setyadi, D. (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p87-92.

Susanti, E. D. (2019). Project Based Learning : Pemanfaatan Vlog Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Generasi Pro Gadget. Jurnal Sejarah, Budaya Dan Pengajaran, 13(1), 84–96. https://doi.org/10.17977/um020v13i12019p84.

Susanti, E. D., Sapto, A., & Agung, D. A. G. (2020). Pengembangan Media ECHA (Elaboration, Cover Song, Historycal Content, Audio Visual) Berbasis Vlog Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 326–331.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916.

Triputra, D. R., & Kurniawan, P. Y. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Vlog Materi Dakwah Pada Mahasiswa Berdasarkan Keterampilan Berbahasa. Jurnal Kontekstual, 1(01), 18–25.

Umami, A. S. A., Chodzirin, M., & Khasanah, N. (2019). Video Blog (VLOG) Sistem Reproduksi Sebagai Media Pembelajaran Biologi. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 0417(2), 53–64.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252.

Widyaningsih, N. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Vlog (Video Blogging) Dalam Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gamping. Jurnal Skripta, 5(1), 12–17.

Published
2021-05-30
How to Cite
Putra, Aan, and Media Andriani. 2021. “Systematic Literature Review: Media Video Blog (Vlog) Pada Pembelajaran Matematika”. Alauddin Journal of Mathematics Education 3 (1), 111-21. https://doi.org/10.24252/ajme.v3i1.17528.
Section
Vol. 3 No. 1
Abstract viewed = 1048 times