PENGELOLAAN SDI BERBASIS MAQASHID SYARIAH DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA

Authors

  • Rizal Ancu Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muhammad Wahyuddin Abdullah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24252/iqtishaduna.v6i4.58413

Abstract

Abstrak

Penelitian ini membahas pengelolaan Sumber Daya Insani (SDI) berbasis maqāṣid syarīʿah sebagai strategi untuk meningkatkan etos kerja tenaga pendidik di lembaga pendidikan Islam. Pendekatan maqāṣid mencakup lima aspek utama: menjaga agama (ḥifẓ al-din), jiwa (ḥifẓ al-nafs), akal (ḥifẓ al-‘aql), keturunan (ḥifẓ al-nasl), dan harta (ḥifẓ al-mal). Melalui pendekatan ini, pengelolaan tenaga pendidik dilakukan secara lebih holistik, dengan memperhatikan dimensi spiritual, emosional, dan kesejahteraan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip maqaṣid syari’ah mampu meningkatkan motivasi, loyalitas, serta profesionalisme guru secara signifikan, sehingga berdampak positif terhadap mutu pembelajaran dan keberlangsungan pendidikan Islam yang berkualitas.

Kata Kunci: SDI, Maqaṣid Syariah, Etos Kerja, Tenaga Pendidik, Pendidikan Islam

 

Abstract

This study discusses the management of Human Resources (HR) based on maqāṣid syarīʿah as a strategy to enhance educators’ work ethic in Islamic educational institutions. The maqaṣid framework includes five main principles: protection of religion (ḥifẓ al-din), life (ḥifẓ al-nafs), intellect (ḥifẓ al-‘aql), lineage (ḥifẓ al-nasl), and wealth (ḥifẓ al-mal). This approach promotes a holistic HR management model by considering the spiritual, emotional, and material well-being of teachers. The findings indicate that implementing these principles significantly improves educators’ motivation, loyalty, and professionalism, thereby contributing to the quality and sustainability of Islamic education.

Keywords: Human Resources, Maqaṣid Syari’ah, Work Ethic, Educators, Islamic Education

Downloads

Published

2025-07-22

Issue

Section

Volume 6 Nomor 4 Juli 2025