PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT BERVISI SETS PADA PEMBELAJARAN IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 27 BONTORAMBA KABUPATEN JENEPONTO

Authors

  • Nuraeni Nuraeni Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Misykat Malik Ibrahim Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Fajri Basam Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Mengembangkan bahan ajar handout bervisi SETS
(Science, Environment, Tecnology, and Society) pada pembelajaran IPA peserta didik kelas IV
SDN 27 Bontoramba Kabupaten Jeneponto. 2) Menganalisis tingkat kevalidan,
kepraktisan, keefektifan pengembangan bahan ajar handout bervisi SETS (Science,
Environment, Tecnology, and Society) pada pembelajaran IPA peserta didik kelas IV
SDN 27 Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan atau research and development (R&D) dengan desain penelitian
menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan &
Semmel yaitu: (1) tahap pendefinisian (define), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap
pengembangan (develop) dan (4) tahap penyebaran (disseminate). Adapun sumber data
penelitian ini adalah para ahli (ahli materi dan ahli media), guru wali kelas dan seluruh
peserta didik kelas IV berjumlah 12 orang, serta buku paket. Selanjutnya, metode
pengumpulan data dan instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, tes, dan
observasi. Lalu, teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis data
kevalidan, analisis data kepraktisan, dan analisis data keefektifan melalui rumus. Hasil
penelitian ini adalah: 1) Produk berupa bahan ajar handout bervisi SETS (Science,
Environment, Tecnology, and Society) dengan judul “Teori Gaya di Sekitar Kita” pada
pembelajaran IPA kelas IV. 2) Hasil uji validitas oleh para ahli (ahli materi dan ahli
media) diperoleh nilai rerata total 3,25 yang berada pada interval 2,5 ≤ V ≤ 3,5 dengan
kategori valid, hasil uji kepraktisan melalui respon guru dan peserta didik diperoleh nilai
persentase masing-masing 100%, yang berada pada interval 50-100% dengan kategori
layak/praktis, dan hasil keefektifan bahan ajar dilihat dari 3 aspek yaitu kemampuan
guru mengolah pembelajaran diperoleh nilai rerata total persentase sebesar 89,2%,
peserta didik dalam proses pembelajaran dieroleh nilai rerata total 87,9%, yang keduanya
berada pada interval 80-89% dengan kategori baik. Dan nilai rata-rata ketuntasan hasil
belajar peserta didik, diperoleh nilai persentase sebesar 92% yang berada pada interval
85-100% dengan kategori sangat tinggi. Kemudian, diperoleh nilai persentase 67% pada
kategori sangat tinggi dengan jumlah 8 peserta didik, 25% pada kategori tinggi dengan
jumlah 3 peserta didik, dan 8% pada kategori sedang dengan jumlah 1 peserta didik.
Berdasarkan uraian tersebut, maka bahan ajar handout bervisi SETS yang dikembangkan
valid, praktis, dan efektif digunakan.

Downloads

Published

2025-07-26

How to Cite

Nuraeni, N., Ibrahim, M. M., & Basam, F. (2025). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT BERVISI SETS PADA PEMBELAJARAN IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 27 BONTORAMBA KABUPATEN JENEPONTO. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 7(2). Retrieved from https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jipmi/article/view/60146

Issue

Section

Artikel