Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Bangun Datar Segi Empat
Keywords:
Pemahaman Konsep, Bangun Datar Segi EmpatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMPN 1 Bolo pada materi bangun datar segi empat, berdasarkan lima indikator utama: interpretasi, mengklasifikasikan, membuat kesimpulan, membandingkan, dan mencontohkan. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan instrumen berupa tes uraian sebanyak 25 soal yang diujikan kepada 54 peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada aspek interpretasi diperoleh rata-rata 8,89 dengan variansi 1,912 dan standar deviasi 1,383, pada aspek mengklasifikasikan memperoleh rata-rata 7,96 dengan variansi 2,489 dan standar deviasi 1,578, pada aspek membuat kesimpulan memperoleh rata-rata 16,50 dengan variansi 12,481 dan standar deviasi 3,533, pada aspek membandingkan memperoleh rata-rata 13,72 dengan variansi 11,412 dan standar deviasi 3,378, dan pada aspek mencontohkan memperoleh rata-rata 16,94 dengan variansi 9,563 dan standar deviasi 3,092. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas nilai peserta didik mendekati nilai rata-rata yang mencerminkan kemampuan pemahaman konsep matematis yang cukup baik pada masing-masing indikator, meskipun masih terdapat variasi antar-aspek.
Downloads
References
Afriliziana, L. A., & Kartini, K. (2021). Analysis of Students’ Ability to Understand Mathematics Concepts for Class VIII SMP/MTS. (JIML) JOURNAL OF INNOVATIVE MATHEMATICS LEARNING, 4(2), 49–62. https://doi.org/10.22460/jiml.v4i2.p49-62
Aisyah, N., & Firmansyah, D. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segiempat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 403–410. https://media.neliti.com/media/publications/503200-none-c919fc5c.pdf
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Dewi, A. C., Putra, A., Rante, H. T., Bastian, M. A., Rafsanjani, M. R., & Kurniawan, F. (2024). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. JIMA: Jurnal Ilmiah MahasiswaResearch Findings, Literature Review, and Systematic Review, 2(1), 24–44. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Dewi, D. A. (2023). Penerapan Standar Isi, Standar Proses, Dan Standar Kompetensi Lulusan Sebagai Standar Mutu Pendidikan MTs Nu Puteri 3 Buntet Pesantren Cirebon. Tsaqafatuna, 5(2), 123–132. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v5i2.240
Diani, S. F., Maulidiya, D., & Susanta, A. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Vii a Smpn 6 Kota Bengkulu Setelah Memperoleh Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3), 362–373. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.362-373
Fatmiyati, N., & Juandi, D. (2023). Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Matematis: Systemtic Literature Review. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 1161–1176. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17405
Jihad, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Lestari, K. E. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika.
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Saputra, J., Amalia, R. N., & Fisher, D. (2024). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Melalui Model Learning Cycle 7E Berbantuan Quizizz. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 9(1), 72–85. https://doi.org/10.23969/symmetry.v9i1.8859
Sudjana, N., & Rivai, A. (2014). Media Pengajaran Cetakan Ke-12. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Syaifar, M. H., & Roza, Y. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gender. 06(01), 519–532.