Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantuan Ice Breaking Terhadap Kemampuan Berpikir Visual Peserta Didik Kelas X di MAN 1 Soppeng
Keywords:
Pendekatan Saintifik, Ice breaking, Kemampuan Berpikir VisualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan berpikir visual peserta didik melalui pendekatan saintifik berbantuan ice breaking, (2) tanpa ice breaking, (3) perbedaan pengaruh kedua pendekatan tersebut, serta (4) pendekatan mana yang lebih efektif. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi experiment tipe Non-Equivalent Control Group Design. Sampel terdiri dari kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan X.2 sebagai kelas kontrol di MAN 1 Soppeng tahun ajaran 2024/2025. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji-t Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik berbantuan ice breaking meningkatkan kemampuan berpikir visual dari rata-rata pretest 64,90 menjadi 87,24 pada posttest. Sementara itu, kelas tanpa ice breaking meningkat dari 59,54 menjadi 85,25. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelas. Efektivitas pendekatan saintifik berbantuan ice breaking tercatat sebesar 63,58%, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 61,47%, meskipun keduanya berada pada kategori cukup efektif.Kesimpulannya, pendekatan saintifik berbantuan ice breaking lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir visual peserta didik dibandingkan pendekatan tanpa ice breaking.
Downloads
References
Afsari, Sisca, Islamiani Safitri, Siti Khadijah Harahap, and Lia Sahena Munthe. 2021. “Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika.” Indonesian Journal of Intellectual Publication 1(3):189–97. doi: 10.51577/ijipublication.v1i3.117.
Alhudri, Mayzi, Said Said, and Heriyanto Heriyanto. 2022. “Pengaruh Penerapan Ice breaking Terhadap MInat Dan Hasil Belajar Matemaatika Siswa Kelas XI Di SMK Wira Harapan.” Indonesian Journal of Education Development 3(2):240.
Arikunto. 2013. “Sistem Informasi Manajemen.” Pp. 1–387 in.
Fransiska, Bella. 2020. “Pengembangan Teknik Pembelajaran Ice breaking Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Kelas IV Di SD/MI.” 1–59.
Harianja, May Muna, and Sapri Sapri. 2022. “Implementasi Dan Manfaat Ice breaking Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(1):1324–30. doi: 10.31004/basicedu.v6i1.2298.
Irwanto, Irwanto. 2021. “Perancangan Sistem Informasi Sekolah Kejuruan Dengan Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus SMK PGRI 1 Kota Serang-Banten) Irwanto.” Lectura: Jurnal Pendidikan 12(1):86–107.
Maghfirah, Ira, Mislinawati Mislinawati, and M. Yamin. 2023. “Hambatan Guru Dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas III SD Negeri 2 Jeumpet Aceh Besar.” 8(3):248–57.
Pujiarti, Titi. 2022. “Pengaruh Penggunaan Teknik Ice breaking Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) 3(1):30–35. doi: 10.54371/ainj.v3i1.113.
Purwaningsih, Indriyati Eko, Ryan Sugiarto, and Sulistyo Budiarto. 2023. “Kesejahteraan Psikologis Dalam Hubungannya Dengan Kecemasan Dan Dukungan Sosial.” SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora 9(1):1–16. doi: 10.30738/sosio.v9i1.13427.
Setiawan, Adib Rifqi. 2019. “Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Biologi Sebagai Upaya Melatih Literasi Saintifik.” Seminar Nasional Biologi “Inovasi Penelitian Dan Pendidikan Biologi II (IP2B III) 2019” (IP2B III):140–45.
Syarifuddin, Syarifuddin, Hasan Basri, M. Ilham, and Ade Fitri Fauziah. 2021. “Efektifitas Pembelajaran Daring Mahasiswa Pendidikan Matematika Ditengah Pandemi Covid-19.” JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA 1(1):1–8. doi: 10.53299/jagomipa.v1i1.16.
Wahyuni, Sri. 2021. “Rendahnya Kemampuan Berpikir Visual Siswa Indonesia Disebabkan Oleh Faktor Lingkungan.”
Widyaningrum, Rosfida Ariana, Ervina Eka Subekti, and Sumiyatun Sumiyatun. 2024. “Keefektifan Model Pembelajaran PBL Berbantu Ice breaking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Peterongan Semarang.” 8(2023):83–91.
Wiyanti, Wiyanti, Indah Emilia, Sri Wahyuni, and Yeni Susanti. 2018. Dasar-Dasar Aljabar Linear Dan Penggunaannya Dalam Berbagai Bidang.
Zuhaery, Muhammad, Dian Hidayati, and Muhammad Hidayat. 2024. “Penerapan Ice breaking Dalam Proses Pembelajaran Sebagai Pengalaman Belajar Yang Menyenangkan.” Academy of Education Journal 15(2):1412–17. doi: 10.47200/aoej.v15i2.2492.