Determinan Keputusan Nasabah Menggunakan Pembiayaan Murabahah di Baitut Tamwil Hidayatullah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi

Authors

  • Muh. Aswar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Abdul Rahman
  • Muhammad Nasri Katman

Keywords:

Transparansi, Kepatuhan Syariah, Keputusan Nasabah, Religiusitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transparansi dan kepatuhan syariah terhadap keputusan nasabah menggunakan pembiayaan murabahah di Baitut Tamwil Hidayatullah cabang Makassar dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer, selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Metode analisis data menggunakan aplikasi SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan pembiayaan murabahah, sama halnya dengan kepatuhan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah. Religiusitas tidak mampu memoderasi pengaruh transparansi terhadap keputusan nasabah menggunakan pembiayaan murabahah, sementara itu religiusitas mampu memoderasi pengaruh kepatuhan syariah terhadap keputusan nasabah.

References

Afandi, Ahmad, Annessa Fadhillah, & Nurul Wahida Hidayat. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Transparansi dan Reputasi Lembaga Terhadap Keputusan Muzaki Dalam Membayar Zakat di Badan Amil Zakat Nasional Kota Yogyakarta. Jisfim: Journal of Islamic Social Finance Management, 3(1), 38-52.
Aini, Aisyah Nur. (2015). Pengaruh Tingkat Margin Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Murabahah Di BMT Sidogiri Waru Sidoarjo. El Qist, 5(1), 943-962.
Aisyah, Binti Nur. (2014). Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Yogyakarta: Teras.
Alfiani, Mila, Aan Zainul Anwar, & Darwanto. (2018). Analisis Pembiayaan Murabahah pada BMT (Studi Kasus Pada BMT Aman Utama Jepara). Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 1(2), 69-80.
Asiyah, S., Hadiwidjojo, D., Sudiro, A., & Ashar, K. (2014). Relationship Between Shariah Principles Adherence, Corporate Social Responsibility, Trust and Customer Loyalty: Theoretical Study at Indonesia BMT. International Journal of Business and Management Invention, 3(10), 2319–8028.
Ayuningtyas, Rosida Dwi & Risti Lia Sari. (2020). Analisis Minat Muzakki Membayar Zakat Di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang. AKSES: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(1), 45–54.
Azam, M. C., & Sukandani, H. Y. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Price discount dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Oppo di Terminal Phone Plaza Marina Surabaya. Jounal Of Sustainability Business Rresearch, 506–515.
Camelia, Dina & Ridlwan Ahmad Ajib. (2018). Peran Pembiayaan Murabahah Terhadap Perkembangan Usaha dan Kesejahteraan Pelaku UMKM Pasar Tradisional. Jurnal Ekonomi Islam, 1(3), 37-46.
Farhan, Muharsa, Herlina Helmy, & Mayar Afriyenti. (2019). Pengaruh Machiavellian Dan Love Of Money Terhadap Persepsi Etika Penggelapan Pajak Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Di Kota Padang). Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(1), 470 486.
Fathoni, Ahmad & Prasetya Andik. (2022). Strategi Penyelesaian Wanprestasi Pada Akad Pembiayaan Murabahah Tahun 2022 Di Bait Al Tamwil (BTH) As Sakinah Surabaya. Dinar : Jurnal Prodi Ekonomi Syari’ah, 6(1), 49-84.
Faturrahman, A. (2019). Pengaruh Religiusitas terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.
Fida, B. A., Ahmed, U., Al-Balushi, Y., & Singh, D. (2020). Impact of Service Quality on Customer Loyalty and Customer Satisfaction in Islamic Banks in the Sultanate of Oman. Sage Open, 10(2), 1–10.
Fikri, Muhammad Kanzul & Najib, Ahmad Ainun. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Transparansi dan Akuntabilitas Terhadap Minat dan Keputusan Muzakki Menyalurkan Zakat Di (Lazisnu) Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, 1(2), 106-121.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8 cetakan). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handoko, Ade, Prastiwi Iin Emy, & Romdhoni Abdul Haris. (2022). Analisis Pengaruh Religiusitas, Loyalitas, dan Margin Murabahah Terhadap Minat Pembiayaan Akad MurabahahDi KSPPS BMT Syech HasyimAsy’ari Kantor Cabang Karangnongko. Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper, 5(1), 75-91.
Harris, Allan, Rizka Komariah, & Nurdiana Sari. (2023). Pengaruh Kepatuhan Syariah dan Transparansi Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Pembiayaan Murabahah (Studi Pada BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Lampung Tengah). Journal of Syariah Economic and Halal Tourism, 1(2), 33-38.
Herianto & Rabuno. (2021). Telaah Akad Pembiayaan Murabahah Di Bait At Tamwil Hidayatullah Umat Mandiri Di Balikpapan. Jurnal Studi Keislaman, 2(1), 102-125.
Kurniasari, Dwi, Ahmad Tarmidzi Lubis, & Mustafa Kamal. (2019). Determinasi Pengungkapan Sharia Compliance Berdasarkan Standar Aaoifi Pada Bank Syariah di Asia Tenggara. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam, 7(2), 103-120.
Machali, Imam. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Melina, Ficha. & Zulfa. Marina. (2020). Implementasi Pembiayaan Murabahah pada Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Kota Pekanbaru. Costing: Journal of Economic, Business Accounting, 3(2), 356-364.
Melina, Ficha. (2020). Pembiayaan Murabahah Di Baitul Maal Wat Tamwil (BMT). Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 3(2), 269-280.
Nasution, L. M. (2017). Statistik Deskriptif. Hikmah, 14(1), 49-55.
Purwanti, Hari &Yuliati Anik. (2022). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Keuangan UMKM Di Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 6(3), 1-14.
Sa’diyah, Mahmudatus & Arifin Meuthiya Athifa. (2014). Pengembangan Produk-Produk Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Equilibrium, 2(1), 157-173.
Salsyaf, Ahmadi. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Anggota Produk Tabungan Umum Syariah Di Ksps Bmt Ugt Sidogiri Capem Banyuputih Situbondo. Dinar: Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 6(2), 79-95.
Setyowati, R., Heradhyaksa, B., & Wekke, I. S. (2019). Sharia compliance in the islamic banking percepetion in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(2), 1608–1620.
Shofwa, Yoiz. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Religiusitas Terhadap Keputusan Nasabah Produk Simpanan Pada BSM Cabang Purwokerto. Purwokerto: IAIN Purwokerto. Jurnal.
Siregar, A. S. (2020). Kepatuhan Syariah Aspek Bagi Hasil Perbankan Syariah. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (Sainteks).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Penerbit Alfabeta, Bandung.
Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sujono, Rusny Istiqomah & Wibowo, Febrian Wahyu. (2020). Marketing Mix Dan Tingkat Margin Dalam Pengambilan Keputusan Pembiayaan Pada Nasabah Bank Syariah. El Dinar: Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah, 8(1), 37-51.
Suryanto, Asep & Sa’adah Adah. (2019). Analisis Pengambilan Keputusan Nasabah Pembiayaan Murabahah Pada BMT Daarut Tauhiid Bandung. Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 61-74.
Thohari, C., & Hakim, L. (2021). Peran Religiusitas Sebagai Variabel Moderating Pembelajaran Perbankan Syariah, Literasi Keuangan Syariah, Product Knowledge Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 9(1), 46–57.
Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Umami Risya, & Nurodin Idang. (2017). Pengaruh Transparansi Dan Akuntabilitas Terhadap Pengelolaan Keuangan Desa. Jurnal Ilmian Ilmu Ekonomi, 6(11), 74-80.
Vanni, Kartika Marella & Wijayanti Riska. (2020). Comparative Study of Development and Performance Evaluation Sharia Microfinance Institutions in Indonesia. Journal of Islamic Finance and Banking, 2(2), 1 20.
Viranda, J. A. (2019). Pengaruh Transparansi Dan Akuntabilitas Terhadap Efektivitas Program Pembangunan Desa Dengan Partisipasi Masyarakat Sebagai Variabel Intervening Pada Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin. In Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Walidah, Ziana Nurul & Lik Anah. (2020). Pengaruh Akuntabilitas Lembaga dan Transparansi Laporan Keuangan Terhadap Kepercayaan Donatur Lembaga Amil Zakat Ummur Quro (Laz-Uq) Jombang. Journal of Finance and Accounting Studies, 2 (2), 90-104.
Yunus, Ayu Ruqayyah, Abdul Wahab, & Mochammad Fadhil Abdullah. (2023). Audit Opinion, Transparency And Accountability Towards Interest In Paying Zakat Awareness As An Intervening Variable. Laa Maisyir Jurnal Ekonomi Islam. 10(1), 1-16

Published

2025-04-29

Issue

Section

Artikel