Akurasi arah kiblat Masjid di desa batumalonro kecamatan biringbulu Kabupaten gowa perspektif ilmu falak

  • Nur Qalbi Indrayani Qalbi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Irfan Irfan

Abstract

Pokok masalah dari penelitian ini adalah bagaimana akurasi arah kiblat Masjid di Desa Batumalonro Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa ? pokok masalah tersebut kemudian dibagi kedalam beberapa rumusan masalah yaitu: 1) Metode apa yang digunakan dalam penentuan arah kiblat Masjid di Desa Batumalonro Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa?, 2) Bagaimana tingkat keakurasian arah kiblat Masjid di Desa Batumalonro Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa?.
Penelitian ini merupakan penelitian (field Risearch) kualitatif, dengan menggunakan pendekatan syar’i, sosiologis dan astronomis. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di Masjid Jami’ Darussalam, Masjid makbul Madqam dan masjid nurul qadim di Desa Batumalonro Kecamatn Biringbulu Kabupaten Gowa, sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah diperoleh dari buku, jurnal,skripsi dan tulisan ilmiah yang berkaitan dengan objek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam pengolahan data, pada penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan, yaitu: peringkasan data (reduksi), penyajian data, penyimpulan dan verifikasi, dan kesimpulan akhir.
Metode yang digunakan dalam menentukan arah kiblat Masjid jami’ Darussalam, masjid makbul madqam dan masjid nurul qadim di Desa Batumalonro Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa menggunakan metode kompas. Berdasarkan hasil uji akurasi yang dilakukan oleh peneliti dalam penelitian ini menggunakan tujuh metode yaitu perhitungan manual, tongkat Istiwa’, kiblat tracker berbasis software sun compass, kiblat tracker berbasis software star walk, busur kiblat, google earth dan dioptra maka di dapatkan arah kiblat masjid jami' Darussalam 300°, masjid Babul Madqam 310° dan masjid nurul qadim 277°, sedangkan dari hasil pengukuran terkait tingkat keakurasian Masjid Jami’ Darussalam, masjid Babul madqam dan masjid nurul qadim di Desa Batumalonro Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa, mendapatkan kemelencengan masjid jami' Darussalam 8º ke utara, masjid makbul madqam 18° ke Utara dan masjid nurul qadim 15° ke selatan
Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Diharapkan kepada pemerintah Kabupaten Gowa, untuk melakukan uji akurasi arah kiblat masjid, 2) Diharapkan kepada pengurus masjid untuk lebih memperhatikan lagi arah kiblat masjid, 3) Diharapkan kepada praktisi yang berkompeten dalam bidang ilmu falak untuk turun langsung sosialisasi ke masyarakat terkait arah kiblat.

Author Biography

Nur Qalbi Indrayani Qalbi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Ilmu Falak
Published
2021-11-26
How to Cite
Qalbi, N. Q. I., & Irfan, I. (2021). Akurasi arah kiblat Masjid di desa batumalonro kecamatan biringbulu Kabupaten gowa perspektif ilmu falak. HISABUNA: Jurnal Ilmu Falak, 2(3), 33-48. https://doi.org/10.24252/hisabuna.v2i3.17166
Abstract viewed = 240 times