PEMBENTUKAN KARAKTER AKHLAK KARIMAH DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN ALAUDDIN MELALUI PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK
DOI:
https://doi.org/10.24252/aqidahta.v1i1.1308Abstract
Pelaksanaan pendidikan aqidah akhlak dapat dipandang sebagai suatu wadah untuk membina dan membentuk tingkah laku mahasiswa dalam mengembangkan pengetahuan (kognitif), sikap (afektif) serta pembiasaan (psikomotorik). Pendidikan aqidah akhlak harus mendorong semua aspek tersebut ke arah pencapaian kesempurnaan hidup berdasarkan nilai-nilai Islam. Pembentukan Karakter akhlak karimah di kalangan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi melalui pembelajaran akidah akhlak. Tujuan pendidikan Aqidah Akhlak untuk menanamkan dan meningkatkan keimanan mahasiswa serta meningkatkan kesadaran untuk berakhlak karimah. Kegiatan Pembelajaran merupakan upaya menciptakan suasana pedagogis dan antragogis yang kondusif sesuai dengan situasi dan kondisi untuk mencapai standar kompetensi Aqidah Akhlak yang lebih efektif, efisien dan menyenangkan. Pengaruh pendidikan aqidah akhlak dalam kehidupan dan membawa perubahan pada tingkah laku mahasiswa yang lebih baik dan bertanggung jawab terutama dalam pelaksanaan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Seorang dosen diharapkan mampu menguasai metode-metode pembelajaran yang dapat mendorong mahasiswa aktif di kelas. Metode ceramah memang sangat penting, namun jika tidak diimbangi dengan metode atau strategi yang lain akan menjadi sangat membosankan. Faktor penghambat dalam pembentukan Karakter akhlak karimah, terutama melalui pembelajaran Akidah akhlak di Fakultas Dakwah dan Komunikasi adalah: Kemampuan dasar para mahasiswa yang mengikuti kuliah Akidah akhlak sangat beragam. Kurangnya perhatian para mahasiswa terhadap masalah akhlak, Materi pembelajaran Akidah akhlak lebih banyak menekankan aspek kognitif, Kontrol terhadap mahasiswa di luar perkuliahan cukup sulit.
Downloads
References
[2]Al-Abrasyi, M Athiyah, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1987
[3]al-Atsari, Abdullah bin ‘Abdil Hamid, Panduan Aqidah Lengkap, Bogor: Pustaka Ibnu Katsir, 2005
[4]Ali, Muhammad Daud, Pendidikan Agama Islam Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000
[5]Aly, Hery Noer, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. I ;Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999
[6]An Nahlawi, Abdurrahman, Pendidikan Islam Di Rumah Sekolah Dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani, 1995
[7]Asmaran AS, Pengantar Studi Akhlak, Cet. 1; Jakarta: Rajawali Pers, 1992
[8]Baker, Anton, Metode Penelitian Filsafat, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1996
[9]Barnadib,Imam, Dasar-dasar Kependidikan: Memahami Makna dan Perspektif Beberapa Teori Pendidikan, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1996
[10]Basri, Hasan, Remaja Berkualitas: Problematika Remaja dan Solusinya Cet. IV; Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2004
[11]Danim, Sudarwan, Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006
[12]Daradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam Jakarta: Bumi Aksara, 1996
[13]Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Cet.IV; Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2005
[14]Idrus, Muhammad, Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Edisi II, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2009
[15]Madjid, Nurcholish, Indonesia Kita, Jakarta: Gramedia. Piötr Sztompka, 2004
[16]Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Cet. 1; Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2004
[17]al Maskawaih, Abu Ali, Ahmad, Menuju Kesempurnaan Akhlak, Beirut: mizan
[18]Mudiyaharjo, Redja, Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Penddidikan pada Umumnya dan Pendididkan di Indonesia, (Cet .II; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002
[19]Muhamad Al-Athiyah Al-Abrasy, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Terj. Bustomi A. Ghoni dan Jauhar Bahri, Cet. 1; Jakarta : Bulan Bintang, 1970
[20]Nata, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Cet. II; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2001
[21]Sinaga, Zahruddin AR, dan Hasanuddin, Pengantar Studi Akhlak, Cet.1; Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2004
[22]Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1995
[23]Sulaiman, Fathiyah Hasan, Sistem Pendidikan Versi al-Ghazali, Cet. I; Bandung: al-Ma.arif, 1986
[24]Tadjab, Muhaimin, Abd. Mujib, Dimensi-Dimensi Studi Islam, Surabaya: Karya Abditama, 1994
[25]Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi III Cet. I; Jakarta: Balai Pustaka, 2001
[26]Umary, Barnawie, Materi Akhlak, Cet. XII;Solo: Ramadhani, 1995
[27]Ya’kub, Hamzah, Etika Islam Pembinaan Akhlaqul Karimah (Suatu Pengantar), Cet. VI; Bandung: CV. Diponegoro, 1993