Pemberdayaan Sekolah di Sulawesi Barat: Pelatihan Modul Sahabat Se-Jiwa untuk Mencegah Kekerasan pada Remaja

Authors

  • Risnah Risnah Nursing Departement
  • Muhammad Irwan
  • Sari Rahayu Rahman
  • Imron Yaman

Abstract

Kekerasan pada remaja pelajar merupakan salah satu permasalahan yang semakin marak terjadi di berbagai sekolah, termasuk di wilayah Sulawesi Barat. Fenomena ini tidak hanya merusak hubungan antar individu, tetapi juga mempengaruhi perkembangan mental dan emosional para pelajar. Oleh karena itu, diperlukan upaya pencegahan yang sistematis dan komprehensif untuk mengurangi dan mencegah kekerasan di kalangan pelajar. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah mencegah terjadinya tindakan kekerasan di sekolah melalui upaya pemberdayaan sekolah dengan penerapan Modul Sahabat Se-Jiwa. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan intensif yang melibatkan guru, tenaga pendidik, dan pihak terkait di sekolah-sekolah yang menjadi lokasi pelaksanaan di Sulawesi Barat. Pelatihan ini mencakup teori dan praktik penerapan Modul Sahabat Se-Jiwa. Penerapan Program dukungan psikologis melalui Sahabat Se-Jiwa dapat meningkatkan kondisi sekolah yang lebih aman dan nyaman secara keseluruhan. Dimana penerapan modul yang berfokus pada kecerdasan emosional, manajemen stres, dan keterampilan sosial dapat menumbuhkan empati di antara siswa, sehingga mengurangi konflik diantara peserta didik. Pelatihan penerapan Modul Sahabat Se-Jiwa dalam upaya pencegahan kekerasan pada remaja pelajar di Sulawesi Barat berhasil dilaksanakan dengan baik. Meskipun tantangan masih ada, peserta menunjukkan komitmen untuk mengimplementasikan materi yang telah diberikan. Penerapan modul ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi lingkungan sekolah di Sulawesi Barat.

Author Biography

Risnah Risnah, Nursing Departement

Nursing and public health

References

Adam, R., Mallo, N. T. S., & Tomuka, D. (2024). Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) yang Terjadi di Kota Bitung. E-Clinic: Jurnal Ilmiah Kedokteran Klinik, 12(3), 487–492. https://doi.org/10.35790/ecl.v12i3.59408

Agathis, N. T., Annor, F. B., Mercy, J. A., Chiang, L., de Barros, R. B., & Massetti, G. M. (2022). How the Global Violence Against Children and Youth Surveys Help Improve Pediatric Global Health. Pediatrics, 150(5). https://doi.org/10.1542/peds.2022-057124

Amalia, D. O., Sabarinah, S., Siregar, K. N., & Hadi, E. N. (2025). Childhood violence exposure and its contributing factors in Indonesia: a secondary data analysis of the National Survey on Children and Adolescents’ Life Experience. BMJ Open, 15(1), e090618. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2024-090618

Bhwa, D. A. V. P., Ninef, V. I., Tumina, M. S., Tamelab, C. J. A., & Mardiyah, A. (2024). Mengatasi Darurat Kekerasan di Lingkungan Pendidikan: Penyuluhan di SMPN 11 Kupang. Daarul Ilmi, 2(2), 56–65. https://doi.org/10.52221/daipkm.v2i2.739

Pramono, W., & Dwiyanti Hanandini. (2022). TINDAK KEKERASAN TERHADAP ANAK DI SEKOLAH: Bentuk dan Aktor Pelaku. Jurnal Administrasi Publik Dan Pemerintahan, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.55850/simbol.v1i1.6

Simanjuntak, P. H. (2024). Perlindungan Hukum Bagi Anak Korban Kekerasan: Studi Normatif Terhadap Peraturan Perundang-undangan. JUNCTO, 6(2), 349–359. https://doi.org/10.31289/juncto.v6i2.5350

Souza, R. P. P. (2024). Enhancing school safety through psychological support: Key findings and strategies. Revista Científica Sistemática, 14(4), 990–994. https://doi.org/10.56238/rcsv14n4-019

Published

2025-05-25 — Updated on 2025-05-25

Versions

How to Cite

[1]
R. Risnah, M. Irwan, S. R. Rahman, and I. Yaman, “Pemberdayaan Sekolah di Sulawesi Barat: Pelatihan Modul Sahabat Se-Jiwa untuk Mencegah Kekerasan pada Remaja”, pabbura, vol. 2, no. 1, pp. 8–14, May 2025.