PENGARUH FOTOGRAFI JURNALISTIK TERHADAP MASYARAKAT PADA MEDIA ONLINE

  • Rahmah Tasya Ad'nisa Universitas Pendidikan Indonesia
    (ID)

Abstract

Melalui media online, masyarakat diberi kemudahan dalam pencarian informasi di mana saja mereka berada dan kapan saja mereka membutuhkannya. Foto jurnalistik mampu merekam sesuatu secara cepat, objektif, hingga mengandung berita dan informasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fotografi jurnalistik terhadap masyarakat pada media online, sehingga adanya evaluasi untuk para fotografer  jurnalistik. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengguna media online membutuhkan fotografi jurnalistik yang bersifat akurat, spesifik, ringkas dan lengkap sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Lalu sebuah foto jurnalistik harus memenuhi karakter foto jurnalistik sehingga nilai dari sebuah foto akan mencerminkan dirinya, sesuai ciri dan jenis foto jurnalistik itu sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Buku

Audy Mirza Alwi, (2016). Foto Jurnalistik Metode Memotret Dan Mengirim Foto Ke

Media Massa. Jakarta : Bumi Aksara.

Asep Syamsul M. Romli, (2012). Jurnalistik Online, Bandung: Nuansa Cendekia

Haris Sumadiria, (2011). Jurnalistik Indonesia Menulis Berita Dan Feature. Bandung:Simbiosa Rekatama Media, cetakan keempat

Rita, Gani, (2013). Jurnalistik Foto, Bandung: Simbiosa Rekatama Media cetakan

pertama.

Syaifuddin, Yunus. (2010). Jurnalistik Terapan. Bogor: Ghalia Indonesia.

B.Jurnal

CN. Rezkhi dkk (2018). Hubungan Pemanfaatan Website Fotografiana dengan Digital Information Fluency Mahasiswa pada Mata Kuliah Fotografi, Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.

DK, Neng dkk (2018). Hubungan Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dengan Kemampuan Literasi Media Di UPT Perpustakaan Itenas, Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.

Juliana, (2019). Respon Masyarakat Terhadap Postingan Foto Pada Media Instagram Makassar Info, Skripsi.

MH, Dian. (2017). Eksistensi Jurnalisme Di Era Media Sosial, Jurnal Jurnalisa.

Nurfajriah, Siti. Keefektifan Media Foto Jurnalistik Dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentatif, Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.

Nuriansyah, Fazar (2020). Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19, Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.

PN, Jaka (2014). Pesan Sosial Dalam Foto Jurnalistik, Jurnal Universitas Semarang.

Restianty, Ajani (2018) . Literasi Digital Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media, Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.

Sari ,Asmarita (2019). Penerapan Kode Etik Foto Jurnalistik Pada Berita Hukum Dan Kriminal Di Jambiupdate.Co, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Yovanda, Lukata(2018). Pengaruh Penyebaran Berita Di Media Online Terhadap Menurunnya Minat Baca Koran, Universitas Islam Negri (UIN) Raden Fatah Palembang.

C. Artikel

http://fotografi.upi.edu/home/6-keahlian-khusus/jurnalistik

https://pakarkomunikasi.com/fotografi-jurnalistik

https://rekreartive.com/pengertian-jurnalistik-dan-dasar-fotografi-jurnalistik/

https://p4tkpknips.kemdikbud.go.id/informasi/berita-lembaga/474-belajar-fotografi-jurnalistik-belajar-menyampaikan-pesan-melalui-foto

Published
2021-12-08
Section
Vol.7 No. 2, November 2021
Abstract viewed = 331 times