FILSAFAT ISLAM KLASIK DAN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN MODERN DI EROPA

  • Ibrahim Ibrahim Fakultas Ushuluddin, Filsafat dan Politik Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Artikel ini membahas mengenai spirit pencarian dan penyebaran ilmu pengetahuan dalam Islam yang telah ditunjukkan dengan menarik oleh para tokoh dalam masa klasik. Dilakukan penerjemahan, penulisan kembali, penyalinan kitab-kitab dari Bahasa Yunani ke bahasa arab ataupun Persia di dunia Islam. Artikel ini ingin menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan saat ini dan juga tentunya filsafat secara luas menyimpan jasa peradaban muslim di dalamnya dalam hal mempercepat transmisi pemikiran klasik ke dalam pemikirn dunia modern. Dengan metode penelusuran literatur, artikel ini berhasil menemukan bahwa Islam memiliki peran signifikan dalam ‘pembentukan’ ilmu pengetahuan modern saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. Amin. Falsafah Kalam. (Cet. II. Jogyakarta: Pustaka Pelajar), 1997.

Muhammad Sabri, Muhammad Saleh Tadjuddin dan Wahyuddin Halim Buku Daras Filsafat Ilmu (Makassar: UIN alauddin, tt)

Atjeh, Abu Bakar, Sejarah Filsafat Islam, Semarang: CV. Ramadhani, 1968.

Al-Ahwany, Ahmad Fuad. Alfalsafatul Islamiyah. Cairo: Al-Makthabatus tsakafiyah, 1962.

___________. Al Falsafatul Islamiyah. Dialih bahasakan oleh Sutardji Calsoun Bachri dengan judul Filsafat Islam. Cetakan I. Jakarta:” Pustaka Psnjimsas, 1985

Al Ghazali, Tahafaqtul Falasifah. Dialih bahasakan oleh Ahmadie Thaha dengan judul Tahafut Al Falasifah Kerancuan Para Filosof. Jakarta: Pustaka Panji mas, 1986.

Al Iraqy, Muhammad Athif. Al-Nas at Al-aqliyah Fil Falsafah Ibnu Rusyd. Mesir: Dar Maarif, 1968.

Al Attas, M. Naquib. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam. Catakan I. Bandung: Mizan, 2003.

Ahmad, H. Abu. Filsafrat Islam. Cetakan I. Semarang: CV. Toha Putra, 1982.

Bakker Sy, JWM. Sejarah Filsafat dalam Islam. Cetakan II. Jogyakarta: yayasan Kassinius, 1984

Dun-yaa, Sulaeman. Tahafut al Tahafut. Lil Qadhy Abi Al Walid Muhammad Ibnu Rusyd. Juz I. Cetakan III Mesir: Daar Al Maarif, 1969.

Hanafi, Ahmad. Pengantar Filsafat Islam, (Cet. III; Jakarta: Bulan Bintang), 1982.

Nasution, Harun. Filsafat dan Mistisime dalam Islam. Cetakan II. Jakarta: Bulan Bintang, 1978.

__________ Akal dan Wahyu dalam Islam. Jakarta: Universitas Indonesia, 1980.

Nasutioan. Harun. Islam Rasional (gagasan dan pemikiran). Bandung: Mizan, 1996.

Saleh Putuhena Ke Arah Rekonstruksi Sains Islam (ed) Nurman Said, Wahyuddin Halim dan Muhammad Sabri Sinergi Agama dan Sains Ikhtiar Membangun Pusat Peradaban Islam (Makassar: Aluddin University Press, 2005)

Yazdi, Muhammad Taqi Misbah. Buku Daras Filsafat Islam, Bandung: Mizan, 2003.

Supriyadi, Dedi. Pengantar Filsafat Islam (Konsep, Filsuf, dan Ajarannya). Bandung: CV. Pustaka Setia, 2009.

Ashar Arsyad, Sel Cemara Integrasi Dan Interkoneksi Sains Dan Ilmu Agama dalam (ed) Nurman Said, Wahyuddin Halim dan Muhammad Sabri Sinergi Agama dan Sains Ikhtiar Membangun Pusat Peradaban Islam (Makassar: Aluddin University Press, 2005)

Siauddin Zardar, Kembali Ke Masa Depan Syariat Sebagai Metodologi Pemecahan Masalah (Yogyakarta: Serambi, 2005)

How to Cite
Ibrahim, I. (1). FILSAFAT ISLAM KLASIK DAN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN MODERN DI EROPA. Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 3(1), 13 - 25. https://doi.org/10.24252/aqidahta.v3i1.3276
Section
Artikel
Abstract viewed = 7776 times