Manajemen Asuhan Kebidanan pada Ny “S” dengan Perimenopause di Puskesmas Bangkala Kec. Bangkala Kabupaten Jeneponto Tanggal 08 S/D 29 Desember 2020

  • Irdawati Sahir
  • Zelna Yuni Andryani
  • Firdayanti Firdayanti

Abstract

Pendahuluan Perimenopause merupakan masa peralihan antara sebelum menopause dan sesudah menopause.  Fase ini ditandai dengan siklus haid yang tidak teratur. Pada kebanyakan wanita siklus haidnya >38 hari, dan sisanya <18 hari (Lubis, 2016). Perimenopause dimulai sejak haid mulai tidak teratur dan adanya keluhan-keluhan berkisar diantara umur 45 tahun sampai 55 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan Asuhan Kebidanan Pada Ny“S” Dengan Perimenopause di Puskesmas Bangkala Kec. Bangkala Kabupaten Jeneponto Tanggal 08 Desember s/d 29 Desember 2020.

Metode Yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi kasus sesuai dengan diterapkan 7 Langkah Varney dan SOAP Kunjungan Rumah.

Hasil Penelitian studi kasus dengan Manajemen Asuhan Kebidanan 7 Langkah Varney didapatkan hasil bahwa ibu perimenopause usia 50 tahun mengalami siklus menstruasi mulai tidak teratur. Dan dari hasil pemeriksaan didapatkan tidak ada pengeluaran darah pada genetalia. Penatalaksanaan perimenopause yaitu menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung fitoestrogen, periksa payudara sendiri (Sadari), menjaga personal hygiene/kebersihan, dan melakukan aktivitas fisik/olahraga.

Kesimpulan Dari penelitian ini adalah penatalaksanaan yang diberikan pada Ny”S” dengan perimenopause dapat dilakukan dengan baik sehingga tidak terjadi masalah potensial seperti hyperminorhea, stress, kanker payudara dan osteoporosis. Diharapkan bidan sebagai tenaga kesehatan mampu melakukan asuhan kepada ibu perimenopause untuk mencegah terjadinya masalah potensial/komplikasi.

References

Anies. 2006. Waspada Ancaman Penyakit Tidak Menular. PT Gramedia Jakarta.

Astutik, Reni Yuli. 2019. Program ‘Kuwat” Pada Wanita Menopause Oleh Kader Posyandu. CV Pustaka Abadi.

Desfita, Sri, dkk. 2020. Susu Fermentasi Kedelai Dan Madu Potensi Untuk Meningatkan Kesehatan Tulang Wanita Menopause. DEEPUBLISH (CV Budi Utama).

Fitriani dan Ayu Lestari. 2018. Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Kebutuhan Gizi Pada Masa Menopause. Jurnal Ilmiah Kesehatan Iqra, 6(2), 142-145.

Furqonita, Deswaty. 2007. Seri IPA Biologi 3 Smp Kelas IX. Quadra.

Hamidah dan Arimbi Kaniasih Putri. 2012. Hubungan Antara Penerimaan Diri Dengan Depresi Pada Wanita Perimenopause. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 1(2), 01-06.

Hendrik. 2006. Problem Haid Tinjauan Syariat Islam Dan Medis. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Jalilah, Nurul Hidayatun, dan Ruly Prapitasari. 2020. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Dan Keluarga Berenana. CV Adanu Abimata.

Mandang, Jenny, Freike Lumi, Naomy M. Tando dan Iyam Manueke. 2016. Kesehatan Reproduksi Dan Pelayanan Keluarga Beerencana (KB). Penerbit IN MEDIA.

Nurfajriah, S. 2017. Pengaruh Konseling Menopause oleh Bidan Konselor terhadap Pengetahuan tentang Menopause. Indonesian Midwifery Journal, 1(1), pp. 1–6.

Proverawati, A. 2010. Menopause dan Sindrom Pre Menopause. Nuha Medika.

Roshental, M.Sara. 2009. Revolusi Terapi Hormon Pendekatan Alami. B-First.

Ruswanti dan Betti Sri Wahyuni. 2018. Pengetahuan tentang Menopause dengan Tingkat Kecemasan pada Wanita Premenopause di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia, 8(3), 472-478.

Salim, Rosa Amanda. 2015. (Un) Complicated Perimenopause. PT Gramedis.

Suparni, Ita Eko, dan Reni Yudi Astutik. 2016. Menopause Masalah Dan Penanganannya. CV Budi Utama.

Wahid, Nabila. 2016. Hubungan Penggunaan Kontrasepsi Dengan Kejadian Menopause Pada Ibu Di Puskesmas Lau Maros. Jurnal Kebidanan Vokasional, 1(1), 62-66.

Wari, F. E. 2017. Kecemasan Ibu Dalam Menghadapi Perubahan Fisik Masa Menopause Di Desa Sambung Rejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Hospital Majapahit, 9(1), pp. 18–27.

Wijanarko, Jarot, dkk. 2020. Menjadi Seorang Istri. Keluarga Indonesia Bahagia.

Yulifah, Rita, dkk. 2014. Konsep Kebidanan Untuk Pendidikan Kebidanan. Salemba Medika.

Published
2021-10-22
Section
Artikel
Abstract viewed = 1429 times