ANALISIS PEMBIASAAN BUDAYA LITERASI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MODERATPESERTA DIDIK KELAS V

Main Article Content

M. Suwanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembentukan karakter moderat siswa melalui pembiasaan budaya literasi di kelas V. Di era sekarang moral yang diliki oleh kalangan muda semakin mengalami kemunduran, tak terkecuali kriis moral pada anaknusia sekolah dasar. Anak usia sekolah dasar saat ini sudah mulai mengenal tindakan bullying terhadap teman sebayanya. Hal inilah yang harus menjadi perhatian khusus bagi sekolah intuk menumbuhkan karakter moderatpada diri siswa. Pendekatan dalam Penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data di peroleh dari Peneliti sebagai
instrumen utama, yakni dari (wawancara, observasi, dokumentasi). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan literasi di SD Negeri 1 Kuwaron dilaksanakan setiap hari diawal pembelajaran jam pertama. Melalui kegiatan literasi ini dapat dijadikan jembatan untuk menumbuhkan karakter positif siswa terutama karakter moderat. Pembiasaan budaya liiterasi dilakukan selama 10 menit diawal pembelajaran yang dilakukan setiap harinya. Pembiasaan budaya literasi berpengaruh terhadap pembentukan karakter moderat peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Kuwaron, karakter moderat yang ditunjukkan berdasarkan
pembiasaan budaya literasi yang sudah dijalankan yaitu peserta didik memiliki karakter saling tolong menolong satu dengan yang lainnya, saling peduli terhadap sesama teman, bertindak bijaksana, tidak saling mengolok-olok, tidak memaksakan kehendak satu dengan yang lain serta saling menasehati dalam hal kebaikan.

Article Details

How to Cite
M. Suwanto. (2025). ANALISIS PEMBIASAAN BUDAYA LITERASI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MODERATPESERTA DIDIK KELAS V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 7(1), 77-85. https://doi.org/10.24252/jipmi.v7i1.55176
Section
Artikel