Analisis Problematika Pelaku Umkm Terhadap Kewajiban Pendaftaran Sertifikat Halal Studi Pada Umkm Di Kabupaten Jeneponto
Keywords:
Kata Kunci : Problematika, Pelaku UMKM, Sertifikat HalalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana problematika sertifikat halal yang dihadapi oleh Pelaku UMKM di Kabupaten Jeneponto. Adapun rumusan masalah yang ada berdasarkan uraian pada latar belakang dapat dirumuskan pokok permasalahan yaitu apa yang menjadi problem bagi pelaku UMKM dalam melakukan pendaftaran sertifikat halal serta bagaimana peran Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Di Kabupaten Jeneponto dalam menerapkan kewajiban Sertifikat Halal pada produk UMKM Di Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Yang pengumpulan datanya di lakukan dengan teknik wawancara,dokumentasi,dan observasi kepada beberapa pelaku UMKM di Kabupaten Jeneponto. Adapun hasil yang didapatkan antara lain: 1) aspek pengetahuan dan informasi pada pelaku UMKM, problematika ini terjadi karena masih kurangnya sosialisasi yang di dapatkan oleh pelaku UMKM 2) kurangnya kesadaran pelaku UMKM terhadap pentingnya penerapan Sertifikat Halal, problematika yang dihadapi adalah pelaku UMKM yang beranggapan Sertifikat Halal belum penting untuk di terapkan dan anggapan mereka bahwa Sertifikat Halal hanya di peruntukkan bagi pelaku usaha yang sudah besar saja dan menurut mereka sertifikat halal tidak berpengaruh terhadap penghasilan yang di dapatkan 3) aspek kesibukan dari pelaku UMKM,problematika ini terjadi karena banyak UMKM belum memiliki Sertifikat Halal karena kesibukan yang mereka miliki dalam menjalankan usahanya.
References
Anam, C., & Sariati, P. (2021). Rasionalitas Konsumsi Di Masa Pandemi Perspektif Islam. Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah, 5(1), 30–56. https://doi.org/10.30762/istithmar.v5i1.17
Durrotul, H. (2019). Sertifikat Halal di Indonesia: Sejarah, perkembangan, dan implementasi halal certification in indonesia; 68–78.
Eva Diyah, N., Riyanti, A., & Karim, M. (2022). Implementasi Sertifikasi Halal Pada Kuliner Umkm Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(12), 2863–2874. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i12.461
Fahira, K. T., & Yasin, R. M. (2022). Peningkatan Nilai Produk Melalui Perijinan PIRT, Sertifikasi Halal dan Digital Marketing Pada UMKM Sirup Parijoto. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(2), 173. https://doi.org/10.20961/semar.v11i2.64034
Puspita Ningrum, R. T. (2022). Problematika Kewajiban Sertifikasi Halal bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Kabupaten Madiun. Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah, 6(1), 43–58. https://doi.org/10.30762/istithmar.v6i1.30
Ramadhani, A. (2022). Implementasi kewajiban Sertifikat Halal pada produk makanan dan minuman UMKM di Kecamatan Beji Depok.
Rosita, A., Suzaini, S., Takwa, W. H., & Hasan, Z. (2023). Implementasi Sertifikasi Halal Pada Produk Makanan Dan Minuman Umkm Di Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 92–97. https://doi.org/10.55681/primer.v1i2.54
S. Solang, F., Kaawoan, J. . ., & Sumampow, I. (2019). Str Ategi Dinas Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah Masyarakat Di Kabupaten Minahasa Selatan. Str Ategi Dinas Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah Masyarakat Di Kabupaten Minahasa Selatan, 3(3), 10.
Savitri, N. A., & Putra, R. R. (2022). Sosialisasi Sistem Jaminan Halal Bagi Pelaku Usaha Mikro , Kecil dan Menengah ( UMKM ). 6(2). https://doi.org/10.12962/j26139960.v6i2.217
Tri nur fadillah, purwanto, achmad nur alfianto. (2022). Tingkat Pengetahuan dan Produk Halal dalam Keputusan Pembelian Makanan Halal. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 18(1), 1–10. https://doi.org/10.31940/jbk.v18i1.1-10
Triana, U. (2021). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Bahan Makanan, Dan Citra merek Produk Terhadap Minat Beli Produkmakanan Halal (Studi Kasus Mahasiswa Muslim Di Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2), 3. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7711
Wahyuni, H. C., Handayani, P., & Wulandari, T. (2023). Pendampingan Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 17. https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i1.1271
Wawancara Ayu. (2024).
Wawancara Dilfa. (2024).
Wawancara Lia. (2024).
Wawancara pak Awal. (2024).
wawancara Yuda. (2024).
Wijaya, G. (2023). Klasifikasi UMKM Menggunakan Algoritma Naive Bayes Berdasarkan Sudah Pernah Mempunyai Atau Mengurus Sertifikat Halal. Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, 4(1), 36. https://doi.org/10.33365/jdmsi.v4i1.2634
Windusancono, B. A. (2021). Upaya Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Indonesia. MIMBAR ADMINISTRASI FISIP UNTAG Semarang, 18(2), 32. https://doi.org/10.56444/mia.v18i2.2528
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ditaapriani (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal mengizinkan penulis untuk mempertahankan hak cipta atas naskah mereka, tanpa batasan. Penulis kemudian dapat memberikan hak penerbitan non-eksklusif kepada penerbit untuk menerbitkan artikel.