TINGKAT PENCAPAIAN PADA ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN BERDASARKAN STRANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

  • Umar Sulaiman UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nur Ardianti
    (ID)
  • Selviana Selviana
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pencapaian perkembangan anak usia 5-6 tahun berdasarkan Standar Pendidikan Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan melakukan deteksi dini terhadap hambatan pencapaian perkembangannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitiatif jenis deskriptif dengan subjek penelitian dua anak yang berusia 5 tahun dan usia 6 tahun. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara dan beberapa rangkaian stimulus untuk mendukung munculnya respon pencapaian perkembangan yang hendak diukur mulai aspek nilai agama-moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, sampai pada aspek seni. Data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kedua subjek masih ada beberapa indikator pencapaian yang belum dan lebih banyak yang sudah tercapai dari semua aspek perkembangan anak usia dini. Keberhasilan dari pencapaian standar tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini dapat disebabkan oleh pola asuh yang diberikan oleh orangtua kepada anak, pemberian stimulasi yang sesuai dengan tingkat usia dan perkembangan anak serta faktor-faktor pendukung yang bersumber dari lingkungan sekitar anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Umar Sulaiman, UIN Alauddin Makassar

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

UIN Alauddin Makassar

Nur Ardianti

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

UIN Alauddin Makassar

Selviana Selviana

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

UIN Alauddin Makassar

References

Amelia N., Ali, & Miranda. (2013). Peningkatan Aspek Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia 5-6 Tahuin TK Al-Ikhlas Ketapang.

Filtri H., Sembiring AK. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. Vol.1 No.2.

Harahap IS., (2017). Upaya meningkatkan perkembangan moral anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita di tk nurul ihsan ilmi medan tembung.

Intan Fazrin, Wildiana, Trianti, Baba, Amalia, & Smaut. (2018). Pendidikan Kesehatan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Pada Anak di Paud Lab School UNPGRI Kediri. Jurnal of Community Engagement in Healt. Vol.1 No. 2.

Khadijah., (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Publishing Perdana Mulya Sarana.

Mudjiwati., (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Social Emosional Anak Usia Dini, Repository.ump.ac.id.

Nugraha FE., (2017). Identifikasi Perkembangan MotoriK Halus Anak Usia 5-6 Tahun di Tk gugus III kecamatan piyungan Bantul.

Priyanto Sungeng Utuh, (2013). Pendidikan Musik untuk Anak Usia Dini.

Retno DAP., (2017). Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak USIA 5-6 Tahun Melalui Metode Outbound di TK Kemala Bhayangkari kecamatan Ngawen Kabupaten Blora. Universitas Negeri Semarang.

Sit Masganti. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Jilid 1. Perdana Publishing. Jl. Suroso No. 16-A Medan.

Suryana D., (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi Aspek Perkembangan Anak. Kencana.

Suryaningrum C., Ingarianti, & Anwar. (2016). Pengembangan Model Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khususs (ABK) Pada Tingkat Anak Usia Dini PAUD Di Kota Malang. Vol.4 No.1

Ulfa Miftakhul., (2018). Analisa Deteksi Dini dan Stimulasi Perkembangan Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan. Vol.6 No.3.

Wulandari R., Ichsan, & Romadhon. (2016). Perbedaan Perkembangan Sosial Anak Usia 3-6 Tahun Dengan Pendidikan Usia Dini Dan Tanpa Pendidikan Usia Dini di Kecamatan Petarongan Jombang. Biomedika.Vol.8 No.1.

Yenny. (2017). Gambaran Perkembangan Motorik Anak Usia 5-6 Tahun yang Bermain Games gadge. Vol.1.

Published
2019-06-28
How to Cite
Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). TINGKAT PENCAPAIAN PADA ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN BERDASARKAN STRANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52-65. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385
Section
Artikel
Abstract viewed = 14678 times