THE ROLE OF ISLAMIC THEOLOGY TEACHERS IN BUILDING CLASS CLIMATE IN STUDENTS SIKKA FLORES REGENCY, EAST NUSA TENGGARA

  • Syahrul Syahrul UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Salahuddin Salahuddin UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muh. Rapi UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

This article discusses the role of Theology Teachers in Building a Classroom Climate for Students at Mts Nur Muhammad Pemana, Sikka Flores Regency, NTT. This article uses a qualitative research methodology with a focus on research (Field Research) in obtaining documents related to this issue and using multiple sites. Teachers have a very big role in creating a conducive classroom climate, so teacher competence is needed. A good classroom climate will describe demonstrations, where the teacher's behavior is more active in creating a conducive classroom climate. where a teacher provides opportunities for optimal learning achievement. Students who live in a pleasant classroom atmosphere are expected to be able to produce better performance when compared to children who live in an unpleasant classroom atmosphere. The author has come to the conclusion that the role of the moral theology teacher of class VIII MTs Nur Muhammad starting from the role of class management is both from students and the state of the classroom environment before the lesson begins, then after that hold a little dialogue or story with the aim of conditioning students to learn.

Author Biography

Syahrul Syahrul, UIN Alauddin Makassar
Submit jurnal

References

Abu Hamid Al-Ghazali, Al-Imam. Mengobati Penyakit Hati Membentuk Theology Mulia, Terj.Muhammad Al-Baqir. Bandung: Mizan, 2014.

Afrizal. Manajemen Kelas. Pekanbaru: Kreasi Edukasi, 2014.

Akhyak. Profil Pendidikan Sukses. Surabaya: Elkaf, 2005.

Arif, Arifuddin. Pengantar Pendidikan Ilmu Islam. Jakarta: Kultur, 2008.

Ardy Wiyani, Novan. Manajemen Kelas Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif .Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Azhar,Khoirul. “Studi Analisis Upaya Guru Theology Theology dalam Upaya Mengembangkan Potensi Nilai Moral Peserta Didik di MI Demak”, Jurnal At-Tha’dib Vol.10 No.2, 2017, h. 78

Bahri Djamarah Syaiful. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukati, Cet. 3. Jakrta:PT, RINEKA CIPTA, 2005.

Bandiah, Siti, “Peran Guru IslamicTheology dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moralitas Siswa SMP Aisyiyah Curup”, Saliha 3, no. 2 (2020).

Bin Ibrahim Al Hamad, Muhammad. Theology-theology Buruk: Fenomena sebab-sebab terjadinya dan cara penobatannya. Bogor: Pustaka Darul Ilmi. 2007.

C. Bogdan, Robert dan Sari Knopp Biklen. Qualitative Research for Education An Introduction to Theory and Methods. Boston;Aliyn and Bocon. Inc.1998), 123

Daradjat, Zakiah. Islam untuk Disiplin Ilmu Pendidikan. Cet. I; Jakarta: Bulan bintang, 1987.

Djamarah Syaiful, Bahri. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukati, Cet. 3. Jakrta:PT, RINEKA CIPTA, 2005.

E Mulyasa. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

E.Mulyasa. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Emirita, “Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Theology dan Kedisiplinan Siswa di SDIT Insan Robbani Lampung Utara”. Tesis. Lampung: UIN Raden Intan, 2017.

Fidiyanti, Nurul, Khoirul Asfiyak, dan Devi Wahyu Ertanti “Upaya Guru IslamicTheology dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di MI Ma’arif Penanggungan”, JPMI 1, no. 3 (2019),

Galela, Simin. Efektifitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Theology Mulia Peserta Didik di SMA Gumpi Salawati Kabupaten Sorong, Tesis. Makassar: UIN Alaudin Makassar, 2012.

Hasibuan, JJ dan Moedjiono, Proses Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Juni Priansa,Donni. dan Agus Garnida. Manajemen Perkantoran Efektif, Efisien, dan Profesional, Bandung: Alfabeta, 2013.

Kasim, Mohammad. “Guru dalam Perspektif Islam”, Tadris 3, no. 1 (2008): h. 46

Kasiram, Moh. Metodologi PenelitianKualitatif- Kuantitatif. Malang, UIN-Malang Prees, 2008.

Kementian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Semarang: CV Toha Putra, 2008.

Langgulung, Hasan. Kreativitas dan Pendidikan Islam; Analisis Psikologi dan dan Falsafah. Jakarta: Pustaka 1-Husna, 1991.

M. Ali Hasan. Tuntunan Akhlak. Jakarta : Bulan Bintang, 1982.

Mahmud, Ali Abdul Halim. Akhlak Mulia. Jakarta: Gene Insana, 2004.

Mantja,W. Etnografi Desain Penelitian Kualitatif Pendidikan dan Manajemen Pendidikan . Malang:Winaka Media,2003.

Marzuki, Metodologi Riset. Yogyakarta:BPFE UII Yogyakarta. 2001.

Mas’ud, Abdurrahman. Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik. Yogyakarta: Gama Media, 2007.

Matodang, Husen Anwar. Al Islam: Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Citapusaka Media Perintis, 2009.

Michael Quinn, Patton. How To Use Methods in Evaluation. Terj. Budi Puspo Priyadi, Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta;Pustaka Pelajar.2006.

Miswar dkk. Akhlak Tasawuf membangun Karakter Islami. Medan: Perdana Publishing, 2015.

Moleong, Lexi. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Mudasir. Manajemen Kelas. Pekanbaru: Zanafa Publishing, 2011.

Muhadjir,Noeng. Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial; Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Serasin, 2000.

Muhtadi, Ali. Menciptakan Iklim Kelas yang Kondusif dan Berkualitas dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Ilmiyah Pembelajaran No.2 Vol.1 .2005.

Mukhtar dan Iskandar. Desain Pembelajaran Berhasil Teknologi dan Komunikasi, Jakarta: Gaung Persada (GP) Press, 2010.

Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Munandar, Utami. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineke Cipta, 1999.

Nata, Abuddin. Perspektif Islam tentang Hubungan Guru-Murid. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.

Nasution. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara,2007.

Nasution, Itto Neisya, dan Aulia Syaf, “Hubungan Iklim Kelas terhadap Motivasi Belajar SMK Abdurrab”, Psychopolytan 1, no. 2 (2018).

Nurlela, Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Aklak Peserta Didik di SMK Teknika Grafika Kartika Gading Rejo Kecamatan Gading Rejo Tahun Pelajaran 2017/2018. Tesis. Lampung: UIN Raden Intan, 2017.

Oetomo, Dede dalam Bagong Suyanto, Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana, 2007.

Poerwadarminto, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka, 1984.

Rahmi, Rafika, dan Rose Mini Agoes Salim, “Peran Pelibatan Diri Siswa sebagai Mediator dalam Hubungan Antara Iklim Kelas dengan Sikap Kreatif Siswa SD Sekolah Alam”, Jurnal Psikologi Undip 16, no. 1 (2016).

Rukamana, Ade dan Suryana. Pengelolaan Kelas. Bandung: UPI Press, 2006.

Ridla, Muhammad Jawwa. Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam; Perspektif Sosiologis-Filosofis, terj. Mahmud Arif. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002.

Salim. Peter, dan Yeni Salim, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Modern English Press, 1992.

Published
2021-12-09
Section
Artikel
Abstract viewed = 68 times