PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SDN MAWANG

Authors

  • Nurmi Nurmi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Safei Safei Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Muhammad Rusydi Rasyid Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24252/jipmi.v5i1.35814

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan flannel
terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri Centre
Mawang. Peneliti memilih masalah tersebut karena terdapat beberapa peserta didik
kelas I yang masih kesulitan dalam hal membaca. Penelitian ini merupakan penelitian
pre-eksperimental design jenis desain peneliatiannya adalah one-group pretest-posttest design.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas I SD Negeri Centre
Mawang yang berjumlah 104 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 16 peserta didik
dari kelas I D. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata
sebesar 49,75 dan hasil tersebut berada pada kategori rendah, dan nilai rata-rata peserta
didik setelah diterapkan media papan flanel sebesar 79,25, dan hasil tersebut berada
pada kategori tinggi. menunjukkan Tℎ?? = 13.282 lebih besar dari T????? = 2.145,
sehingga dapat disimpulkan bahwa media papan flanel efektif terhadap kemampuan
membaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri Centre Mawang.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Nurmi, N., Safei, S., & Rasyid, M. R. . (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SDN MAWANG. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 5(1), 56–61. https://doi.org/10.24252/jipmi.v5i1.35814

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)