AKUNTABILITAS GREEN ACCOUNTING DALAM PERSPEKTIF ECO-THEOLOGYISLAM VS TRIPLE BOTTOM LINE (STUDI PADA PT. PASIR WALANNAE KABUPATEN BONE)

  • Astriani Astriani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Alauddin Makassar
  • Jamaluddin Majid Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Alauddin Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui akuntabilitas green accounting dalam perspektif eco-theologyIslam vs triple bottom line pada PT. Pasir Walannae Kabupaten Bone.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan ekologis dan teologis yang berusahan menjelaskan dan memperbandingkan eco-theologyIslam dan triple bottom line dimana pendekatan ini dilihat dari lintas agama yang melihat lingkungan sebagai bagian dari sistem holistik ketuhanan yang mendesak untuk dikembangkan. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam dan observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas green accounting pada PT. Pasir Walannae Kab.Bone sudah cukup baik dalam melakukan aktivitas pertambangan. Hal ini terlihat dari tanggung jawab perusahaan yang mengerluarkan biaya-biaya untuk aktivitas pertambangan seperti biaya reklamasi pasca tambang, ini membuktikan bahwa PT. Pasir Walannae dalam penerapan green accounting telah melakukan perhatian lingkungan,keterlibatan lingkungan, dan pelaporan lingkungan. PT. Pasir Walannae secara umum dalam penerapan eco-theologyIslam belum sepenuhnya menerapkan konsep ini, namun hanya memasukkan aspek amanah sebagai bentuk pertanggungjawabannya, dibandingkan dalam konsep triple bottom line PT. Pasir Walannae telah menerapkannya dalam melakukan pertanggungjawaban terhadap lingkungan.

Published
2021-06-14
How to Cite
Astriani, A., & Majid, J. (2021). AKUNTABILITAS GREEN ACCOUNTING DALAM PERSPEKTIF ECO-THEOLOGYISLAM VS TRIPLE BOTTOM LINE (STUDI PADA PT. PASIR WALANNAE KABUPATEN BONE). Assets : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), 21-36. https://doi.org/10.24252/assets.v1i1.21407
Abstract viewed = 511 times