DETEKSI DINI PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

Authors

  • M. Yusuf Tahir Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Rismayani Rismayani Universitas Islam Negeri Makassar
  • Ika Dewi Sartika Universitas Islam Negeri Makassar
  • Andi Sitti Hartika Universitas Islam Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9225

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pencapaian anak usia 4-5 tahun berdasarkan standar pendidikan nasional PAUD dan melakukan deteksi dini terhadap hambatan pencapaian perkembangannya. Penelitian ini merupaan penelitian kualitatif jenis dekriptif dengan subjek penelitian tiga anak. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara dan beberapa rangkaian stimulus untuk mendukung munculnya respon pencapaian perkembangan yang hendak diukur yakni aspek nila agama-moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni. Data yang sudah terangkum dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek (Ak, Mf dan Pr) sudah mampu melaukan beberapa indikator pencapaian yang terdapat dari beberapa aspek perkembangan ana usia dini. Implikasi penelitian ini hendaknya diberikan stimulus secara simultan pada indikator yang belum tercapai. Pola asuh dan pemberian stimulus dari keluarga dan lingkungan sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

M. Yusuf Tahir, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Pendidikan Anak Usia Dini

Rismayani Rismayani, Universitas Islam Negeri Makassar

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Ika Dewi Sartika, Universitas Islam Negeri Makassar

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Andi Sitti Hartika, Universitas Islam Negeri Makassar

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

References

Chamida, A, N. (2009). Deteksi dini gangguan pertumbuhan da perkembangan anak. Jurnal pendidikan khusus, Vol 4, No 3. Universitas Negeri Yogyakarta. http://www.academia.edu/download/37343287/deteksi_dini_gangguan_tumbang.pdf

Desminata. (2015). Psikologi Perkembangan. Cet X; Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hakim, L, N. (2013). Ulasan metodoligi kualitatif: Wawancara terhadap elit. Jurnal Aspirasi, Vol. 4, No. 2 Desember. http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/501/397

Latif, M., Zubaidah, R., Afandi, M. & Zukhairina. (2016). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Musfah, Jejen. (2012). Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif. Jakarta: Kencana.

Nuraini. (2013). Peran Orang Tua dalam Penerapan Pendidikan Agama dan Moral Bagi Anak. Jurnal Muaddib, Vol 03 No 01 Januari-Juni. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Saat, Sulaiman. Mania, Sitti. (2018) Pengantar Metodologi Penelitian Panduan Bagi Peneliti Pemula. Makassar: Sibuku.
Sit, Masganti. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Sudirjo, Encep dan Alif, M. N. (2018). Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik Konsep Perkembangan dan Pertumbuhan Fisik dan Gerak Manusia. Jawa Barat: UPI Sumedang Press.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta. Kencana.

Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2019-06-28

How to Cite

Tahir, M. Y., Rismayani, R., Sartika, I. D., & Hartika, A. S. (2019). DETEKSI DINI PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 39–50. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9225

Issue

Section

Artikel