REKAYASA APLIKASI AKUNTANSI BERBASIS ANDROID BUKU WARUNGTA’ SESUAI SAK EMKM

  • Yusri Karmila STIE Wira Bhakti Makassar
    (ID)
  • Surianto
    (ID)
Keywords: Financial Reports; Grocery Stores; Presentation of Financial Statements Based on SAK EMKM; Android Applications Book Warungta .

Abstract

Tujuan penelitian dengan menyelesaikan masalah yang di hadapi warung kelontong juga dapat digunakan oleh semua kalangan UMKM dengan membuat aplikasi akuntansi berbasis android yang diberi nama Buku Warungta’ sesuai dengan SAK EMKM. Karena Aplikasi yang telah dibuat akan berbeda dengan aplikasi akuntansi yang banyak beredar di Playstore tentunya harus sesuai dengan kebutuhan Toko Cahaya Tanjung yang menjadi Objek penelitian tersebut. Dengan penggunaan aplikasi Buku Warungta’ dapat mencatat semua transaksi serta mampu menghasilkan ouput laporan keuangan yang sederhana, mudah, praktis serta dapat dipertanggungjawabkan dan dapat dibandingkan. Metode penelitian yaitu 1) perencanaan penelitian; 2) pengambilan data; 3) langkah-langkah pembuatan aplikasi android berdasarkan SAK EMKM; 4) Menginput semua transaksi pada Aplikasi Android; 5) Membuat kesimpulan hasil pembuatan laporan keuangan Toko Cahaya Tanjung pada Aplikasi Akuntansi Berbasis Android. Aplikasi Akuntansi Berbasisi Android Buku Warungta’ cocok dengan SAK EMKM terbukti digunakan dengan baik pada pembuatan laporan keuangan Toko Cahaya Tanjung. Aplikasi android Buku Warungta’ dapat membuat laporan keuangan yang lebih simpel, mudah, praktis serta dapat dipertanggungjawabkan dan dibandingkan. Sehingga dengan ini para pemilik/pengguna Aplikasi android Buku Warungta’ dapat lebih mudah membuat laporan keuangan yang dapat berguna dalam memperoleh informasi keuangan.

References

Pustaka yang berupa majalah/jurnal ilmiah:
Aviani K, Dkk. 2020. Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menenggah Dan Perhitungan Pajak Terhadap Penerapan Peraturan Pemerintah No 23 Tahun 2018 (Studi Kasus UD Mardi Mulyo Mebel Surakarta). Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi Vol. 16 No. 2 April 2020: 119 – 129
Moudy Olyvia Uno, dkk. 2019. Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah (Sak Emkm) Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Studi Kasus Pada Rumah Karawo Di Kota Gorontalo). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi. Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA. Vol.7 No.3 Juli 2019, Hal. 3877 – 3898.

Pustaka yang berupa judul buku:
Budi, Chandra. 2013. Jutaan UMKM Pahlawan Pajak, Urus Pajak itu Sangat Mudah, Elex Media Komputindo, Jakarta.
Kieso et al. 2016. Akuntansi Keuangan menengah Intermedite Accounting. Jakarta: Salemba Empat.
Krismiaji. 2017. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Keempat. Yogyakarta; UPP.
Yanto. 2012. Studi Pelaksanaan Akuntansi Pada Sektor Ekonomi Bawah di Jepara. Dinamika Ekonomi dan Bisnis.

Pustaka yang berupa disertasi/thesis/skripsi:
Haryati (2018) Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil Dan Menengah Pada CV XYZ. Diploma thesis, FE UNM.
Iswandir. 2019. Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil Dan Menengah (EMKM) Pada Usaha Dagang Toko Rizky Busana. Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma.
Jessica Gita Elvira. 2018. Analisis Penerapan Aplikasi Akuntansi Berbasis Android SI APIK Untuk Memenuhi Kebutuhan Sistem Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus DI GR Souvenir Pundong, Bantul, Yogyakarta).
Lady Irmayani. 2019. Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah (Sak Emkm) Pada CV.Putri Alin Jaya. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tribhuwana Tunggadewi.
Luh Putu Windayani, Dkk (2018). Analisis Penerapan Aplikasi Akuntansi Berbasis Android Lamikro Untuk Membantu Usaha Mikro Menyusun Laporan Keuangan Sesuai SAK EMKM (Studi Pada Toko Bali Bagus). Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.
Masula, Diva. 2020. Analisis penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah pada Aplikasi Akuntansi Berbasisi Android (Studi Kasus Toko Sembako A3). Program Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Raouf, Misnawati. 2016. Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik pada UMKM pengrajin Sutera di Kabupaten Sengkang. Skripsi. Universitas Hasanuddin.
Saragih, Fitriani dan Surikayanti. 2015. Analisis Penerapan Akuntansi dan Kesesuaiannya dengan SAK ETAP pada UKM Medan Perjuangan. Seminar Nasional Ekonomi dan Manajemen (SNEMA) Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Padang.
Yoana Pransiska . 2018. Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah (Sak Emkm) Pada Laporan Keuangan Umkm CV. Mahkota Motor Pekanbaru. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Pustaka Terbitan Lembaga/Badan/Organisasi (Berisi Himpunan Peraturan, UU, dan sejenisnya
Ikatan Akuntan Indonesia. 2016. SAK Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah Efektif Per 1 Januari 2018. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
Republik Indonesia. 2008. Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Lembaran Negara RI Tahun 2008, No.20. Sekretariat Negara. Jakarta.

Tentang Sitasi dan Referensi:
https://www.bee.id/blog/asal-mula-toko-kelontong/
https://bukuwarung.com/aplikasi-pembukuan-manfaat/\
Published
2022-12-06
How to Cite
Karmila, Y., & Surianto. (2022). REKAYASA APLIKASI AKUNTANSI BERBASIS ANDROID BUKU WARUNGTA’ SESUAI SAK EMKM. Assets : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 12(2), 331-349. https://doi.org/10.24252/assets.v12i2.31753
Abstract viewed = 369 times