Pemasaran Syariah Melalui Media Social Pada Pelaku Usaha Kuliner Di Kecamatan Ujungbulu Kabupaten Bulukumba

Authors

  • Magfiratul Inaya Bulukumba

Keywords:

Strategi Pemasaran Syariah, Media Social, Usaha Kuliner

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran syariah melalui media sosial dalam meningkatkan penjualan pada pelaku usaha kuliner di Kecamatan Ujungbulu, Kabupaten Bulukumba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan wawancara mendalam kepada beberapa informan yang merupakan pelaku usaha kuliner di Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran syariah melalui media sosial serta dampaknya terhadap penjualan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial berperan signifikan dalam memasarkan produk kuliner dengan prinsip syariah. Pelaku usaha memanfaatkan berbagai platform seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp untuk memperkenalkan produk mereka. Strategi pemasaran yang diterapkan mengedepankan prinsip halal, kejujuran, dan transparansi dalam promosi produk. Namun, beberapa pelaku usaha masih belum maksimal dalam menyinkronkan gambar produk yang ditampilkan di media sosial dengan kondisi produk yang sebenarnya. Hal ini berpotensi melanggar prinsip syariah yang mengedepankan kejujuran dan transparansi dalam transaksi bisnis. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar pelaku usaha kuliner lebih memperhatikan kesesuaian gambar dan deskripsi produk dengan produk yang sebenarnya agar tetap sesuai dengan prinsip syariah dalam pemasaran, serta memaksimalkan potensi media sosial untuk meningkatkan penjualan secara etis dan efektif.

References

Albanjari, F. R., & Syakarna, N. F. R. (2022). Strategi Pemasaran Berbasis Digital Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Berpinsip Syariah Islam 1* Fatkhur Rohman Albanjari, 2 Nugraheni Fitroh Rezqi Syakarna. MUSYARAKAH: Journal of Sharia Economics (MJSE), 2(2), 109–120. https://seminar.umpo.ac.id/index.php/MUSYROKAH/article/view/6819
Anastasia Sulistyawati. (2023). Pemanfaatan Media Digital Dalam Pemasaran Produk Kuliner Umkm Di Kota Denpasar (Studi Kasus: Jl. Hayam Wuruk Dan Jl. Merdeka Denpasar). Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2(2001), 339–349. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.139
Andi Sri Rahayu, A., Kara, M., & Katman, M. N. (2023). Analisis Ekonomi Islam tentang Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(1), 69–88. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i1.3388
Asy’arie, A. A. A. (2022). Strategi Islamic Marketing Bussines Berbasis Media Sosial Dalam Peningkatan Produk Umkm. … on Islam, Law, and Society (Incoils …. http://incoilsfdpdiktis2021.ac.id/index.php/incoils/article/view/291%0Ahttp://incoilsfdpdi
BPS. (2023). Berita Resmi Statistik: Pertumbuhan Ekonomi dan Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia. Berita Resmi Statistik, 1–27. https://www.bps.go.id/website/materi_ind/materiBrsInd-20230505145701.pdf
Budiyarsih, Rifai, F. Y. A., & Purwanto. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Usaha Mahasiswa Prespektif Maqosid Syariah. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 3(4), 501–508. https://doi.org/10.47065/jtear.v3i4.717
Dahliah. (2022). Peran Dinas Koperasi UMKM, Perdagangan, Perindustrian,Pertambangan, dan Energi Dalam PemberdayaanUsahaMikro, Kecil dan Menengah. Journal of Management & Business, 5(2), 757–773. https://doi.org/10.37531/sejaman.vxix.456
Fawwaz, F., & Oktavianti, R. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran UMKM di Bidang Makanan dan Minuman melalui Media Sosial Instagram di Tengah Pandemi Covid-19 di Indonesia. Kiwari, 1(1), 112. https://doi.org/10.24912/ki.v1i1.15582
Fitriani, A. P., Aldzu Pazeroma, & Dwi Rahayu. (2022). Strategi Pemasaran Dan Literasi Syariah Dalam Mendukung Pemberdayaan Umkm Masyarakat. Amaluna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 102–114. https://doi.org/10.21154/amaluna.v1i2.1457
Handika, B., Anita, E., & Prasaja, A. S. (2023). Analisis Strategi Marketing Mix Syariah Dalam Peningkatan Volume Penjualan (Studi Kasus Rumah Makan Ayam Kremes Arema Di Kecamatan Rimbo Bujang). Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 3(2), 79–93.
Kurniawan, A., Pangestu, A., & Amin, M. (2023). Strategi pemasaran syariah dalam meningkatkan penjualan sandal melalui media online sharia marketing strategy in increasing sandal sales through online media. 9, 155–162.
Lestari, D., Masruchin, & Nur Latifah, F. (2022). Penerapan Strategi Pemasaran Syariah Pada Umkm Franchise Pentol Kabul Dalam Meningkatkan Pendapatan. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5(1), 216–229. https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(1).9243
Mahendra, R. R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Online Marketing, Electronic Word Of Mouth, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Fellas.Co. Performa, 6(3), 255–264. https://doi.org/10.37715/jp.v6i3.2528
Maulana, F. I. (2022). Pengaruh Pembiayaan Murabahah, Musyarakah, dan Biaya Transaksi Terhadap Profitabilitas Bank Pembiayaan Rakyat Syariah 2018-2021. Mabny : Journal of Sharia Management and Business, 2(01), 241–248. https://doi.org/10.19105/mabny.v2i01.5375
Mukti, T., Ilmu, F., Islam, A., & Indonesia, U. I. (2020). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam , 6 ( 02 ), 2020 , 239-245 Peran Pegadaian Syariah dalam Literasi Keuangan Syariah. 6(02), 239–245.
Nabila Veren Estefany, Masruchin, & Fitri Nur Latifah. (2022). Penerapan Strategi Pemasaran Syariah UMKM Kampung Pia Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(1), 181–195. https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(1).9358
Nasution, S., & Silalahi, P. R. (2022). Peran Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Umkm Kuliner Berbasis Syariah Di Kota Medan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(2), 510–519. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Mas/article/view/13785
Perdagangan, D., Koperasi, P., Mikro, U., Dan, K., Besar, U., Besar, U., & Besar, U. (2022). Pemerintah kabupaten bulukumba dinas perdagangan perindustrian koperasi usaha mikro kecil dan menengah. 3–4.
Pratiwi, A. M., & Rohman, A. (2023). Penerapan Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Dengan Pendekatan Analisis Swot Perspektif Marketing Syariah Pada Toko Fihadaessie Surabaya. Jesya, 6(1), 881–898. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1018
Rachmad Edhie Yoesoep, Sudiarti Sri, Turi Ode La, Fajariana Endah Dewi, Kisworo Yudo, Suryawan Firdiansyah Ryan, Tanadi Hendy, Kusnadi, Susilawati Eka, Yusran Rahmat Rio, Juminawati Sri, Sukrisni Andy, K. S. (2022). Manajemen Pemasaran. In Eureka Media Aksara. https://repository.penerbiteureka.com/publications/558183/manajemen-pemasaran
Rafsanjani, H. (2021). Peran Nilai dalam Pengembangan Ekonomi Islam. Jurnal Studi Agama-Agama, 7(1), 141–149. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Ah
Saputra, setyo dwi. (2024). Bps-statistics of bulukumba regency. 20, 288. https://bulukumbakab.bps.go.id/publication/download.html?
Suarantalla, R. (2023). Dampak Pemasaran Digital terhadap Minat Beli Dengan Citra Merek sebagai Variabel Pemoderasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4699–4708. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2336
Syah Fitri Oktaviana. (2023). Strategi Pemasaran Street Food di Jalan Dipatiukur-Dago Kota Bandung, Jawa Barat. Simpati, 1(1), 53–59. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i1.63
Syawal, T., Nursini, N., Hamrullah, H., & Lambali, S. (2022). Analisis Sektor Basis Perekonomian Daerah: Studi Kasus Bulukumba. Development Policy and Management Review (DPMR), 2(2), 134–156. https://doi.org/10.61731/dpmr.vi.24167
Syuaib, H., & Suhrah, S. (2020). Implementasi Mekanisme Khiyar Dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Raya Mekongga Kolaka. Jurnal Syariah Hukum Islam, 3, 53–62. http://journal.iaialmawar.ac.id/index.php/JSHI/article/view/258%0Ahttp://journal.iaialmawar.ac.id/index.php/JSHI/article/download/258/145

Published

2025-04-29

Issue

Section

Artikel