STUDI FENOMENOLOGI PENGELOLAAN KEUANGAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS KUTTAB DI KOTA MAKASSAR

  • Farid Fajrin
  • Della Fadhilatunisa
  • Suhartono Suhartono
  • Roby Aditiya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang komprehensif terkait pengelolaan keuangan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pertanggungjawaban pada lembaga pendidikan berbasis kuttab di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan yang dilakukan oleh ketiga kuttab yang menjadi objek penelitian khususnya Kuttab Imam Malik dan Kuttab Al Faruq masih sangat sederhana ditandai dengan tidak adanya semacam RAPBS yang disusun tiap tahun yang menjadi acuan dalam pelaksanaan kegiatan. Adapun Kuttab Al Fatih telah menerapkan perencanaan dengan cukup baik dengan adanya forum penyusunan anggaran yang sifatnya formal melalui rapat kerja. Selanjutnya pelaksanaan keuangan penelitian yang meliputi pengelolaan sumber pendanaan masih berfokus pada pendanaan dari iuran santri adapun sumber-sumber lainnya belum bisa dimaksimalkan. Adapun evaluasi keuangam juga belum maksimal belum memiliki standar baku yang jelas serta pertanggungjawaban masih dalam ranah internal.

Kata Kunci : Pengelolaan Keuangan, Lembaga Pendidikan, Kuttab

This study aims to provide a comprehensive picture related to financial management consisting of planning, implementation, evaluation, and accountability in kuttab-based educational institutions in Makassar City. This research uses a qualitative approach with a phenomenological study method. The results showed that the planning carried out by the three kuttabs that became the object of research, especially the Kuttab Imam Malik and the Kuttab Al Faruq was still very simple, marked by the absence of a kind of RAPBS compiled every year which became a reference in the implementation of activities. Meanwhile, Kuttab Al Fatih has implemented planning quite well with the existence of a formal budgeting forum through work meetings. Furthermore, the implementation of research finance which includes the management of funding sources is still focused on funding from student fees while other sources cannot be maximized. The financial evaluation is also not maximized, does not have clear standards and accountability is still in the internal realm.

Keywords : Financial Management, Educational Institutions, Kuttab

References

DAFTAR PUSTAKA

Affandi, M.Arief. 2020. Kuttab Dan Institusi Pendidikan Islam Pra-Lahirnya Sistem Madrasah. Jurnal Taujih: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 13 No. 02 pg 40-60

Amstrong, Michael. 2004. Performance Management (terj. Toni Setiawan). Yogyakarta: Tugu Publisher.

Arifin, Zainal. 2014. “Pertanggungjawaban Keuangan Pondok Pesantren: Studi pada Yayasan Nazhatut Thullab”. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol. 3 No. 11. STIESIA Surabaya

Baharuddin dan Moh. Makin. 2010. Manajemen Pendidikan Islam: Transformasi Menuju Sekolah/Madrasah Unggul. Malang: UIN Press.

Daryanto. 2013. Administrasi dan Manajemen Sekolah, Cet.1. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Effendi, Ek., Mochtar. 1986. Manajemen Suatu Pendekatan Berdasarkan Ajaran Islam. Jakarta: Bhatara Karya Aksara.

Fahrurrozi. 2012. “Manajemen Keuangan Madrasah” Jurnal Pendidikan Islam Vol. XVII No. 2 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Fattah, Nanang. 2004. Konsep dan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung: CV. Pustaka Bani Quraisy.

Huriyah, Lilik. 2014. Manajemen Keuangan: Optimalisasi Pengelolaan Keuangan di Lembaga Penddikan Islam. Surabaya: UINSA Pers.

Ludigdo, Unti. 2007. Paradoks Etika Akuntan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Makdisi, George. 1981. The Rise of Colleges: Institution of Learning in Islam and The West. Edinburg: Edinburg University Press

Minarti, Sri. 2011. Manajemen Sekolah Pengelolaan Lembaga Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Moleong, Lexy J.2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rodsa Karya

Mubin, Nor. 2018. “Integritas Dan Akuntabilitas Dalam Pengelolaan Keuangan Sekolah/Madrasah” Jurnal Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Vol. 14 No.2 STAIDA Gresik

Mudjiyanto, Bambang dan N, Kenda.2011. Metode Fenomenologi Sebagai Salah Satu Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Komunikologi. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Public.

Mulyasa, E. 2008. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosdakarya.

Muspiroh, Novianti. 2019. Kuttab Sebagai Pendidikan Dasar Islam dan Peletak Dasar Literasi. Tamaddun: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam Vol. 7 No. 1 IAIN Syekh Nurjati Cirebon

R. Werang, Basilius. 2015. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.

Sofanuddin, Aji. dkk. 2019. Kuttab: Diawasi Atau Diadopsi. Policy Brief

Sulistyorini, 2009. Manajemen Pendidikan Islam (Konsep, Strategi, dan Aplikasi). Yogyakarta: Teras.

Susiana dkk. 2016. Pola Pengelolaan Pembiayaan Madrasah Ibtidaiyah Swasta (Studi Kasus di MIS Al-Jihad Sunggal Kabupaten Deli Serdang). Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia Vol.8, No.1.

Syalabi Ahmad. 1973. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang

Syukur, Fatah. 2011. Manajemen Pendidikan (Berbasis pada Madrasah). Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Triyuwono, Iwan. 2009. Perspektif, metodologi, dan Teori Akuntansi Syariah. Rajawali Pers. Jakarta.

Undang-Undang RI. No 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS. 2011. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zahro, Aminatul. 2014. Total Quality Management (Teori & Praktik Manajemen untuk Mendongkrak Mutu Pendidikan). Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Zuhairi, dkk. 1991. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Published
2021-08-21
Section
Vol 7, No. 2
Abstract viewed = 90 times