Determinan Preferensi Muzakki Dalam Membayar Zakat Di Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan

Authors

  • Putri Salsabila Syukri Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Andi Syathir Sofyan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Trino Wardy Putra Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24252/attawazun.v4i2.50348

Keywords:

Zakat, Layanan Jemput Zakat, Layanan Via Transfer, Layanan Konter Zakat, Preferensi Muzakki

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem layanan jemput zakat, layanan via transfer dan layanan konter zakat terhadap preferensi muzakki dalam membayar zakat di dompet dhuafa sulawesi selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan mengumpulkan data berupa angka kemudian di uji untuk menegetahui kebenarannya. Metode pengambilan sampel atau responden dari penelitian ini adalah menggunakan teknik probability sampling dengan menggunakan metode simple random sampling yang mana rumus yang digunakan dalam menentukan sampel yaitu rumus Krejeice dan Morgen sehingga sampel yang dibutuhkan dalam penelitian ini yaitu  291 respondeng yang mana responden tersebut merupakan muzakki dari dompet dhuafa sulawesi selatan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, data primer sendiri diperoleh langsung dari sumber utama dengan melakukan penyebaran kuesioner melalui google form kepada para responden, kemudian untuk data sekundernya diperoleh dari jurnal, website dan juga artiker yang berhubungan dengan penelitian ini serta dokumentasi yang mendukung penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis SEM dengan menggunakan alat uji yaitu SmarPLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa masing-masing variabel layanan jemput zakat, layanan via transfer dan layanan konter zakat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap preferensi muzakki dalam membayar zakat di Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan.

References

Ainun,Nisa Salma. (2022).Analisis Efektivitas Penghimpunan Dana Zakat Infak Dan Sedekah Melalui Strategi Jemput Zakat (Studi kasus Di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Banyumas). UIN Prof KH.Saifuddin Zuhri.
Andika,Rizky.(2022). Pengaruh Sistem Layanan Jemput Zakat Dan Sistem Layanan Transfer Rekening Terhadap Tingkat Kepuasan Muzakki Pada Lazismu Kota Meda : Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.
Augusty, F.(2002).Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, 143.
Aryani, Tartilia. (2020). Jenis Jenis Zakat Dan Perhitungan Nisabnya Dalam Islam. Jakarta: Pt Kita Bisa Indonesia.
Astria, Fitri.(2015). Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Zakat Dan Asesibilitas Laporan Keuangan Terhadap Akuntabilitas Keuangan Lembaga Amil Zakat (Studi Kasus Lembaga Amil Zakat Rumah Amal Salman ITB). Bandung : UNPAS.
Azizah ,Zuriah Zahroh Nur.(2022). Pengaruh Kepercayaan,Word Or Mouth, Dan Pelayanan Online Terhadap Preferensi Muzakki Dalam Memilih Tempat Menyalurkan Zakat Maal Di Kabupaten Banjarnegara: Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Darma, Satria Et Al. (2017). Analisis Persepsi Muzaki Terhadap Preferensi Dan Keputusan Memilih Lembaga Amil Zakat (Studi Kasus Kota Medan Dan Sekitarnya. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam. Vol. 2, (No.1):1-24.
Fandy,Tjiptono. Service Management:Mewujudkan Layanan Prima Edisi 2 (Yogyakarta: Cv Andi Offset, 2012), 168
Fatimah ,Fita .(2019). Efektivitas Penghimpunan Dana Zakat,Infak Dan Sedekah Melalui Layanan Jemput Zakat Bagi Kepuasan Dan Kepercayaan Muzakki Dilembaga Amil Zakat,Infak Dan Sedekah Nahdatul Ulama (LAZISMU).
Ghozali, I. (2008). Model persamaan struktural: Konsep dan aplikasi dengan program AMOS 16.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali. dan Latan. (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Herawati, Lisna Neti. (2011). Preferensi Dan Keputusan Masyarakat Kecamatan 68 Karawaci Dalam Menyalurkan Zakat. Skripsi. Diterbitkan Jakarta: Uin Syarief Hidayatullah.
Herman.(2015).Layanan-Layanan Jemput Zakat. Jakarta. Diakses 7 Oktober 2023.
Http://Www.Dompetdhuafa.Org. (Diakses Tanggal 15 Juli 2023).
Ibramih,Anwar.(2008). Teori Dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Bandung: Cv. Mandar Maju.
Khasanah,Umrotul.2010. Manajemen Zakat Modern. Malang: UIN-Maliki. Hal2.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Pt. Indeks
Musyridi.(2003). Jenis Zakat.Jakarta: PT Remaja Posdakarya. Hal 78.
Nasrun, M., Kara, M. H., Abdullah, W., & Parmitasari, R. D. A. (2021). Earning Management in Islamic Ethical Perspective to Profit Quality Maslahah Improvement. Multicultural Education, 7(12).
Nicholson, Walter. (2002). Micro Economics Theory. Cv. Rajawali. Jakarta
Nusran, M., & Alam, R. (2019). Management of supply chain process for meat products. Indonesian Journal of Halal Research (IJHAR), 1(1), 18-25.
Presiden Nomor 8 Tahun 2001 Tentang Badan Amil Zakat. Jakarta. (2001)
Purnama, Frizka Amalia. (2021). Amil Zakat,,Tugas Amil Zakat Dan Perbedaan Amil Dengan Panitia Zakat. Jakarta.
Putra, T. W., Possumah, B. T., & Sikki, K. L. (2021). Halal Tourism Opportunities and Challenges in Toraja’s Muslim Minority. KARSA Journal of Social and Islamic Culture, 29(2), 415-439.
Putri Restu Pratiwi.(2010) “Strategi Penggalangan Dana Melalui Program Layanan Jemput Zakat Lazis Muhammadiyah” (Skripsi Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Rafidah.(2014). “Kualitas Pelayanan Islami Pada Perbankan Syariah”, Jurnal Nalar Fiqh, Vol. X No. 2.
Rasyid, M. Hamdan Dan Syaiful Hadi Elsutha. (2016). Panduan Muslim Seharihari. Jakarta: Wahyuqalb
Riaji,Anjelina. (2019). Pengaruh Layanan Layanan Jemput Zakat,Transfer Rekening dan Setor Tunai terhadap Loyalitas Donatur padaTegal. Cetakan 1.
Rifai, A. (2015). Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk mengukur ekspektasi penggunaan repositori lembaga: Pilot studi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Al-Maktabah, 14(1).
Rizqi, Prameysti Esty. (2021). Pengaruh Layanan Jemput Zakat,Layanan Transfer Rekening Dan Layanan Setor Tunai Terhadap Minat Donatur Zakat Pada Baitul Maal Hidayatullah Tegal: Poltek Harapan Kota Tegal.
Rokib Ahmad, W. I. M. E. (2021). Analisis Penerapan PSAK 109. Analisis penerapan psak109 dalam menyusun laporan keuangan dibaznas kabupaten tasikmalaya, 1(2),99–110.
Santoso, Silvy Oktaviani. (2018). Pengaruh Layanan-Layanan Zakat dan Transfer Rekening terhap Kepuasan Donatur Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (LAZISMU) Kota Pasuruan. Malang: UMM Malang.
Sulsel.dompetdhuafa.org/Profile-dompet-dhuafa-sulsel.diakses pada tanggal 2 November 2023.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif,Kuantitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Sutiyani,Dina. Kartika, Galuh Ajeng. (2022). Pengaruh Sistem Layanan Jemput Zakat,Layanan Via Transfer, Layanan Konter Zakat Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Preferensi Muzakki Membayar Zakat Di Baznas Kota Mojokerto. Jurnal Islamic Economics And Finance In Focus, Vol 1.No1.
Sutomo.Najib Mukhamad Najib. Djohar Setiadi.(2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Terhadap Kepuasan Muzakki (Studi Jasus LAZ PKPU Yogyakarta).Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen ,Vol.3, No.1.
Www. Dompetdhuafa.org/tentang-kami/ diakses pada tanggal 17 oktober 2023.
Www. Zakat Mandiri. (2021). Zakat Maal. Surabaya: Graha Yatim Mandiri.
Yunus, A. R., Wahab, A., & Abdullah, M. F. (2022). Audit Opinion , Transparency And Accountability Towards Interest In Paying Zakat With Zakat Awareness As An Intervening Variable. April 2023, 1–16.
Yusnar, Muhammad. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Dana Zakat Terhadap Peningkatan Pendaparan Mustahik Pada BAZNAS Provinsi Sumatra Utara. Medan: UINSU.
Zainal, H. Bakar, A.A. Saad, R.A.J. “Reputation, satisfaction of zakat distribution and service quality as determinant of stakeholder trust in zakat institutions”. International Journal of Economics and Financial Issues. Vol. 6(2016).
Zeithaml, L. Berry, Parasurahman. A.V, The Service Quality Puzzle (Buziess Horizons, 1990), 6

Published

2024-08-29

Issue

Section

Artikel