Sistem Informasi Pengelolaan Pariwisata "SIPETA"
DOI:
https://doi.org/10.24252/insypro.v4i2.9649Abstract
Kabupaten Pekalongan memiliki potensi pariwisata yang luar biasa. Ada lebih dari 30 destinasi wisata dengan skala kunjungan lokal dan internasional. Kondisi saat ini, pengelolaan pariwisata di Kabupaten Pekalongan masih dilakukan secara konvensional. Meskipun jarak tempuh jauh, rekap data dari setiap objek wisata harus diantarkan langsung ke kantor Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata sehingga, sering mengalami keterlambatan. Selain itu, publikasi pariwisata masih menggunakan media brosur dan tidak ada sumber informasi pariwisata yang lengkap dan akurat yang dapat diakses oleh masyarakat umum. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem informasi berbasis web untuk pengelolaan dan meningkatkan publikasi pariwisata di Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak waterfall, yang terdiri dari empat tahap, yakni tahap analysis (analisis), design (desain), code (pengkodean) dan test (pengujian). Sistem dibuat menggunakan text editor visual studio code dengan bahasa pemrograman PHP, framework CodeIgniter dan Bootstrap, serta database MySQL. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi berbasis web untuk pengelolaan dan publikasi pariwisata di Kabupaten Pekalongan. Berdasarkan hasil uji black-box, sistem yang dibuat memiliki fungsionalitas sesuai dengan apa yang diharapkan. Sistem memiliki fitur kelola data wisata dan permohonan bantuan yang diajukan oleh pengelola wisata kepada Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata. Sistem juga menyajikan informasi wisata secara lengkap dan akurat. Berdasarkan hasil uji tingkat penerimaan calon pengguna dengan metode SUS, sistem mendapat skor 76,29 yang berarti sistem dapat diterima dan masuk dalam kategori good-excellent.
References
Brooke, J. (1996). SUS—a quick and dirty usability scale. 1996. Usability Evaluation in Industry, 189(194), 4–7. https://doi.org/10.1002/hbm.20701
Brooke, J. (2013). SUS: A Retrospective. Journal of Usability Studies, 8(2), 29–40. https://doi.org/10.1016/j.eururo.2011.07.008
Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pekalongan. (2019). Statistik Kunjungan Wisata Tahun 2016-2018. Kabupaten Pekalongan: Penulis.
Janga, A. U., Darsono, J. T., & Respati, H. (2017). Pusat Informasi Pariwisata Kabupaten Sumba Tengah Berbasis Website. Jurnal Pariwisata Pesona, 2(01). https://doi.org/10.26905/jpp.v2i1.1251
Milzan, F., Kridalukmana, R., & Windasari, I. P. (2016). Sistem Informasi Geografis Tour Dan Travel Berbasis Android Di Kabupaten Tegal. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 4(2), 276. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.4.2.2016.276-281
Muslih, D. A., Kridalukmana, R., & Martono, K. T. (2017). Perancangan Aplikasi Panduan Pariwisata Kota Tasikmalaya pada Perangkat Bergerak Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.5.1.2017.1-6
Pressman, R. S. (2001). Software Engineering: A Practitioner’s Approach (5th ed.). New York: McGraw-Hill.
Pressman, R. S. (2010). Software Engineering: A Practitioner’s Approach (7th ed.). New York: McGraw-Hill. https://doi.org/10.1145/1226816.1226822
Rosmalia, D., Dewi, E. P., & Maspiyanti, F. (2018). Planning of Keraton Cultural Tourism in Cirebon, Indonesia Based on Graphical User Interface (GUI). E3S Web of Conferences, 65, 01006.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Each article is copyrighted © by its author(s) and is published under license from the author(s).
When a paper is accepted for publication, authors will be requested to agree with the Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 4.0 Netherlands License.