JAMALUDDIN AL-AFGHANI (PAN-ISLAMISME DAN IDE LAINNYA)

  • Ibrahim Nasbi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Jamaluddin al-Afghani (1838-1897 M) adalah salah seorang tokoh pembaru yang paling brilian dan pionir dalam menjawab tantangan Islam terhadap modernitas. Konsep-konsep pembaruan Afghani adalah Konsep-konsep pembaruan al-Afghani ialah; Pertama, musuh utama adalah penjajahan Barat yang merupakan kelanjutan dari perang salib; Kedua, umat Islam harus menentang penjajahan di mana dan kapan saja; Ketiga, untuk mencapai tujuan itu, umat Islam harus bersatu atau Pan-Islamisme. Pan-Islamisme merupakan ide pembaruan al-Afghani dalam bidang politik. Ide ini mengajarkan agar semua umat Islam seluruh dunia bersatu, untuk membebaskan mereka dari perbudakan asing. Bersatu bukan berarti leburnya kerajaan-kerajaan Islam menjadi satu, tapi mereka harus mempunyai satu pandangan hidup. Dalam pengertian yang luas, Pan-Islamisme berarti solidaritas antara seluruh muslim di dunia internasional. Tema perjuangan yang terus dikobarkan oleh al-Afghani dalam kesempatan apa saja adalah semangat melawan kolonialiasme dengan berpegang kepada tema-tema ajaran Islam sebagai stimulannya. Selain itu, beliau juga mengobarkan semangat untuk kembali ke teologi sunnatullah dengan pemikiran rasional, filosofis dan ilmiah guna mengejar ketertinggalan dari Barat.

References

Nasution, Harun., Pembaharuan Dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan Jakarta: Bulan Bintang, 1992.

Nasution, Harun., Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran Cet. IV; Bandung: Mizan, 1996

Mudzhar, Antho., Pendekatan Sejarah Islam dalam Teori dan Praktek Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.

Sani, Abdul., Lintasan Sejarah Pemikiran: Perkembangan Modern dalam Islam, Ed. I; Cet. I; Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 1998.

Ahmad, Jamil., Hundred Great Muslims diterjemahkan oleh Putaka Furdaus dengan judul, Seratus Tokoh Muslim yang Terkemuka Jakarta: Pustaka Firdaus, 1996.

Tim Penyusun, Ensiklopedia Islam, Jilid II Jakarta: Ichtiar Baru, 1999.

Glasse, Cyrill., The Consire Encyclopedia Islam diterjemahkan oleh Ghufran A. Mas’adi dengan judul: Ensiklopedi Islam (Ringkas) Jakarta: Rajawali Press, 1996.

Madjid, Nurcholish (Ed), Khazanah Intelektual Islam Jakarta: Bulan Bintang, 1994.

., Kaki Langit Peradaban Cet. I; Jakarta: Paramadina, 1997.

Asmuni, M. Yusran., Aliran Modern Dalam Islam: Mengenal Pokok-Pokok Pemikiran Para Pmukanya Surabaya: al-Ikhlas, 1982.

Stoddard, L., The New World of Islam, diterjemahkan oleh Sidi Gazalba dkk. dengan judul: Dunia Baru Islam Jakarta: tp, 1996.

Gibb, H.A.R., Modern Trends in Islam, diterjemahkan oleh Machnun Husein dengan judul: Aliran-Aliran Modern dalam Islam Cet. V; Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1995.

Hoesin, Oemar Amin., Filsafat Islam Cet. III; Jakarta: Bulan Bintang, 1975.

Munthoha … (et.al), Pemikiran dan Peradaban Islam Cet. I; Yogyakarta: UII-Press, 1998.

Muthahhari, Murtadha., Gerakan Islam Abad XX (terjemahan) Jakarta: Rineka Cipta, 1986.

Nasution, Harun., Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran Cet. IV; Bandung: Mizan, 1996.

Ali, A. Mukti., Alam Pikiran Islam Modern di India dan Pakistan Cet. IV; Bandung: Mizan, 1998.

Hamka, Jamaluddin al-Afghani Jakarta: Bulan Bintang, 1970.

Shihab, Alwi., Islam Mistik, Islam Pertama dan Pengaruhnya Hingga Kini di Indonesia Bandung: Mizan, 2001.

Published
2019-04-20
How to Cite
Nasbi, I. (2019). JAMALUDDIN AL-AFGHANI (PAN-ISLAMISME DAN IDE LAINNYA). Jurnal Diskursus Islam, 7(1), 70-79. https://doi.org/10.24252/jdi.v7i1.9805
Section
Artikel
Abstract viewed = 146216 times