Penerapan Terapi Bermain dalam Mengatasi Perilaku Anak Hiperaktif di TK Negeri Pertiwi Banyorang Kabupaten Bantaeng

Authors

  • Andi Indri Arsyad UIN Alauddin Makassar

Keywords:

Terapi Bermain, Hiperaktif, Anak

Abstract

Play therapy is one form of therapy used to overcome hyperactive child behavior. This research uses descriptive qualitative research, which is located at Pertiwi Banyorang State Kindergarten, Bantaeng Regency using a psychotherapy approach. Primary data sources in this study are therapists as key informants and additional informants, namely the principal, parents of students and two hyperactive children. While secondary data sources are books, reports, journals, and other data sources as a complement. The data collection methods used are observation, interviews and documentation. Data processing and analysis techniques are carried out through three stages, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of this study indicate that there are two forms of application of play therapy in overcoming hyperactive children's behavior at Pertiwi Banyorang State Kindergarten, Bantaeng Regency, namely constructive play therapy and sensorimotor play therapy. The benefits of the application of play therapy in overcoming hyperactive children's behavior at Pertiwi Banyorang State Kindergarten, Bantaeng Regency are: children become calmer and more controlled, increased concentration, children feel valued and cared for and children's health is controlled.

References

Al Qur’anul Qarim

Achrony, Keen (2015). Sukses Mendidik Anak Hiperaktif. Yogyakarta: Familia.

Alang, Agung Zulkarnain (2020). Problema Mental Anak Dalam Pertumbuhan Dan Perkembangannya. Al-Irsyad Al-Nafs : Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 8.

Alang, Sattu. (2023). Kesehatan Mental Gowa: Alauddin University Press.

———, (2023). Terapi Ruqyah Syar’iyyah Makassar: Alauddin University Press.

Alfatih, Andy (2017). Buku Pedoman Mudah Melaksanakan Penelitian Deskriptif Kualitatif. Palembang: UNSRI PRESS.

Ananda, Dhelvi. (2021). Implementasi Terapi Bermain Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Di Tk Nurul Ilmi Kelurahan Paccinongan Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa UIN Alauddin Makassar.

Armanila, Khadijah (2017). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Asri, Dahlia Novarianing, Suharni. (2021). Modifikasi Perilaku: Teori Dan Penerapannya Jawa Timur: UNIPMA Press, 2021

Azi Miftah Rizqi, Belva Saskia Permana, Haldini Reygita, Deti Rostika, and Ranu Sudarmansyah (2024). Analisis Faktor Dan Dampak Perilaku Hiperaktif Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah Terhadap Hasil Belajar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4.1. <https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2723>

Azmira, Via. (2014). A Gift: Anak Hiperaktif. Yogyakarta: Rapha Publishing, 2014

Bowono, Yudho. (2020). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Bintang Pusaka Madani.

Budiyanto. (2017) Pengantar Pendidikan Inklusif Berbasis Budaya Lokal. Jakarta: Kencana.

Chasanah, Abidatul. (2019). Anak Usia Dini Dalam Pandangan Al-Quran, Al-Hadist Serta Pendapat Ulama. Mafhum: Jurnal Ilmu Al-Qu’ran Dan Tafsir Program Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 4.1.

Daud, Muh.(2021). Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.

Delphie, Bandi. (2018) Layanan Perilaku Anak Hiperaktif : Yogyakarta: KTSP.

H, Nancy. (2023). Child-Centered Play Therapy (A Practical Guide to Therapeutic Relationships With Children. New York: Routledge.

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.

Helena, Novy. (2014). Menurunkan Kecemasan Anak Usia Sekolah Selama Hospitalisasi Dengan Terapi Bermain All Tangled Up Pendahuluan Metode. Journal of Islamic Noursing, 1.(1)

Herman Tarigan. (2017). Model Pembelajaran Motorik Yang Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(3)

Jenny Thompson. (2014). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Erlangga.

Kementrian Agama RI. (2019) Al-Quran Dan Terjemahannya. Jakarta: Direktor Jendral Bimbingan Masyarakat Islam Direktor Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah.

Kurniawan, Marwany dan Heru (2020) Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Roasdakarya.

Lexy, J. Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Lubis, Lahmmuddin, Konseling Dan Terapi Islami (Medan: PERDANA PUBLISHING, 2021)

Meranti, Tanti. (2015). Psikologi Anak Hiperaktif. Yogyakarta: Familia.

Musdalipa, Almasari Kanita, Kasmawati, and Sri Hartina HM. (2019). Terapi Bermain Maggalenceng Sebagai Metode Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Anak Usia Sekolah Yang Menjalani Hospitalisasi: A Literature Review’, Bimiki: Berkala Ilmiah Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia, 7.0005.

Musfiroh dan Tadkiroatun. (2014). Bermain Dan Permainan Anak. In: Teori Dan Konsep Bermain. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mutiah, Diana. (2021). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Nadiah, Leni. (2024).Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hiperaktif Anak Kelas 4 Di SDN Ciluluk II. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2.(1)

Nasution, Abdul Fattah. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Harfa Creative.

Nunzairina, Nunzairina, Abdul Aziz Rusman, and Dian Pertiwi. (2021). Strategi Guru Dalam Menangani Anak Yang Hiperaktif Melalui Terapi Permainan Puzzle Pada Kelompok A Di Tk Swasta It Jabal Noor Medan Krio. Jurnal Raudhah, 9.(2). <https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i2.1301>

Ohwovoriole, Toketemu (2024). Apa Itu Terapi Bermain?’ <https://www.verywellmind.com/play-therapy-definition-types techniques-5194915> accessed 16 March.

Palupi, Eva Riantika Ratna, Wiwik Utami, and Aulia Isnaini Munfarida. (2023). Pengaruh Kombinasi Terapi Bermain Playdough Dan Origami Dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Pada Anak Hiperaktif. Jurnal Insan Cendekia, 10(3), 161. <https://doi.org/10.35874/jic.v10i3.1229>

Pinru Phytanza, Diajeng Tyas, and Erick Burhaein. (2019). Aquatic Activities As Play Therapy Children Autism Spectrum Disorder. International Journal of Disabilities Sports and Health Sciences, 2(2). <https://doi.org/10.33438/ijdshs.652086>

Pusat Data dan Analisa Tempo. (2021). Seri Psikolog: Melihat Kondisi Hiperaktif Pada Diri Seseorang. Jakarta: Tempo Publishing.

Rijali, Ahmad. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17.(33).

S, Ageng Saepudin Kanda. (2024). Analisis Perkembangan Perilaku Dan Emosional ABK Hiperaktif Yang Mengalami Gangguan Konsentrasi Di Sekolah Ra Al-Hidayah. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 2.(1).

Sahir, Syafrida Hafni. (2021). Metodologi Penelitian. Jawa Timur: KBM Indonesia.

Sandrawati, Fri Corina. (2019). Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Anak Adhd (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) Usia 5 - 6 Tahun Dengan Menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) Dan Berbasis Modifikasi Perilaku. Jurnal Visipena, 10(1).

Sandu Siyoto, M.Ali Sodik.(2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Shihab, M. Quraish. (2005). Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an Jilid 14. Jakarta: Lentera Hati.

Sucipto, Sri Sumarni & Sigit Dwi. (2017). Bimbingan & Konseling Implementasi Pada PAUD. Palembang: Cv. Amanah.

Sukmawati. (2016). Implementasi Metode SMART Untuk Mengidentifikasi Perkembangan Anak Dalam Mengikuti Ekstra. Nusantara of Enginering, 3.(1).

Saat, Sulaiman, Sitti Mania. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian. Gowa: PUSTAKA ALMAIDA.

Suminar, Dwi Retno. (2029). Psikologi Bermain (Bermain Dan Permainan Bagi Anak) Surabaya: Airlangga University Press.

Suprapti, Erni, and Diana Tri. (2023). Efektifitas Terapi Bermain Boneka Tangan Dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 14.(1).

Suryadi, Denrich. (2017). Studi Awal Identifikasi Efek Terapi Bermain Dengan Lego®. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1.(1), 240 <https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.356>

Susanti, Eka, Meilida Eka Sari, Desi Tri Anggereni, Prodi Pendidikan, Islam Anak, Usia Dini, and others (2022). Upaya Mengatasi Anak Hiperaktif Dengan Metode Bermain Raba-Raba Di Ra Al-Hasanah Desa Muara Megang. Jurnal Tazkirah: Transformasi Ilmu-Ilmu Keislaman, 7.(2).

Uji. (2024). Mengenal Terapi Bermain Untuk Atasi Masalah Mental Pada Anak. <https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/penyakit-pada-anak/terapi-bermain-pada-anak/> accessed 10 February.

Wulur, Meisil (2018). Psikoterapi Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Zeky, Asri Atuz, Juliana Batubara, Universitas Islam, Negeri Imam, and Bonjol Padang (2019). Terapi Bermain Menurut Carl Gustav Jung Dalam Mengatasi Permasalahan Anak. Jurnal Al-Taujih Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami p-ISSN, 5.(2).

Published

2025-06-30

How to Cite

Arsyad, A. I. (2025). Penerapan Terapi Bermain dalam Mengatasi Perilaku Anak Hiperaktif di TK Negeri Pertiwi Banyorang Kabupaten Bantaeng. RITMA: Journal of Islamic Integrated Research, Science, and Community, 3(1). Retrieved from https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/ritma/article/view/57380