Problem Based Business Development Through System Digitalization In Optimizing The Creative Economy

  • Helmina Yuliana Justi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syahrir Mallongi Universitas Muslim Indonesia
    (ID)
  • Wahyuddin Abdullah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Jamaluddin Universitas Cokroaminoto Makassar
    (ID)

Abstract

in press

References

Afifatur Rohimah. (2018). “Era Digitalisasi Media Pemasaran Online dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional “. KANAL (Jurnal Ilmu Komunikasi). Volume 6. Nomor 2. ISSN 2302-6790 (print), ISSN 2541-2841

Alisha,”Strategi Persaingan Bisnis Waralaba Berbasis Agama”

Aminah. (2017). “Maqasid Asy-Syariah Pengertian Dan Penerapan Dalam Ekonomi Islam”. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. Volume 3, Nomor 1

Arikunto, Suharsimi. (1998). Manajemen Penelitian. Cet. IV Jakarta: Rineka Cipta

Desi Safira & Alif Ilham Akbar. (2020). “Bisnis Jual Beli Online Dalam Perspektif Islam”, AL YASINI: Jurnal Hasil kajian dan Penelitian Dalam Bidang Keislaman Dan Pendidikan, Volume 5. Nomor 1. ISSN:2527-6603(E) 2527-3175(P)

Finny Redjeki dan Azhar Affandi. (2021). “Utilization of Digital Marketing for MSME Players as Value Creation for Costumers during the COVID 19 Pandemic”. International Journal of Science and Society. Volume 3. Nomor 1

Enoh. (2007).“Konsep Baik (Kebaikan) dan Buruk (Keburukan) dalam Al-Quran (Analisis Konseptual terhadap Ayat-ayat Al-Quran yang bertema Kebaikan dan Keburukan”, Jurnal MIMBAR, Volume 23. Nomor 1Januari-

Hasbiansyah, O. (2008). “Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktek Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi.”Mediator: Jurnal Komunikasi. Volume 9. Nomor 9

Ikhsan Hanif Fuadi. “Apa itu Digitalisasi dan Serta Perannya di Dunia Bisnis dan Industri Newsletter”, Newsletter Sasana Digital, https://sasanadigital.com/apa-itu-digitalisasi-serta-perannya-di-dunia-bisnis-dan-industri/, diakses tanggal 12 Januari 2022

Irfan Nursetiawan, Kiki Endah & Li Sujai. (2019). “Digitalisasi Produk Unggulan Desa Sukamaju Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis Berbasis QR Code Dan Facebook Marketplace”. Jurnal ABDIMAS GALUH. Volume 1. Nomor 1

Kadir, Syahruddin. (2019). ”Pengembangan Pengukuran Kinerja Dengan Maslahah Scorecard “. Ad-Deenar Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam .Volume 6. Nomor 1

Kasidi. (2020). “Tantangan Kewirausahaan di Era Ekonomi Digital”. Journal of Economic Education and Entrepreneurship. Volume 1. Nomor 1

Muhammad Rijalus Sholihin,Wahyu Arianto, Dina Fitri Khasanah. ”Keunggulan Sosisal Media Dalam Perkembangan Ekonomi Kreatif Era Digital Di Indonesia, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember

Rivai, M. Muchtar. (2012).” Pengaturan Waralaba Di Indonesia: Perspektif hukum Bisnis”. Jurnal Liquidity. Volume 1, Nomor 2

Rudy sofyan, dkk. (2021). “Pemanfaatan Digitalisasi Sebagai Media Pemasaran Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM)”. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE). Volume 1. Nomor 8. ISSN 2797-0760

Syahruddin Kadir, Muh. Wahyuddin Abdullah, Amiruddin Kadir. (2019). ”Analisis Pengukuran kinerja dengan pendekatan Maslahah SCORECARD”. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inpirasi. Volume 6. Nomor 1

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhendi. (2013). ”Pandangan Maqasid Syariah Dalam Mencapai Kesempurnaan Konsepsi Ekonomi Islam”, Jurnal Stie Syariah Bengkalis

Syauqi, Ahmad Thariq. “Startup sebagai Digitalisasi Ekonomi dan Dampaknya bagi Ekonomi Kreatif di Indonesia”. mcsyauqi.com.

Toto Sukartono, Dkk. (2021). “Era Digitalisasi Media Pemasaran Online Pengembangan Usaha Mikro Kecil”. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Volume 3. Nomor 1

Umamah Alisha. (2019) .“Strategi Persaingan Bisnis Waralaba Berbasis Agama”. Jurnal HUMAN FALAH. Volume 6. Nomor 1

Wawancara:

Aksan (30 Tahun), Owner, Wawancara, Palopo, 16 Juli 2022

Reski Wulandari, (30 Tahun), Owner, Wawancara, Palopo, 15 Juli 2022

Razak (27 Tahun), Owner, Wawancara, Palopo, 16 Juli 2022

Ulfiah Dimyati (27 Tahun), Costumer Qnc Laundry, Wawancara, Palopo, 16 Juli 2022

Andriani (30 Tahun), Costumer Goklat, Wawancara, Palopo, 15 Juli 2022

Sartika (30 Tahun), Costumer Kamsia Boba, Wawancara, Palopo, 15 Juli 2022
Published
2023-06-30
How to Cite
Yuliana Justi, H., Mallongi, S., Abdullah, W., & Jamaluddin. (2023). Problem Based Business Development Through System Digitalization In Optimizing The Creative Economy. LAA MAISYIR : Jurnal Ekonomi Islam, 10(1), 88-106. https://doi.org/10.24252/lamaisyir.v10i1.37437
Section
Artikel
Abstract viewed = 64 times