Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Drill Teknik Inquiry Berbantuan IT terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X
Keywords:
Efektivitas, Metode Pembelajaran Drill, Teknik InquryAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode drill dengan teknik inquiry berbantuan IT terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas X di UPTD SMK Negeri Labuang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi terdiri dari 214 siswa kelas X, dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas X TKJ A sebagai kelas kontrol dan X TKJ B sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes sebanyak 15 butir soal diantaranya 10 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan rata-rata nilai pada kelas eksperimen dari 56,90 () menjadi 78,41 (), sedangkan kelas kontrol meningkat dari 60,39 menjadi 65,40. Uji inferensial menunjukkan nilai signifikansi (2-) sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran drill dengan teknik inquiry berbantuan IT efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa dibandingkan pembelajaran tanpa penerapan metode drill dengan teknik inquiry berbantuan IT.
Downloads
References
Astuningtias. (2017). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IX Materi Statistika Di SMO Kristen Rantepao. Jurnal of Holistic Education, 1(1), 17.
Darajat, Z. (2011). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful B & Zain, A. (2014). Perspektif Islamtentang Strategi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.
Drajat, Z. (2018). Profesionaliseme Guru dalam mengelola Pembelajaran di Sekolah. CV. Budi Utomo.
Eni, & Prayitno, A. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Karangsari Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. EduBase: Journal of Basic Education, 1(1), 37.
Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Ismail, A. (2020). Efektivitas metode drill dalam meningkatkan hasil belajar pada mata Pelajaran Matematika SD Inpres Benteng II Kab. Kep. Selayar. Alauddin University.
Jakni. (2023). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan.
M. Irfan. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Pembelajaran Roda Logika. Jurnal Mathematic Paedagogicm, 1(1), 97–101.
Nugroho, W. (2020). Pendekatan Inquiry Model Drill and Practice Berbasis Aplikasi Moodle Berbantuan Video Youtube untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Limit Fungsi. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2), 70–80. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i2.337
Nurlatifah. (2022). Efektivitas Penggunaan Metode Drill and Practice terhadap Kemampuan Menghafal Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Darul Hikmah Lenggo-Lenggo Sinjai. IAI Muhammadiyah.
Purwanto, N. (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Putra, R. ., Wijayanti, N., & Mahatmanti, F. . (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovesi Pendidikan Kimia, 11(2).
Putri, R. A., Delianti, V. I., Hendriyani, Y., & Dewi, I. P. (2024). Pengaruh Metode Drill Berbantuan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aplikasi Pengolah Kata Kelas X Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 1 Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (Kedua). PT RajaGrafindo Perkasa.
Santoro, B. . (2019). Efektivitas Penggunaan Media Penilaian Google Form Terhadap Hsil Belajar Pelajaran Tik. Prosiding Seminar Nasional: Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0, 288.
Sobah, Amay, & Ono. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Drill Untuk Mengatasi Kesulitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Journal Of Mechanical Engineering Education, 4(2), 253.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Suprijono, A. (2012). Teori dan Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar.
Wijaksono, M. (2021). Metode Pembelajaran Tuntas dalam Pendidikan Perspektif Al-Quran. Nasya Ekspandinf management.
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Kelarutan Untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88–89.
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif &Penelitian Gabungan. Kencana Prenada Media Group.