Sebaran jenis tanaman Terminalia catappa L. beserta potensi benihnya di Kebun Raya Purwodadi

  • Linda Wige Ningrum Kebun Raya Purwodadi, Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Purwodadi Botanic Garden, Research Center for Plant Conservation and Botanic Garden-LIPI)
    (ID)

Abstract

Kebun Raya Purwodadi adalah lembaga yang bergerak di bidang konservasi ex situ. Salah satu koleksi jenis tanaman yang ada di Kebun Raya Purwodadi adalah Terminalia catappa L. atau sering dikenal di Indonesia dengan sebutan ketapang. Jenis tanaman ini termasuk dalam famili Combretaceae yang sering tumbuh didaerah beriklim tropis terutama didaerah pinggir pantai dan dikenal mempunyai kemampuan untuk beradaptasi pada berbagai kondisi lingkungan, hal ini sangat cocok dengan kondisi kebun raya yang berada pada dataran rendah kering sehingga secara ekologis dapat memperkuat fungsi dari kebun raya itu sendiri. Di sisi lain T. catappa ini juga banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai pohon peneduh di taman-taman, area rumah, maupun di pinggir jalan. Dikarenakan banyaknya masyarakat menggunakan pohon ini sebagai pohon peneduh sehingga selain daunnya yang mudah sekali berguguran, buah dan benihnya ketapang juga banyak berjatuhan dan berserakan di area tersebut serta belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Apalagi pemanfaatan benih ketapang masih minim karena banyak masyarakat belum mengetahui potensi benih ketapang yang terkandung di dalamnya. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran jenis T. catappa di kawasan Kebun Raya Purwodadi beserta potensi benihnya. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan (Juni-Juli 2021) dengan menggunakan metode observasi deskriptif dan didukung dengan studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat enam spesimen koleksi tanaman T. catappa yang tersebar di tiga titik lokasi lingkungan yaitu berada di lingkungan I, IV, dan VI. Sedangkan potensi benih pohon ketapang antara lain dapat sebagai sumber nutrisi atau gizi yang tinggi, sumber energi, sumber makanan, sumber minyak nabati, dan sumber olahan pangan. Adanya informasi terkait sebaran T. catappa beserta potensi benih yang terkandung di dalamnya, harapannya nantinya dapat menjadi salah satu pengetahuan masyarakat sehingga peran Kebun Raya Purwodadi dalam meningkatkan pendidikan lingkungan kepada masyarakat terus meningkat dan potensi yang ada pada sebuah tanaman dapat terus dimanfaatkan oleh masyarakat.

Author Biography

Linda Wige Ningrum, Kebun Raya Purwodadi, Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Purwodadi Botanic Garden, Research Center for Plant Conservation and Botanic Garden-LIPI)
Department of Research Center for Plant Conservation and Botanic Garden -LIPI
Published
2021-11-23
Abstract viewed = 56 times