PENGELOLAAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DI PAUD KEMALA BAYANGKARI

  • Wahyuni Ismail Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rauhun Rauhun Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Mutmainnah Mutmainnah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurwahilda Nurwahilda Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Misbawati Misbawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Uswatun Hasanah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen desain tata letak lingkungan indoor dan outdoor PAUD di TK Kemala Bhayangkari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi dengan subjek  penelitian satu seorang guru dan  kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Kemala Bhayangkari berusaha menciptakan (1) lingkungan psikis yang nyaman bagi anak, yaitu guru selalu berusaha memberikan pengawasan dan perhatiaan kepada anak didiknya. Misalnya ketika anak sedang berebut mainan, guru selalu untuk mendekati anak dan menenangkan anak dengan mengalihkan anak ke permainan yang lain. (2)  Lingkungan fisik yang mengutamakan prinsip keserasian, keindahan, keseimbangan, tata artistic, keamanan, nilai ekonomis dan kesatupaduan dalam manajemen desain lingkungan. Lingkungan fisik terdiri atas outdoor dan indoor. Lingkungan outdoor pada  lingkungan  belajar bukan hanya sebagai sarana untuk  bermain tetapi sebagai sarana bagi anak untuk mengeksplorasikan keinginannya. Pada  lingkungan indoor yang terdiri atas ruang kelas, ruang UKS, ruang bermain, ruang dapur dan toilet telah memenuhi beberapa prinsip pengelolaan desain lingkungan  pada  pendidikan  anak  usia dini .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Tabany, Triatno, Ibnu Badar (Ed). (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Fadliillah, M. (2017). Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Hidayatulloh, M. Agung. (2014). Lingkungan Menyenangkan dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Pemikiran Montessori. Nadwa : Jurnal Pendidikan Islam. 8 (1): 2-14.

Lailatu Rohmah. (2016). Komparasi Manajemen Desain Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini di TK Ceria Timoho dan RA Sahabat Berbah. Al-athfal: Jurnal Pendidikan Islam, 2 (2): 2-15.

Lalompoh, Cyrus T, Lalompoh, Kartini, Ester. (2017). Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Keagamaan Bagi Anak Usia Dini. Jakarta: PT Grasindo.

Mariyana, Rita., Nugraha, Ali, dan Rachmawati, Yeni. (2010). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Mushlih, Ahmad, dkk. (2018). Analisis Kebijakan PAUD Mengungkap Isu-Isu Menarik Seputar AUD. Semarang: Mangku Bumi.

Suharti. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi pada PAUD Negeri Pembina Curup dan PAUD Pertiwi Kabupaten Rejang Lebong). Tabdir Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 2 (1): 2-16.

Suyadi. (2017). Manajemen PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2019-12-30
How to Cite
Ismail, W., Rauhun, R., Mutmainnah, M., Nurwahilda, N., Misbawati, M., & Hasanah, U. (2019). PENGELOLAAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DI PAUD KEMALA BAYANGKARI. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(2), 121-128. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i2.11625
Section
Artikel
Abstract viewed = 3836 times