Pandemi Covid 19 dan Perubahan Pola Pembayaran dalam Industri Pariwisata di Kabupaten Banyumas Berbasis Cashless Management System

Penulis

  • Muhammad Yamin Jenderal Soedirman University
  • Ratna Ningtyas Universitas Jenderal Soedirman
  • I Putu Arya Aditia Utama Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.24252/rir.v5i1.35665

Kata Kunci:

Banyumas, Cashless, Covid-19, Tourism

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan pola pembayaran dalam industri pariwisata di kabupaten Banyumas berbasis cashless management system pada saat pandemi Covid-19. Pariwisata adalah salah satu sektor yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Dalam menyikapi pandemi Covid-19, pariwisata Indonesia dengan cepat melakukan adaptasi terhadap berbagai perubahan yang terjadi, termasuk dalam pola transaksi.  Kabupaten Banyumas menjadi salah satu daerah yang terkenal akan potensi industri pariwisatanya sehingga penulis akan menganalisis lebih lanjut mengenai upaya industri pariwisata Banyumas dalam menghadapi perubahan pola transaksi yang terjadi saat pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan konsep cashless management system dalam menganalisis upaya industri pariwisata Banyumas dalam menyikapi perubahan pola transaksi yang terjadi. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode studi kepustakaan. Penelitian menunjukkan bahwa industri pariwisata Banyumas menyikapi perubahan pola transaksi dengan menerapkan cashless management system untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi wsiatawan yang ingin berwisata di daerah Banyumas. Selain itu, penerapan cashless management system juga dilakukan untuk mewadahi masyarakat yang ingin melakukan transaksi non-tunai dan secara tidak langsung penerapan cashless management system akan membentuk iklim keuangan yang transparan dan akuntabel.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Antara News. (2020, Mei 20). Bupati berharap tidak ada lonjakan COVID-19 di Banyumas usai Lebaran. Retrieved Oktober 4, 2021, from Antara News: https://www.antaranews.com/berita/2165394/bupati-berharap-tidak-ada-lonjakan-covid-19-di-banyumas-usai-lebaran
Awirya, A. A. (2020). DAMPAK PENURUNAN KEGIATAN PARIWISATA TERHADAP KETENAGAKERJAAN DI INDONESIA. Retrieved from Research Gate: https://www.researchgate.net/publication/340117775_DAMPAK_PENURUNAN_KEGIATAN_PARIWISATA_TERHADAP_KETENAGAKERJAAN_DI_INDONESIA
Badan Pusat Statistik. (2020, Mei 5). Ekonomi Indonesia Triwulan I 2020 Tumbuh 2,97 Persen. Retrieved from Badan Pusat Statistik: https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/05/05/1736/ekonomi-indonesia-triwulan-i-2020-tumbuh-2-97-persen.html
Bintarto, E. A. (2018). Fintech dan Cashless Society : Sebuah Revolusi Pendongkrak Ekonomi Kerakyatan. Surabaya: Universitas Airlangga.
Buhalis, D., & Jun, S. H. (2011). E-Tourism. Contemporary Tourism Reviews, 1-30.
DW. (2020). Bagaimana Sektor Pariwisata Indonesia Bertahan di Tengah Pandemi Corona. Retrieved from DW: https://www.dw.com/id/bagaimana-pariwisata-indonesia-bertahan-di-tengah-pandemi/a-54818132
Folinas, S., & Metaxas, T. (2020). Tourism: The Great Patient of Coronavirus COVID-2019. Munich Personal RePEc Archive, 1-14.
Hong, Y., Cai, G., Mo, Z., Gao, W., Xu, L., Jiang, Y., et al. (2020). The Impact of COVID-19 on Tourist Satisfaction with B&B in Zhejiang, China: An Importance–Performance Analysis. International Journal of Environmental Research and Public Health,, 17(10), 1-19.
Husain, A., Varshney, T., Bhatnagar, S., & Satsangi, A. K. (2019). E-SATISFACTION TOWARDS CASHLESS TRANSACTIONS: RE-TESTS MODEL FOR E-TOURISM. International Journal of Advance and Innovative Research, 6(2), 1-11.
KEMENKES. (2020, Juni 19). Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 - Regulasi. Retrieved Agustus 31, 2021, from Covid19.go.id: https://covid19.go.id/p/regulasi/keputusan-menteri-kesehatan-nomor-hk0107menkes3822020
Kurniati, P. N., & Nugroho, B. Y. (2019). Urgensi Pelaksanaan Sistem Cashless Government dalam Membangun Birokrasi yang Transparan dan Akuntabel. Jurnal Administrasi Publik (Public Administration Journal), 9(2), 136-150.
Marhaeningsih, I. (2021, September 5). Angka Kasus Covid-19 di Banyumas Terus Menurun. Retrieved Oktober 4, 2021, from RRI: https://rri.co.id/daerah/1177555/angka-kasus-covid-19-di-banyumas-terus-menurun
Passah, D. R., & Kumar, A. (2019). Cashless Economy and Digitalization of Tourism & Hospitality Practices in India. Proceedings of 10th International Conference on Digital Strategies for Organizational Success, 453-464.
Purba, J. H., Fathiah, R., & Steven. (2021, Maret). THE IMPACT OF COVID-19 PANDEMIC ON THE TOURISM SECTOR IN INDONESIA. Jurnal Aplikasi Ekonomi, Akuntansi dan Bisnis, 3 (1), 389 - 401.
Safriana, L. (2020, Juni 30). New Normal, Peta e-Tourism 4.0 dan Kemandirian Bangsa. Retrieved from Opini Katadata.co.id: https://katadata.co.id/redaksi/indepth/5ef9ce654ac50/new-normal-peta-e-tourism-40-dan-kemandirian-bangsa
Suara Purwokerto. (2020, Oktober 5). Wabup Resmikan Pembayaran Non Tunai Pelayanan Uji Kendaraan Bermotor. Retrieved Agustus 31, 2021, from Suara Purwokerto: https://www.suarapurwokerto.com/banyumas/4092/wabup-resmikan-pembayaran-non-tunai-pelayanan-uji-kendaraan-bermotor
Sumarwoto. (2021, Juli 9). Berharap dari pelaksanaan PPKM Darurat di Banyumas. Retrieved from Antara News: https://www.antaranews.com/berita/2258530/berharap-dari-pelaksanaan-ppkm-darurat-di-banyumas
UNWTO. (2021, Januari 28). 2020: WORST YEAR IN TOURISM HISTORY WITH 1 BILLION FEWER INTERNATIONAL ARRIVALS. Retrieved from Barometer UNWTO: https://webunwto.s3.eu-west-1.amazonaws.com/s3fs-public/2021-01/210128-barometer-en.pdf?GaI1QTYG.Ky9LDZ2tlDKc.iRZkinJeuH
UNWTO. (2021, Juni 2). TOURIST NUMBERS DOWN 83% BUT CONFIDENCE SLOWLY RISING. Retrieved from Barometer | UNWTO: https://webunwto.s3.eu-west-1.amazonaws.com/s3fs-public/2021-06/210602-unwto-barometer-en.pdf?rNy0Q9kCLL.4MgS3dLIc8vpDxNCUt7LY
UNWTO. (n.d). UNWTO Tourism Defnitions. Retrieved April 17, 2021, from UNWTO: https://www.e-unwto.org/doi/epdf/10.18111/9789284420858
Widodo, W. S. (2020, Juni 3). Disiplin, Kunci Dunia Pariwisata Hadapi Era New Normal. Retrieved from detikTravel: https://travel.detik.com/travel-news/d-5038445/disiplin-kunci-dunia-pariwisata-hadapi-era-new-normal
Yandip Prov. Jateng. (2020, September 11). Berwisata dan Belanja Nontunai dengan QRIS. Retrieved from Portal Berita Pemerintah Jawa Tengah: https://jatengprov.go.id/beritadaerah/berwisata-dan-belanja-nontunai-dengan-qris/
Marlina, L., Mundzir, A., & Pratama, H. (2020). Cashless dan Cardless Sebagai Perilaku Transaksi di Era Digital. Co-Management Journal, 3(2), 533-542.
Sule, E., & Saefullah, K. (2010). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana.
Tarantang, J., Awaaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital pada Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. Jurnal Al-Qardh, 1(1).
Saragih, S. (2019). Technology Acceptance of Digital Payment System pada Pelaku UMKM di Kota Batam. Computer Based Information System Journal, 7(2), 82-90.
Lubis, N. (2019). Pengaruh Sistem Pembayaran Non-Tunai pada Era Digital terhadap Tingkat Inflasi di Indonesia.
Susanto, A. (2004). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Linggar Jaya.

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Yamin, M., Ningtyas, R. ., & Aditia Utama, I. P. A. . (2023). Pandemi Covid 19 dan Perubahan Pola Pembayaran dalam Industri Pariwisata di Kabupaten Banyumas Berbasis Cashless Management System. Review of International Relations, 5(1), 54–69. https://doi.org/10.24252/rir.v5i1.35665

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.