Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan Kefarmasian di Klinik X
DOI:
https://doi.org/10.24252/jfuinam.v13i1.57605Abstract
Pendahuluan: Kepuasan pasien merupakan konsekuensi dari pelayanan kesehatan yang diterima setiap pasien dan berdampak signifikan terhadap kondisi kesehatan. Semua pasien rawat jalan yang berobat ke Klinik X harus benar-benar puas. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan bagi pasien rawat jalan Klinik X. Metode: Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kuantitatif cross sectional. Waktu penelitian dilakukan di pada bulan April-Mei tahun 2025. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat jalan di Klinik X dan untuk sampel berjumlah 30 responden. Penelitian ini menggunakan Teknik Probability Sampling dengan mengajukan pertanyaan tentang layanan yang diterima oleh pasien yang memenuhi lima kriteria berbeda yaitu kehadalan, daya tanggap, kepercayaan, empati dan bukti fisik. Hasil: Hasil analisis di ketahui responden merasa puas dengan pelayanan di Klinik X dengan presentse 71,12%. Berdasarkan aspek reliability, responden menjawab dimensi kehandalan 72 %, dari ketanggapan persentase 71,1%, dari dimensi kepercayaan responden 68,2%, dari aspek empaty responden menjawab 73,7 % dan aspek wujud, responden menjawab kepuasan 70,12%. Kesimpulan: Pelayanan kefarmasian di Klinik X pada pasien rawat jalan menunjukkan tingkat kepuasan yang baik terhadap pelayanan yang diberikan.
Kata Kunci : Kepuasan pasien, Pelayanan kesehaatan, Pasien rawat jalan