Penerapan Fungsi Media Online Dalam Penyebaran Informasi Covid-19

  • Qudratullah Qudratullah Institut Agama Islam Negeri Bone
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan fungsi media online dalam penyebaran informasi Covid-19. Beragam informasi kini telah dapat diakses dengan pilihan yang juga beragam. Dengan kemunculan media online atau yang sering pula disebut new media, media cetak bahkan meluncurkan pula media online. Kemudahan dalam menerima dan menyebarkan informasi secara luas dapat pula bedampak negatif dengan maraknya peneybaran  berita hoaks. Kemunculan berita hoaks dapat memicu konflik berkepanjangan dalam kelompok masyarakat. Penelitian ini bersifat kepustakaan dengan mengkaji media online yang menyebarluaskan informasi mengenai Covid-19. Data Data sekunder dari berbagai referensi dikumpulkan dengan teknik dokumentasi, yaitu dengan membaca, mempelajari dan mengkaji literatur yang memiliki kaitan dengan penelitian yang dilakukan.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi menyajikan informasi dapat dikatakan sebagai tujuan utama media hadir di tengah-tengah masyarakat. Berbagai macam informasi yang dibutuhkan masyarakat sebagai makhluk sosial yang setiap saat membutuhkan informasi sesuai dengan kepentingannya masing-masing. Media massa adalah sarana pendidikan bagi khalayak (mass education), karena banyak menyajikan hal-hal yang sifatnya mendidik. Salah satu cara mendidik yang dilakukan media massa adalah melalui pengajaran nilai, etika serta aturan-aturan yang berlaku kepada pemirsa atau pembaca. Media massa melakukannya melalui drama, cerita, diskusi, dan artikel. Fungsi memengaruhi dari media massa terdapat pada tajuk atau editorial, features, iklan artikel, dan sebagainya. Khalayak dapat terpengaruh oleh iklan-iklan yang ditayangkan televisi maupun surat kabar. Fungsi hiburan pada media elektronik menduduki posisi yang paling tinggi dibandingkan dengan fungsi-fungsi yang lain karena masyarakat kebanyakan menggunakan menggunakan televisi sebagai media hiburan. Kondisi kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi melalui internet memberikan peluang dan ranah baru bagi masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan, namun sangat rawan dengan penyebaran berita hoaks. Namun di sisi lain, salah satu media online yaitu Tribuntimur.com menunjukkan cara kerja media yang informatif meskipun melakukan kontruksi pada berita mengenai Covid-19 di Sulawesi Selatan dengan sudut pandang pemerintah. Selain itu, terjadi mengaburan pada beberapa fakta mengenai kasus Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianto, E, dkk. (2009). Komunikasi Massa; Suatu Pengantar. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.
Arif, Ahmad. (2010). Jurnalisme Bencana, Bencana Jurnalisme. Jakarta. Kepustakaan Popular Gramedia.
Burhan Bungi. (2008). Konstruksi Media Massa. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Boyd, Andrew. (2001). Broadcast Journalism: Techniques of Radio and Television News. 5 Ed. Melbourne. Focal Press.
Bucy, Erick P. (2002). Living in The Information Age: A Nee Media Reader. Canada. USA: Wadsworth Thomson Learning.
Dharmasaputra, Karaniya. (2011). Jurnalisme Online: Asal Seru dan Saru?. Jurnal Dewan Pers, Edisi .4.
Djuraid, Husnun N. (2006). Ekonomi Politik Penyiaran. Yogyakarta. LkiS.
Eriyanto. (2012). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKiS.
Halik, Abdul. (2013). Komunikasi Massa. Alauddin University Press.
K, Septiawan Santana. (2005). Jurnalisme Kontemporer. Jakarta. Yayasan Obor Indonesia.
McQuail, Denni. (2011). Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Jakarta. Erlangga.
Muhtadi, Asep Saiful. (1999). Jurnalistik Pendekatan Teori dan Praktek. Jakarta. Logos Wacana Ilmu.
Nazaruddin, Muzayin (2007). Jurnalisme Bencana: Sebuah Tinjauan Etis, Jurnal Komunikasi, Vol. 1 No. 2.
Nurudin, (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Romli, Asep Syamsul M. (2012). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung. Nuansa.
Schultz, Brad. (2005). Broadcast News Producing. London. Sage Publication.
Yuliana. (2020). Corona Virus Diseases (Covid-19); Sebuah Tinjuan Literatur. Wellnesd And Healthy Magazine. Vol. 2; No. 1.
Zed, Mestika. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan (Jakarta. Yayasan Obor Indonesia.
https://www.ribunnews.com/kesehatan/2020/01/26/viru-corona-jadi-trending-topic-twitter-kenali-gejala-dan-cara-pencegahannya (Diakses pada 7 April 2020)
https://www.lifestyle.kompas.com/read/2020/02/08/202842120/seberapa-mematikan-virus-corona?page=all (Diakses pada 12 Januari 2022)
https://tirto.id/update-corona-7-april-2020-jumlah-kasus-covid-19-di-dunia-13-juta-eLwK (Diakses pada 12 Januari 2022)
https://kominfo.go.id./index.php/content/detail/5421/Kemkoinfo%3A+Internet+Jadi+Referensi+Utama+Mengakses+Berita+dan+Informasi/0/berita_satker (Diakses pada 13 Januari 2022)
https://makassar.tribunnews.com/topic/corona-sulsesl-bertambah (diakses pada 12 Januari 2022)
Satu Pasien Covid-19 di Jeneponto Dinyatakan Sembuh, 19 Masih Terpapar - Tribun-timur.com (tribunnews.com) (Diakses pada 23 Februari 2022).
Ada 5 Kasus Aktif Covid-19 Wajo Jalani Isolasi, 4 di Tempe dan 1 di Maniangpajo - Tribun-timur.com (tribunnews.com) (Diakses pada 23 Februari 2022).
Danny Pomanto Bersyukur, Kasus Covid-19 Tinggi Tapi BOR Masih Aman - Tribun-timur.com (tribunnews.com) (Diakses pada 23 Februari 2022).
Published
2023-06-30
Section
Artikel
Abstract viewed = 334 times