Penguatan Spiritualitas Santriwati Pesantren Puteri Ummul Mukminin Melalui Optimalisasi Ramadan dan Pengendalian Interaksi Digital

Authors

Keywords:

Spiritualitas, Santriwati, Ramadan

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pengabdian berupa penguatan spiritual santriwati Pesantren Puteri Ummul Mukminin selama libur Ramadan melalui pelaksanaan seminar berbasis digital. Kegiatan ini dirancang untuk menjaga kesinambungan nilai-nilai pendidikan pesantren di luar lingkungan fisik, sekaligus membentuk kesadaran santriwati terhadap penggunaan teknologi secara bijak. Metode pengabdian yang digunakan adalah seminar interaktif melalui platform zoom, dengan pendekatan partisipatif dan edukatif. Materi disampaikan melalui ceramah sebagai media utama, diskusi sebagai ruang berbagi gagasan dan pengalaman, serta sesi tanya jawab untuk memperjelas pemahaman santriwati. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa santriwati memahami dampak kehidupan digital dan terdorong menyusun agenda ibadah dan belajar sebagai bentuk komitmen pribadi. Kegiatan ini membuktikan bahwa pelaksanaan seminar secara digital mampu mendukung pembinaan spiritual dan mendorong terbentuknya kebiasaan baik selama bulan Ramadan

References

Ahmad, N. I., Bando, U. D. M. A., & Supriadi, S. (2025). Motivasi Cita Ber-manfaat: Sharing Session Perencanaan Karier Santriwati Ummul Mukminin. Paramacitra Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(02), 283–290.

Amin, H., & Aslan, A. (2025). Pengaruh Cyberculture Pada Tradisi Keagamaan: Studi Literatur Tentang Adaptasi dan Transformasi Budaya. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 4(6), 811–822.

Anugerah, D., Sari, A. P., & Maulidha, W. (2025). Makna dan Implementasi Nilai-Nilai Ramadhan dalam Kehidupan Masyarakat. Jurnal Dinamika Sosial Dan Sains, 2(1), 439–445.

Aufa, R. H., Hasibuan, A. B., Marpaung, R. A., Siregar, J., & Damanik, J. N. (2025). Pengaruh Puasa Terhadap Tubuh. Jurnal Cendikia, 2(1), 19–22.

Dikara, C., Agustina, A., Sarippudin, M., Tantowi, D., & Satra, A. (2025). Ramadhan Bulan Yang Mulia: Hikmah dan Keistimewaannya dalam Kajian Ustadz Abdul Somad Di Masjid Raya Padang. Taqrib: Journal of Islamic Studies and Educa-tion, 3(2), 108–121.

Fadila, N., Qurrotul‘Aini, I., & Hariry, S. (2025). Kecanduan Gadget dan Distraksi Belajar: Terapi Pendidikan Ruhani dalam Kehidupan Siswa. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(7), 12930–12937.

Hanika, I. M. (2015). Fenomena Phubbing di Era Milenia (Ketergantungan Seseorang Pada Smartphone Terhadap Lingkungannya). Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 42–51.

Iskandar, I., Sabiq, M., Baharuddin, T., & Arisnawawi, A. (2025). Etika dan Praktik Keagamaan di Era Digital: Mempertahankan Nilai di Tengah Kemajuan Teknologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 109–119.

Muhaini, A. M. (2024). Ramadhan Berkah dan Berkualitas: Peningkatan Spiritualitas dan Kepedulian Sosial di Masjid Ainul Yaqin Sidomoyo, Godean, Sleman. Jurnal Al Basirah, 4(2), 80–90.

Muid, A., Arifin, B., & Karim, A. (2024). Peluang dan Tantangan Pendidikan Pe-santren di Era Digital (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Islah Bungah Gresik). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1), 512–530.

Nur, I. (2016). Peran Pesantren Dalam Pendidikan Wanita Islam: Studi Kasus Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 8(2), 257–274.

Pauzi, A. (2025). Peran Refleksi Dalam Pembelajaran PAI Untuk Mendorong Berpikir Kritis Siswa. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 160–165.

Steviani, D. S. (2020). Presentasi Interaktif Dalam Pembelajaran Daring. Ekasakti Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 1(1), 153–162.

Subahri, B., & Said, I. G. (2025). Resiliensi Santri: Studi Internet Addiction pada Generasi Alpha. Jurnal Psikologi Integratif, 13(1), 108–129.

Trisnadevy, K. A., & Pramana, I. B. G. A. Y. (2025). Pengembangan lahan hijau me-lalui pendekatan partisipatif dan edukatif dalam mendukung kualitas urban farm-ing Kelurahan Ubung, Kota Denpasar, Provinsi Bali. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 5(3), 777–786.

Wicaksono, A., Karrel, C., & Palupi, R. (2025). Dampak Gadget Dalam Kesehatan Mental. Jurnal Solo Teknologi, 1(2), 50–53.

Wirayanti, W., Erna, E., Cherawati, C., & Khaerani, S. (2024). Metode pendidikan tradisional pesantren dalam membina akhlak santri (Studi Pesantren Nahdlatul Ulum Kabupaten Maros). Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 424–437.

Yonatan, A. Z. (2025, March). Indonesia Habiskan 188 Menit per Hari Akses Media Sosial. Goodstats.Id. https://goodstats.id/article/indonesia-habiskan-188-menit-per-hari-akses-media-sosial-qtU1j

Downloads

Published

2025-10-25

How to Cite

Ahmad, N. I., Supriadi, S., & Muhammad, F. (2025). Penguatan Spiritualitas Santriwati Pesantren Puteri Ummul Mukminin Melalui Optimalisasi Ramadan dan Pengendalian Interaksi Digital. Ruang Komunitas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 65–74. Retrieved from https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/ruangkomunitas/article/view/61826