Efektivitas Model Pembelajaran Case Based Learning (CBL) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemampuan Prosedural Matematis

Authors

  • Rahmatullaili UIN Alauddin Makassar
  • Nursalam Nursalam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • A. Sriyanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • A. Eritme Yustika Abrar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Keywords:

Case Based Learning (CBL), Mathematical Communication Skills, Mathematical Procedural Skills

Abstract

Kemampuan komunikasi dan prosedural matematis merupakan dua aspek penting dalam pembelajaran matematika yang mendukung pemahaman konsep dan penyelesaian masalah secara sistematis. Namun, kenyataannya banyak peserta didik yang masih kesulitan dalam mengungkapkan ide matematis secara tertulis maupun lisan, serta lemah dalam menjalankan langkah-langkah prosedur penyelesaian soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran Case Based Learning (CBL) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan prosedural matematis peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen, dan melibatkan peserta didik kelas VII di MTs Negeri Gowa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model CBL lebih mampu mendorong keterlibatan aktif peserta didik dalam memahami dan menyelesaikan permasalahan kontekstual, serta membantu peserta didik mengembangkan komunikasi matematis yang lebih terstruktur dan prosedural yang lebih sistematis. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa model CBL dapat menjadi alternatif pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar matematika, serta layak untuk diterapkan oleh guru dalam upaya menciptakan pembelajaran yang bermakna dan berpusat pada peserta didik.kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan prosedural matematis peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI HIMPUNAN. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–22.

Aprianti. (2019). Efektifitas Kelancaran prosedural matematis.

Desi Haryanti. (2013). MEMPERBAIKI PENGETAHUAN DAN KEMAMPUAN PROSEDURAL SISWA MELALUI METODE PENUGASAN BERBASIS KESALAHAN. Integration of Climate Protection and Cultural Heritage: Aspects in Policy and Development Plans. Free and Hanseatic City of Hamburg, 26(4), 1–37.

Dian Nur Antika, Maya Kartika Sari. (2023). Efektifitas Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di SDN 03 Madiun Lor.

Eka Damayanti. (2018). KELANCARAN PROSEDURAL MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR.

Fitri Jannatul Laili. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Peserta didik ditinjau dari kemampuan koneksi matematika.

Hasan, M. I. (2012). Pokok-pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensial).

Nurhasanah, R. A., Waluya, S. B., & Kharisudin, I. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 2017, 769–775.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku ajar dasar-dasar statistik penelitian.

Purnama, F. B., & Ardiansyah, A. S. (2023). Buku Ajar Matematika Berorientasi STEM Context Terintegrasi Challenge Based Learning Berbantuan Google Site Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 309–320.

Purnawati, L., Damayani, A. T., & . K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Macam-Macam Gaya. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 64–72. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17322

Risa Nursamsih Lubis, Meiliasari, Wardani Rahayu. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika.

Safika. (2022). Efeksivitas Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas X SMAN 10 Pinrang. 9, 356–363.

Safitri, A., & Lestari, K. E. (2022). Analisis Kelancaran Prosedural Matematis Siswa Berdasarkan Kemandirian Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 444–452. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1979

Supriadi, G. (2021). Penelitian Pendidikan Metod1.pdf. UNY Press.

Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i2.302

Published

2025-05-31

How to Cite

Rahmatullaili, Nursalam Nursalam, A. Sriyanti, and A. Eritme Yustika Abrar. 2025. “Efektivitas Model Pembelajaran Case Based Learning (CBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemampuan Prosedural Matematis”. Alauddin Journal of Mathematics Education 7 (1):80-98. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/ajme/article/view/57338.

Issue

Section

Artikel