Penerapan Model Pembelajaran Make A-Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Peserta Didik Sekolah Dasar

  • Atisah Atisah UPT SPF SDN 57 Kaca, Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penggunaan serta penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 57 Kaca Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng, tahun ajaran 2020/2021 semeseter I. Subjek penelitian adalah peserta didik SD kelas IV SDN 57 Kaca Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Indikator keberhasilan yakni peningkatan hasil belajar dari kurang baik menjadi baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode make a match, mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Nilai rata-rata pra siklus peserta didik hanya mencapai 63,68, namun setelah penerapan metode make a match dalam tema Aku Anak Shaleh, hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 57 Kaca mengalami peningkatan. Rata-rata nilai pada siklus 1 adalah 76,84, dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai peserta didik menjadi 89,47,  dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 89,63.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. (2012). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Fathurrahman, Pupuh, & Sutikno, S. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Gagne, R. M. (1977). The Conditions of Learning. New York: Holt, Renehart and Winston.

Kunandar. (2012) . Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.

Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Sardiman, A. M. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Pustaka Indonesia.

Suryabrata, S. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Published
2021-01-31
How to Cite
Atisah, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Make A-Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Peserta Didik Sekolah Dasar. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 108-115. https://doi.org/10.24252/khidmah.v1i1.23637
Section
Artikel
Abstract viewed = 626 times