Pengaruh Mathematics Anxiety Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII

Authors

  • Sarawati. S Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Ahmad Farham Majid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Keywords:

Mathematics Anxiety, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi mathematics anxiety peserta didik dan hasil belajar matematika kelas VIII SMPN 2 Pattallassang, (2) pengaruh mathematics anxiety peserta didik terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMPN 2 Pattallassang.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Pattallassang dengan populasi 189 peserta didik kelas VIII, dengan jumlah kelas sebanyak 5. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 128 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik sampel acak (simple random sampling). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket mathematics anxiety untuk mengetahui kecemasan matematika peserta didik dan dokumentasi untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik. Teknik analisi data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial berupa uji regresi linear sederhana.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) mathematics anxiety peserta didik kelas VIII SMPN 2 Pattallassang berada pada kategori sedang, sedangkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMPN 2 Pattallassang berada pada kategori sedang, (2) Berdasarkan nilai signifikansi, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka HO ditolak dan Ha diterima atau berdasarkan nilai t, diketahui nilai  >  yaitu 8,522 > 1,657037, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel mathematics anxiety (X) berpengaruh terhadap variabel hasil belajar matematika (Y). Dimana besar kontribusi mathematics anxiety terhadap hasil belajar matematika peserta didik yaitu sebesar 0,366 atau sama dengan 36,6%, sedangkan sisanya 63,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar dari penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117

Auliya, R. N. (2019). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (Edisi kedu). Pustaka Belajar.

Fitria, N. L. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Wringinanom. Skripsi, 847–858.

Hakim, R. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). SMA. 4(4), 809–816. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.809-816

Herdiansyah, K. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah. Eksponen, 9(1), 28–34. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i1.130

Kodirun. (2019). Pengaruh Kecemasan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gu (The influence of learning anxiety towards mathematics learning outcomes of grade 10 of SMA Negeri 1 GU students. 25–36.

Kristanti, F., Dewi, M., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Tingkat Kecemasan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa : Studi Kasus pada Siswa SMPN 2 Balaraja. 6(2), 145–152.

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran Learning Communication. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1–9.

Niut, M., Yuni, Y., & Marlina, A. (2020). Hubungan Kecemasan (Anxiety) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 159–167.

Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL NO 20 TAHUN 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01), 123–144.

Noviana, K. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 195. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.2830

Putra, A. (2021). Kecemasan matematika siswa dan pengaruhnya. september 2016, 1–6.

Ridho’i, M. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Miftahul Ulum Pandanwangi. JURNAL E-DuMath, 8(2), 118–128. https://doi.org/10.52657/je.v8i2.1809

Saputra, E., Kaleka, M., & Rudhito, A. (2023). Analisis Kecemasan Matematika dari Sudut Pandang Neurosains dan Upaya Mengatasinya Pada Proses Pembelajaran Matematika. 6(September).

Saputra, P. R. (2014). Kecemasan Matematika dan Cara Menguranginya. Pythagoras, 3(2), 75–84.

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif (Edisi Pert). Kencana.

Sucipto. (2023). Pengaruh self-regulated learning dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), 237–251.

Sugiarti, S. (2020). pengaruh Kecemasan Matematika terhadap hasil belajar.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian: kuantitatif, kualitatif an R&D (Edisi kedu). Alfabeta.

T.Beck, J. S. B. D. A. (2020). Terapi Perilaku Kognitif: Dasar-Dasar dan Selanjutnya (Edisi Kedu). Sumber terbuka.

Published

2025-05-31

How to Cite

S, Sarawati., and Ahmad Farham Majid. 2025. “Pengaruh Mathematics Anxiety Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII”. Alauddin Journal of Mathematics Education 7 (1):25-37. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/ajme/article/view/56197.

Issue

Section

Artikel