CAPAIAN DAN STIMULASI ASPEK PERKEMBANGAN AGAMA PADA ANAK USIA 5 TAHUN

  • M. Yusuf T Pusat Kajian Islam, Sains, dan Teknologi UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Eka Diah Safitri Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Siti Masnah Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Bahriatul Ibadiyah Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perkembangan agama anak pada usia 5 tahun berdasarkan standar tingkat perkembangannya serta merumuskan stimulasi yang tepat untuk memaksimalkan perkembangan itu berdasarkan teori perkembangan anak. Penelitian dilakukan   menggunakan   pendekatan   kualitatif   deskriptif   dengan   teknik   pengamatan terstruktur terhadap tiga orang anak yang dipilih berdasarkan kriteria, yaitu: (1) berusia 5 tahun; (2) bersedia menjadi subjek penelitian; (3) dapat dijangkau secara fisik. Dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara, instrumen disiapkan mengikuti rumusan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) PAUD dan dianalisis secara deskriptif-naratif. Hasilnya menunjukan bahwa berdasarkan STPPA, anak telah memenuhi capaian  perkembangan  pada  aspek  agama  pada  indikator:  (1)  mengenal  agama  yang dianutnya; (2) mengerjakan ibadah sederhana yang menjadi ajaran agama yang dianutnya; (3) mengetahui hari besar agamanya; dan (4) menghormati agama orang lain. Berdasarkan hasil penelitian pula ditemukan beberapa stimulasi yang dapat meningkatkan capaian aspek perkembangan agama pada anak usia 5 tahun, yaitu: (1) mendongeng di depan anak tentang kisah tokoh agama; (2) mengingatkan anak  untuk melakukan ibadah;  (3) memberi  anak contoh perbuatan yang baik; (4) memberi anak reward jika anak berperilaku positif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

M. Yusuf T, Pusat Kajian Islam, Sains, dan Teknologi UIN Alauddin Makassar
Department of Education
Eka Diah Safitri, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
3rd grade academic
Siti Masnah, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
3rd grade academic
Bahriatul Ibadiyah, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
3rd grade academy

References

Akbar, S. (2019). Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Bagi Anak Usia Dini. Bandung: PT Refika Aditama.

Alim, M. (2011). Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ananda, Rizki. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi:Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (1).

Bimo. (2013). Mahir Mendongeng: Membangun dan Mendidik Karakter Anak Melalui Cerita. Yogyakarta: Pro U Media.

Choiriyah, Amin. (2009). Pengembangan Keagamaan Pada Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Atfal. Skripsi. Yogyakarta: UIN Kalijaga.

Haryadi, Sugeng. (2003). Anak Kecil Harus di Latih Bagaimana Menyayangi Orang Lain. Buletin PAUD.

Irawan, Istadi. (2007). Melipatgandakan Kecerdasan Emosi Anak. Bekasi: Pustaka Inti.

Jumarids. (2005). Perkembangan Anak Usia Taman Knak-Kanak. Jakarta: Grasindo.

Khadijah. (2016). Pengembangan Keagamaan Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 4 (1).

Kurnia. (2015). Pengembangan Kemampuan Nilai-Nilai Agama dan Moral pada Anak. Bandung: PLB.

M, Fauziddin. (2016). Pembelajaran Agama Islam Melalui Bermain Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 2 (2).

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Masganti. (2014). Psikologi Agama. Medan: Perdana Publishing.

Megawangi. (2010). Pengembangan Program Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: PT Asdi Media.

Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Motivasi Belajar Kelompok-A Tk Islam Al-Azhar Surabaya. Jurnal BK Unesa, 4 (1).

Munir, Samsul. (2007). Menyiapkan Masa Depan Anak Secara Islami. Jakarta: Amzah.

Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim. (2006). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pusat Kurikulum Nasional. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi pada Anak Usia Dini. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Qowim, M. (2008). Metode Pengembangan Moral dan Agama. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Raharjo. (2012). Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Pada Anak. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rahmat, Jalaluddin. (2002). Psikologi Agama. Jakarta: PT Radja Persada.

Satibi, Hidayat.O. (2010). Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.

Shochib. (2010). Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: Rineka Cipta.

Sjarkawi. (2006). Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.

Suwaid, Hafizh., N. Y. (2006). Manhaj at-Tarbawiyah an Nabawiyah. Jakarta: Dar al- Mansurah

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published
2020-06-30
How to Cite
T, M. Y., Safitri, E. D., Masnah, S., & Ibadiyah, B. (2020). CAPAIAN DAN STIMULASI ASPEK PERKEMBANGAN AGAMA PADA ANAK USIA 5 TAHUN. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 49-60. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i1.14362
Section
Artikel
Abstract viewed = 2523 times