Perbandingan Kemampuan Penalaran Matematis Antara Penerapan Model Jigsaw dan Model CORE
Keywords:
CORE, Jigsaw, Kemampuan Penalaran MatematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Majene melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran CORE. Metode yang digunakan adalah quasi-experimental design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini melibatkan 57 sampel dari kelas VII SMP Negeri 1 Majene yang terdrii dari dua kelas yakni kelas VII A dan VII B yang masing-masing diberi perlakuan model pembelajaran Jigsaw dan CORE. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling karena karakteristik siswa bersifat homogen, tanpa adanya kelas unggulan. Analisis data dilakukan menggunakan dua teknik, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan adanya perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang belajar dengan model Jigsaw dan siswa yang belajar dengan model CORE. Meskipun kedua model memberikan dampak positif, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menunjukkan peningkatan kemampuan penalaran matematis yang lebih tinggi dibandingkan model CORE.
Downloads
References
Amin, B., Fatmah, N., Ahmad, Z. F., Dian, A., Ruslan, & Bernard. (2024). Pengaruh Habits of Mind Matematis terhadap Prestasi Belajar Kognitif Mahasiswa Pendidikan Matematika. Caradde: Jurnal Inspirasi Dan Inovasi Guru, 2(1), 36–45. https://iforesomatahari.org/jur nal/index.php/caradde/article/v iew/31
Amin, B., Hikmah, N., Wandari, S., & Kusumayanti, A. (2023). Didactical Situation Analysis of Mathematical Literacy Skills Based on Students ’ Learning Obstacles on Space and Shape Content. Proceedings of the 3rd International Conference on Social and Islamic Studies, 627–644.
Baharuddin, Amin, B., Ibrahim, Sudarmin, Rizki, M., Hidayat, M. N., & Masnaeni. (2025). Implementasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Augmented Reality pada Materi Transformasi Geometri di SMA Insan Cendekia Syech Yusuf Gowa. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Implementasi, 5(1), 59–70.
Cahyani, N. D., & Sritresna, T. (2023). Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 103–112. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i1.2720
Hakim, L., Sukestiyarno, & Dwidayantia, N. K. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Modul Komik Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 1999, 1003–1007.
Hermanudin, H. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Core Dan Kendalanya Pada Materi Teks Cerita Fabel. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 25. https://doi.org/10.30659/j.7.1.25-37
Lestari, R., Musa, L. A. D., & Ihsan, M. (2023). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) pada Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 993–1016.
Majid, A. F., Baharuddin, Nursalam, Tayeb, T., Mattoliang, L. A., Kusumayanti, A., & Amin, B. (2024). Development of Augmented Reality-Based Mathematics Learning Media to Facilitate Students’ Mathematical Computational Thinking Skills. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 12(2), 416–439.
Melinda, K., & Dewi, T. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Berbantu Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Ekonomi. JURNAL PROMOSI: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 9(1), 76–82. https://doi.org/10.22141/2224-0721.16.4.2020.208486
Nasriyanti, R., Cahyaningsih, U., & Nahdi, D. S. (2021). Pentingnya Model CORE terhadap Pemahaman Konsep pada Mata Pelajaran IPA. Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA.
Oktaviana, V., & Aini, I. N. (2021). Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 587–600. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.587-600
Rahmah, S., Nasution, W. N., & Lubis, M. S. (2022). Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Antara Model Pembelajaran Jigsaw dan Ropes. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).
Sabar, M., Latuconsina, N. K., Angriani, A. D., Suharti, & Amin, B. (2023). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Al Asma : Journal of Islamic Education, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.24252/asma.v5i1.37652
Suhaeni, Irwan, A., & Amin, B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII-2 MAN Kajuara Melalui Model Pembelajaran Example Non Example. Alauddin Journal of Mathematics Education, 5(1), 13–21.
Sujono, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran KooperatifTipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 17(1), 1–21.
Sukmawati, Jamaludin, Alanur, S. N., Saskia, Japar, D., Salsabila, Z., Setiawati, L., Santika, Jannah, S. Z., & Amir, H. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Minat Belajar di SMPN 19 Palu. Aurelia: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(1), 701–707.
Syam, A. A. M., Amin, B., Qoniah, S., Angriani, A. D., & Bernard. (2023). Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kinerja Guru dan Kemampuan Numerik Terhadap Hasil Belajar Matematika. Caradde: Jurnal Inspirasi Dan Inovasi Guru, 1(2), 88–100. https://iforesomatahari.org/jur nal/index.php/caradde/article/v iew/10
Syamsuddin, S., Tayeb, T., Rasyid, M. R., Abrar, A. I. P., & Amin, B. (2022). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Al Asma : Journal of Islamic Education, 4(2), 84–94. https://doi.org/10.24252/asma.v4i2.30638
Turnip, M. P., Barus, R. W., & Naibaho, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Bantuan Media Grafis terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik pada Materi Fungsi …. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 14929–14941. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4770%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/4770/4043
Zebua, N. B., Lahagu, A., Telaumbanua, W. A., & Laoli, B. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Core dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negri 4 Gunungsitoli. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(3), 1103–1112. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i3.1047