ANALISIS EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI DI MI DARUL HIKMAH MAKASSAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas tentang analisis efektivitas impementasi budaya literasi di MI Darul Hikmah Makassar.Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui gambaran budaya literasi di programkan di MI Darul Hikmah Makassar, (2) untuk mengetahui bagaimana efektifitas budaya literasi di Implementasikan pada MI Darul hikmah Makassar, dan (3) untuk mengetahui apa kendala implementasi budaya literasi di MI Darul Hikmah Makassar. Dalam pelaksanaan penelitian ini, peneliti memilih jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan pedagogis, dan pendekatan sosiologis. Untuk memperoleh data, penulis melakukannya dengan teknik wawancara,
observasi, dan dokumentasi untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: gambaran efektivitas implementasi budaya literasi ditandai dengan adanya pembiayasan kegiatan membaca 15-20 menit diluar non-pelajaran. Disampin itudilihat dari sarana dan prasarana seperti fasilitas pendukung perpustakaan sangat tidak mendukung, sehingga peserta didik kurang berminat membaca buku, karena di perpustakaan itu tidak ada hal yang menarik yang dapat merangsang perhatian peserta didik untuk untuk mengunjungi perpustakaan. Solusi untuk mengatasi masalah efektivitas implementasi budaya literasi di MI Darul Hikmah Makassar antara lain: membuat ruang khusus perpustakaan, pengadaan buku dan pojok baca.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.