Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik
Keywords:
Kemampuan literasi matematika, Model project based learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, yang dilaksanakan di SMPN 2 Bulukumba dengan populasi berjumlah 201 peserta didik kelas IX dan jumlah sampel sebanyak 50 peserta didik yang dipilih menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan literasi matematika. Teknik analisis data berupa statistic deskriptif dan statistic inferensial yaitu independent sampel t test dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) memiliki pengaruh secara signifikan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik kelas IX SMPN 2 Bulukumba.
Downloads
References
Astuti, P. (2018). Kemampuan Literasi Matematika dan Kemapuan Berpikir Tingkat Tinggi. Journal Reseapedia, 1(1), 5–24.
Damanik, A. S., & Handayani, R. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 149–157. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.596
Damayanti, et all. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 706–719. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran (5th ed.). Rineka Cipta.
Elenna, E., Setiani, A., & Imswatama, A. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Pada Gaya Kognitif di Era Implementasi Merdeka Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2261–2276. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2629
Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Hikmah, 18(1), 64–80. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101
Fathani, A. H. (2016). Mulptiple Intelligences ). Jurnal Peluang, 4, 136–150.
Ibrahim, & Suparni. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
Lange, D. (2016). Mahtematical Literacy for Living from OECD-PISA. Tsukuba Journal of Educational Study in Mathematics, 25(1), 14–15.
Mustamin, M. K. (2015b). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aynat Publishing. OECD. (2019). PISA Results from PISA 2018. I–III, 3.
OECD. (2019). PISA Results from PISA 2018. I–III, 3.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Rohman, H. M. H. (2016). Pengaruh Implementasi Pendidikan Matematika Realistik dalam Setting Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Literasi Matamatis Siswa SMP. Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 2.
Shoimin, A. (2017). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika : Ar-Ruzz Media.
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif (4th ed.). Kencana.
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015 (Indonesia’s PISA Results in 2018 are Lower than 2015). Open Science Framework, 2(January), 1–2. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/8Q9VY
Waruwu, M. (2022). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 99–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333