KEKERASAN PEREMPUAN DAN ANAK DALAM MEDIA DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA

  • Sarifa Suhra Dosen STAIN Watampone
    (ID)

Abstract

Makalah ini mengkaji tentang kekerasan perempuan dan anak-anak di media dan upaya mengatasinya. Untuk memecahkan permasalahan dalam penulisan ini, penulis menggunakan pendekatan sosiologis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Data penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Hasilnya menunjukkan bahwa perempuan dan anak-anak paling rentan terhadap kekerasan, pelecehan fisik atau psikologis, eksploitasi, penganiayaan, dan korban perdagangan manusia, termasuk korban di media pemberitaan dan iklan. upaya untuk mencegah terjadinya kekerasan di media harus berfokus pada pelaku dan korban kekerasan itu sendiri dengan memberinya nasehat dan terapi psikologis dan terapi medis untuk menghindari kekerasan individu juga berusaha menghilangkan kekerasan bagi korban, mengurangi frekuensi menonton televisi. yang menyiarkan kekerasan dan iklan sensual yang tampaknya mengeksploitasi perempuan atau tidak mempercayai berita sepihak yang dipublikasikan oleh surat kabar dan diberlakukannya sanksi hukum terhadap para pelaku.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budi, Sudarsono. 2001. Pembuktian dan Penatalaksanaan Kekerasan Terhadap Perempuan (Tinjauan Klinik dan Forensik). Jakarta: Alumni.

Bungin, Burhan. Konstruksi Sosial Media Massa: Kekyatan pengaruh Media Massa, Iklan Televisi, dan keputusan konsumen serta Kritik terhadap Peter L Berger dan Thomas Luckmann (Cet. I; Jakarta: Kencana, 2008).

Ciciek, Farha. 2005. Jangan Ada lagi Kekerasan dalam Rumah Tangga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. 4 Jakarta: Balai Pustaka, 1995.

Krahe, Barbara. 1996. Aggression and Violence in Society dalam Semin.R.Gun & Fiedler, Klaus. Applied Social Psychology. London: SAGE Publications Ltd.

Kurniati, Kekerasan Terhadap Perempuan dalam Annisa’ Jurnal studi Gender dan Islam (Vol. V, Nomor 1, PSW STAIN Watampone, Tahun 2012).

Lampiran Undang-undang No. 5 tahun 1998, tentang pengesahan Convention Against Torture and other Cruel, Inhuman or Degrading Treatment or Punishment

Martha, Aroma Elmina. 2003. Perempuan Kekerasan dan Hukum. Yogyakarta: UII Press.

Mondry, Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik (Cet. I; Bogor: Ghalia Indonesia, 2008)

Morissan, Jurnalistik Televisi Mutakhir (Cet. II; Jakarta: Kencana, 2010)

Mulia, Musdah. 2014. Kemuliaan Perempuan dalam Islam. Cet.II; Jakarta: Megawati Institute,

Subhan, Zaitunah. 2001. Kekerasan Terhadap Perempuan. Yogyakarta: PT. LKIS Pelangi Aksara.

Published
2020-01-21
How to Cite
Suhra, Sarifa. 2020. “KEKERASAN PEREMPUAN DAN ANAK DALAM MEDIA DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA”. JURNAL SIPAKALEBBI 3 (2), 227-42. https://doi.org/10.24252/jsipakallebbi.v3i2.12183.
Section
Artikel
Abstract viewed = 595 times