MANAJEMEN TENAGA KEPENDIDIKAN PAUD DI RA AL-IKHLAS BINAAN DHARMA WANITA KANWIL KEMENTERIAN AGAMA, PROVINSI SULAWESI SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.6925Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen tenaga kependidikan di RA Al-Ikhlas Binaan Dharma Wanita Kanwil Kementerian Agama, Provinsi Sulawesi Selatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru RA Al-Ikhlas yang berjumlah 7 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: 1) guru melakukan pengamatan terhadap tumbuh kembang anak secara bertahap; 2) guru melakukan konsultasi dengan kepala sekolah terhadap permasalahan yang dihadapi di dalam kelas; 3) memberikan perhatian dalam bentuk kasih sayang kepada anak didik; 4) guru mengenali kepribadian anak dengan baik; 5) guru memberi kesempatan kepada anak untuk bermain; 6) memiliki kepribadian yang ceria; 7) guru memiliki kemampuan berinteraksi dengan baik terhadap orang lain termasuk peserta didik.Downloads
References
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/2798&ved=2ahUKEwiiyomgxMnfAhVBgI8KHaEnCNoQFjAAegQIBRAB&usg=AOvVaw3x_DuZaBUyeUbwOGYE7dVK
Rusmiati, Rusi Aliyyah. (2017). Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jakarta Selatan: Polimedia Publishing.
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.researchgate.net/publication/326775111_Pengelolaan_Pendidik_dan_Tenaga_Kependidikan&ved=2ahUKEwiErLLCxMnfAhVCrY8KHVAxCDcQFjAAegQIBBAB&usg=AOvVaw2686ybCDIgoahxJbsnlFhO
Suyadi. (2017). Manajemen PAUD TPA-KB-TK/RA Mendirikan, Mengelola, dan Mengembangkan PAUD. Yogyakarta: Pustakapelajar
Triwianto, T. Manajemen Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Upaya Memperkuat Karakter Bangsa (Tanpa tahun).
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/04/Teguh-Triwiyanto-UM-Manajemen-Pendidik-Tenaga-Kependidikan-dan-Upaya-Memperkuat-Karakter-Bangsa.pdf&ved=2ahUKEwjH4t_wwsnfAhXMro8KHf5-A2wQFjABegQICBAB&usg=AOvVaw12R-OmgeujJbyetUE2p_2l
Usa Muslih. (2005). Guru dalam Undang-Undang No. 14/2005. JPI FIAI Jurusan Tarbiyah Volume XIII Tahun VIII Desember 2005: hl.13-14.
https://www.google.com/url?
sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.com/media/publications/69398-ID-guru-dalam-uu-no142005.pdf&ved=2ahUKEwilp6LMw8nfAhWDvo8KHfvMA5kQFjAAegQIAxAB&usg=AOvVaw0K8mLNUPcEFS2IdtgGb4s_
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).